Cara Mengambil Uang Adsense Di WU (Western Union)

Hai sobat, bulan kemarin  untuk pertama kalinya saya mencairkan uang google adsense di western union. Sebelumnya pernah sih, tapi karena tidak ada KTP elektrik, maka saya pun tidak bisa mencairkan uang dan lebih memilih menggunakan jasa pencairan uang di western union secara online. Itu sudah saya ceritakan pada artikel gajian pertama google adsense.

Sebenarnya, kalau dihitung-hitung tentunya mengambil uang di western union sendiri lebih bagus dari pada menggunakan jasa pencairan. Soalnya kalau ambil sendiri tanpa potongan apa pun. Sedangkan di jasa pencairan, kita akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah untuk pencairan di bawah 1000 dolar. 

Mengambil uang di western union memang lebih menguntungkan menurut saya. Dan metode pencairan ini juga lebih bagus dari pada lewat trasfer kawat. Soalnya kalau lewat trasfer ada yang bilang potongannya besar sekali.. Bisa sampai 250 ribu.. Wah,, uang segitu kan lumayan kalau buat beli beras he he..

Ya sudah, basa-basinya sampai di sini dulu.. sekarang mari kita lanjut ke pembahasan intinya.

Cara Mengambil Uang Adsense Di Western Union


Warning!! Sebelum lanjut ke intinya, pastikan dulu sebelumnya Anda telah mengatur pembayaran di akun adsense Anda lewat western union

1. Menyiapkan Persyaratan 

Langkah pertama untuk mencairkan uang adsense di western union adalah Anda harus menyiapkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut:

➤MTCN (Money Transfer Control Number)
➤Foto Copy E-KTP dan E-KTP aslinya..
➤Alamat Pengirim
➤Jumlah perkiraan uang yang dikirimkan kepada Anda.

Untuk mendapatkan Kode MTCN, nama pengirim, beserta jumlah uang yang dikirimkan, anda harus masuk ke akun google adsense terlebih dahulu dan setelah itu ikuti langkah-langkahnya berikut.

Update, karena tampilan akun google adsense sudah berubah, makanya saya buatkan tutorial cara mengetahui kode MTCN WU di google adsense tampilan baru 2017

Saya anggap Anda sudah masuk di akun adsense. Setelah itu, Klik pada bagian Lihat Pembayaran di sebelah kanan layar Anda..

Nah, sekarang perhatikan pada bagian transaksi. Klik saja pada tanggal transakti terbaru Anda ya sobat. Lihat contoh di bawah ini..

melihat mtcn google adsense

Untuk contoh di atas saya ingin melihat MTCN dari pencairan yang tanggal 1-22 desember 2016 (yang masih anget :D)

Sekarang klik lagi pada link Pembayaran Otomatis: Western union seperti berikut ini..

Selanjutnya Anda diarahkan ke tab baru, yang berisikan Tanda Terima Pembayaran dari google adsense. Nah, di sini Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang nomor MTCN, nama pengirim, dan nominal yang Anda terima..

mengambil mtcn adsense
Catatan: Silahkan catat saja yang penting-penting dari informasi di atas. Pertama MTCN. Kedua Pengirim (Google Asia Pasific) dan yang ketiga jumlah uang yang dikirimkan (hitung saja dolar Anda kalau sudah dirupiahkan). Kalau males mencatat silahkan print saja tanda terima tersebut, beres.. :)

Nah, sekarang persyaratan-persyaratannya sudah didapatkan semuanya. Yuk ikuti langkah selanjutnya..


2. Datang Ke Kantor Yang Bekerjasama Dengan Western Union

Selanjutnya tentu saja Anda harus datang ke kantor pos, ke Indomaret, atau ke bank-bank yang ada kode western unionnya.. (kalau saya sih lebih suka di kantor pos)

3. Mengisi formulir 

Setelah sampai di kantor yang dituju, jangan langsung duduk.. Ambil dulu formulirnya ya gaess.. Untuk formuir pencairan uang di western union, gunakan yang warna kuning seperti ini..
Contoh pengisian form pengambilan uang di western union

Yang perlu diisi di formulir ada pada 4 bagian yaitu: Penerima, Alamat Tetap penerima, Pengirim, dan Tanda tangan.


➤Penerima/Receive

Pada bagian penerima, silahkan isi:

No Pelanggan/Customer No: dengan kode MTCN yang Anda punya

Nama depan/First Name: isi dengan nama depan Anda

Nama Belakang/ Last Name:  Isi dengan nama belakang Anda jika ada

Jenis Kelamin/ Gender: Centang jenis kelamin Anda. Centang LK/Male untuk laki-laki, Centang P/Female untuk perempuan.

Tanggal Lahir/ Date of Birth: isi dengan tanggal lahir Anda

Tempat Lahir/ Place of Birth: Isi dengan tempat lahir Anda (sesuai KTP)

Pekerjaan: Isi dengan pekerjaan Anda

Kewarganegaraan/ Nationality:  Isi dengan WNI jika Anda warga negara Indonesia. (Tapi saya pernah tidak mengisi kewarganegaraan tidak masalah)

Telephone:  Isi dengan nomor HP Anda

➤Alamat Tetap/ Permanent Address

Pada alamat tetap, berikut yang perlu diisi

Alamat/ Address: isi dengan alamat Jalan Anda (sesuai KTP)

Kota/ City: Isi dengan kota tempat tinggal Anda sesuai KTP

Provinsi/Province: Isi dengan provinsi Anda

Kode pos: Silahkan isi kode pos di daerah Anda. Tapi tidak diisi tidak masalah kok... :)

➤Pengirim/Sender

Nah, untuk pengirim berikut yang perlu diisi..

Nama Depan/ First Name:  Isi dengan Google Asia Pasific (pakai ini saja sudah bisa)

Nama Tengah: Dikosongkan boleh

Nama belakang: Dikosongkan juga boleh

Negara:  Isi dengan Singapura

Perkiraan Jumlah yang akan diterima: tulis perkiraan jumlah yang Anda terima dalam rupiah. Silahkan kali saja jumlah dollar Anda dengan harga 1 dolar hari ini.. :)

➤Tanda tangan

Silahkan Anda tanda tangani pada bagian Tandatangan Pelanggan/Customer's Signature yang telah disediakan. Sudah, cuma begitu saja kok pengisian formulir western unionnya

4. Menyerahkan Formulir Dan Persyaratan lainnya Ke Petugas

Silahkan serahkan formulir yang sudah diisi, serta E-KTP dan Foto Copy E-KTP Anda kepada petugas yang melayani pencairan western union di kantor yang Anda datangi. Kalau bingung petugasnya yang mana, tanya security ya sobat..

5. Tunggu Beberapa Saat, Ikuti Apa yang diminta Petugas

Selanjutnya petugas akan mengecek KTP Anda beserta formulir Anda. Biasanya petugas akan meminta Anda untuk menandatangani resi pencairan dana Anda.. Silahkan ditandatangani saja. Selanjutnya kalau petugas meminta Anda untuk cap 3 jari (telunjuk, tengah dan jari manis) silahkan dicap saja, supaya duit cepat cair cuy.. :D

Nah,, tak lama kemudian yang ditunggu-tunggu akan segera diproses.. Kalau uang sudah diberikan kepada Anda, jangan lupa dihitung.. Kalau kurang silahkan minta kekurangannya kepada petugas. Tapi kalau lebih silahkan trasnfer ke rekening saya ya he he.. Maksudnya kalau lebih ya dikembalikan dong. :)

Oke, sampai di sini berarti selesai sudah proses pencairan uang adsense di western union. Tahap selanjutnya, silahkan ambil kunci motor atau mobil Anda, dan jangan sampai salah membawa pulang kendaraan Anda.. 

Demikian artikel tentang cara mengambil uang google adsense di western union, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.. Silahkan kalau ada yang mau ditanyakan.. Insya Allah saya akan menjawabnya kalau mampu.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon