Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Memasang Iklan PPC

Cara menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan ppc=> Tahukan Anda, bahwa blog yang dijadikan media penyebaran informasi melalui internet ini ternyata bisa menghasilkan uang?! Mungkin Anda belum percaya! Tapi, percayalah bahwa banyak yang telah membuktikannya termasuk saya sendiri.

dolar

Diantara banyaknya cara mendapatkan uang dari blog, salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah dengan cara memasang iklan PPC di blog Anda.

Apa itu iklan PPC?

PPC adalah Pay Per Click alias bayar per klik. Berarti iklan PPC itu adalah iklan yang dibayar per klik.

Jadi begini, Anda mempunyai blog, kemudian blog Anda tersebut dipasangi iklan PPC. Jadi setiap ada pengunjung yang datang di blog Anda, kemudian pengunjung itu melakukan klik pada iklan yang Anda pasang tadi, maka Anda akan mendapatkan bayaran untuk klik yang terjadi itu.

Tapi siapa yang membayar? Kok bisa kita dapat iklan?

Jadi saya jelaskan sedikit, bahwa iklan tersebut berasal dari banyak pengiklan, seperti contoh, perusahaan yang ingin mengiklankan tentang produknya melalui media web/blog di internet. Nah, pengiklan inilah yang disebut sebagai advertiser. Kemudian advertiser ini membayar sejumlah uang kepada perusahaan PPC, agar iklan mereka bisa ditampilkan pada blog-blog yang telah menjadi anggota perusahaan PPC tersebut.

Perusahaan PPC ini bertugas menjembatani antara yang mempunyai iklan dan para blogger yang akan menampilkan iklannya pada blog mereka. Karena perusahaan PPC ini bertugas menjembatani, oleh karena itulah disebut sebagai broker. Nah, broker atau perusahaan PPC inilah yang akan membayar Anda.

Kemudian Anda yang mempunyai website atau pun blog, mendaftar kepada broker agar Anda bisa memasang iklan melalui web/blog Anda, agar mendapatkan penghasilan. Nah, Anda yang menampilkan iklan melalui web/blog itu disebut sebagai publisher. Bagaimana juragan? Apakah sudah paham?

Untuk contoh perusahaan PPC yang paling populer di dunia saat ini yaitu: Google Adsense, Chitika, Infolink, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk PPC lokal, ada kliksaya.com, Kumpulblogger.com, Idblognetwork.com dan masih banyak lagi.

Persyaratan

Untuk persyaratan agar bisa menjadi publisher, tentunya Anda harus mempunyai sebuah web/blog untuk menampilkan iklan. Sebagian Broker, ada yang mensyaratkan minimal usia blog Anda, kualitas konten, jumlah pengunjung per bulan, usia Anda, dan persyaratan yang super ketat lainnya. Namun ada juga perusahaan PPC yang tidak terlalu mempermasalahkan semua itu.

Ketersediaan iklan

Untuk ketersediaan iklan, masing-masing perusahaan PPC tentunya tidak sama. Ada yang memiliki jumlah pengiklan yang banyak, sehingga kemungkinan iklan yang tampil di blog Anda selalu ada. Namun ada juga PPC yang kurang memiliki pengiklan sehingga terkadang tidak ada iklan sama sekali yang muncul di blog Anda.

Nilai iklan per klik

Terkadang nilai per klik sebuah iklan, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti topik blog Anda, kesesuaian kata kunci dengan iklan, dan lain-lain.

Relevansi iklan

Relevansi iklan itu adalah cocok tidaknya iklan yang muncul dengan topik blog Anda, atau pun dari kata kunci artikel Anda. Semakin relevan iklan dengan topik blog atau kata kunci konten Anda, itu semakin bagus untuk meningkatkan jumlah klik. Dan sebagian perusahaan PPC mempunyai sistem bagus seperti itu untuk mencocokkan iklan yang muncul dengan keyword sebuah artikel.

Baca juga: 5 Cara saya menghasilkan Uang dari Blog

Namun sebagian perusahaan PPC lagi, tidak seperti itu. Bahkan di blog dengan tema apa pun, iklan yang muncul selalu itu-itu saja. Seputar pelangsing, cara cepat kaya instan, bahkan pembesar burung instan he he he..

Laporan pembayaran dan pendapatan

Untuk laporan pembayaran dan pendapatan, itu sangat penting kita ketahui setiap saat. Sebab dengan laporan penghasilan yang valid, kita bisa melacak kinerja suatu blog dan memperbaiki kekurangan jika ternyata hasilnya masih kurang memuaskan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Bukalapak Tanpa Menjual Barang

Namun sayangnya, laporan yang jelas dan selalu update setiap saat seperti itu tidak dimiliki oleh seluruh perusahaan PPC. Yang memiliki sistem laporan canggih seperti itu hanya sebagian saja, sedangkan sebagian yang lainnya tidak bisa memberikan laporan pendapatan setiap waktu.

Mungkin itulah sebagian kekurangan dan kelebihan Perusahaan PPC yang ada. Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda harus jeli untuk memilih PPC yang terbaik.

Untuk saya sendiri baru satu yang saya coba, yaitu Google Adsense. Jadi iklan yang Anda lihat di blog ini, itu adalah iklan Google Adsense, perusahaan iklan terbesar di dunia saat ini.

Nah, sudah siapkah Anda untuk menjadi publisher dan memperoleh uang dari blog? Tunggu apa lagi? Take action mulai sekarang dan mari belajar bersama.

Baiklah, cukup sekian tulisan saya tentang cara menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan PPC, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih..

6 komentar

Terima kasih buat infonya. Saya soalnya masih newbie masalah ppc. Selama ini cuma maen ptr aja.

sama-sama gan, semoga tulisan tentang mendapatkan uang dari blog ini bisa bermanfaat :)

gan, gimana caranya supaya iklan bisa muncul di blog saya gan ?

harus bergabung dengan penyedia iklan dulu gan,, seperti google adsense misalnya.. :)

Pake hosting gratis gamasalh kan yaa?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon