Cara Mudah Membuat Read More Manual Di Blog, Tanpa Edit html

Membuat read more, merupakan hal yang wajib Anda lakukan, jika Anda baru saja membuat sebuah web/blog. Mengapa? karena ini termasuk dalam "hal-hal yang perlu dilakukan setelah membuat blog baru".

Saya mengatakan bahwa membuat read more ini sangat penting, sebab dengan adanya read more pada blog Anda, akan membuat blog Anda tersebut lebih elegan dan terlihat profesional. Tentu alasannya bukan hanya itu saja. Untuk alasan membuat read more yang lebih lengkap lagi, telah saya ulas pada tulisan saya sebelumnya, yaitu kekurangan kelebihan read more manual dan otomatis.

Sebenarnya untuk membuat read more atau baca selanjutnya ini, ada dua cara yang bisa digunakan. Yang pertama adalah membuat read more secara otomatis yang ringan dan mudah dengan edit html. Artinya jika Anda membuatnya secara otomatis, Anda hanya cukup sekali mengedit html di blog Anda, setelah itu semua artikel yang ada mau pun yang baru saja Anda buat, maka secara otomatis akan tampil secara read more.

Sedangkan yang kedua adalah dengan cara manual tanpa edit html. Sebenarnya saya lebih menganjurkan cara yang pertama. Namun jika Anda kesulitan membuatnya, karena ribet edit html atau Anda mengalami kegagalan, maka yang manual ini adalah solusinya. Sebab, Anda tidak perlu lagi mengedit html template Anda, yang tentunya cukup beresiko.

Dengan cara ini, Anda hanya perlu membuatnya di editor postingan Anda, yang tentunya jauh lebih mudah. Baiklah langsung saja ikuti langkah demi langkah cara membuat read more manual di blog tanpa edit html di bawah ini.

1. Masuk di bagian pos, untuk memilih artikel mana yang akan Anda berikan read more. Pilih edit pada artikel tersebut. Setelah Anda berada pada editor postingan, letakkan kursor Anda di antara paragraf 1 dan 2 (hanya untuk uji coba). Kemudian klik pada tombol jump break, seperti gambar di bawah ini.




2. Nah, setelah Anda klik pada tombol jump break tersebut, maka akan muncul garis pada kursor yang Anda letakkan di antara paragraf satu dan dua tadi. Lihat gambar di bawah ini.




3. Silahkan klik preview terlebih dahulu untuk tulisan Anda. Karena biasanya, dengan menempatkan jump break ini di antara paragraf, akan membuat jarak antara paragraf yang diberi jump break itu menjadi renggang. Sesuaikanlah agar mendapatkan hasil yang paling baik.

4. Jika sudah, klik perbarui pada artikel Anda, dan lihat hasilnya di home page blog Anda. Mudah bukan?

Dengan demikian Anda telah berhasil membuat read more dengan mudah, tanpa edit html. Sekian dulu tulisan sederhana saya, semoga bermanfaat bagi Anda. Ditunggu komentarnya jika Anda mengalami kesulitan, atau sekedar ingin memberi saran. terima kasih... :)

2 komentar

bisa gak mas kalau psg read more di beberapa kata yang kita mau dan ganti tulisan readmore dengan tulisan lain? makasih

untuk di blogger, sampai saat ini saya belum dapatkan caranya supaya bisa pasang read more di kata atau kalimat yang diinginkan gan.. gak tau kalau di wordpress.. tapi kalau tulisan read more itu bisa diganti kok..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon