Ternyata, Kuat Tidaknya Signal Wifi Juga Mempengaruhi Koneksi Internet Kita

Sobat, Anda harus tau, bahwa ternyata kuat tidaknya signal wifi juga mempengaruhi koneksi internet yang kita gunakan. Memangnya apa pengaruhnya? 

Mungkin ada yang mengira kalau signal wifi itu yang penting muncul di laptop atau HP kita, maka kita bisa konek ke internet dengan baik meskipun signal yang muncul cuma satu dua. Yah, saya juga awalnya beranggapan seperti itu.

Namun setelah melakukan penelitian kecil-kecilan beberapa hari yang lalu, maka saya mendapatkan sesuatu yang dapat mematahkan anggapan saya sebelumnya.

Lihatlah, gambar di bawah ini adalah contoh ping ke router wifi yang menjadi putus-putus ketika signal wifi di laptop saya cuma satu biji..

ping ke router putus
Jika Signal Jelek, ping ke router wifi menjadi putus nyambung


Nah, sekarang kalau ping ke router wifi saja putus-putus, sudah tentu internet yang sedang kita jalankan di laptop kita juga bakal putus-putus. Untuk kasus ini, sering sekali dikiranya profider internetnya yang bermasalah. Ternyata signal wifinya.. :D

Bahkan jika signal wifi di laptop minim, malah kadang-kadang langsung hilang seperti gambar di bawah ini.

ping putus putus
Kadang wifi putus kalau signal buruk :)


Nah, kalau signalnya hilang, berarti internet sudah pasti putus total.

Untuk membuktikan kebenaran dari apa yang telah saya katakan di atas, maka saya mencoba untuk mendekatkan laptop saya menuju sumber signal wifi yang ada..

Lihat, setelah di laptop signal wifinya bertambah maka ping ke wifi pun menjadi lancar tanpa adanya putus-putus seperti sebelumnya..

signal wifi bagus ping bagus
Saat signal Bagus, ping ke wifi pun bagus :)


Jika ping atau hubungan dari wifi ke laptop saya bagus, maka data dari internet yang dikirim lewat jalur wifi akan diterima di laptop laptop saya dengan bagus. Dengan demikian, internetan pun menjadi lancar.


Oke, sebenarnya ini juga bisa menjawab pertanyaan yang sering diajukan: mengapa signal wifi yang lemah membuat internet menjadi lambat? Ya bisa jadi karena ping atau hubungan wifi ke laptop kita putus-putus sehingga internet pun menjadi putus-putus..

Ya sudah deh, pembahasan kali ini cukup sampai di sini saja dulu.. Maaf kalau terlalu singkat dan dangkal. Nantikan artikel lain di blog ini ya gaes.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon