Hati-hati Plagiat Artikel Blog Bagi Publisher Adsense

Hai sahabat, bagi Anda publisher adsense, pastinya Anda harus berhati-hati terhadap yang namanya plagiat konten. Plagiat itu apa sih? Jadi plagiat adalah meniru konten orang lain dengan cara men-copinya ke blog Anda, atau menulis ulang dengan tulisan yang sama persis.


plagiat artikel


Kenapa plagiat artikel blog berbahaya bagi publisher adsense? Sebab tindakan plagiat seperti copy paste artikel merupakan salah satu hal yang melanggar TOS (Term Of Services) atau semacam peraturan dari Google Adsense. Apa lagi konten yang kita ambil adalah konten yang memiliki hak cipta yang dilindungi DMCA. Pastinya lebih beresiko lagi.

Tentu Anda telah mengetahui bahwa jika kita melanggar TOS Google Adsense, resikonya kita akan dibanned alias akun kita dinonaktifkan dan tidak bisa lagi menghasilkan uang dari blog dengan iklan PPC dari Google Adsense. Jika demikian pasti kita akan menjadi rugi.

Nah, oleh karena itulah agar ini tidak terjadi, maka kita harus mematuhi TOS Google Adsense, yang salah satunya adalah menghindari plagiat konten termasuk artikel pada blog.

Untuk menghindari plagiat, Anda harus berhati-hati membuat tulisan blog Anda. Dan sebisa mungkin tulislah dengan jari tangan Anda sendiri, yang berasal dari pemikiran Anda sendiri. Jika pun Anda harus me-rewrite artikel milik orang lain, paling tidak Anda harus merubahnya dengan bahasa Anda sendiri.

Jika Anda membeli artikel dari jasa penulis artikel, Anda juga harus berhati-hati. Dalam artian carilah jasa penulis artikel yang terpercaya sehingga artikel-artikelnya bebas dari plagiat dan lolos dari copyscape (tools online pendeteksi plagiat pada artikel).

O iya, penting untuk Anda ingat, bahwa Anda harus sesekali mengecek blog Anda, apakah ada indikasi plagiat atau tidak. Ini penting, meskipun Anda membuat konten dari hasil pemikiran sendiri, bisa jadi pemikiran Anda telah ditulis duluan oleh orang lain yang memiliki pemikiran sama seperti Anda.

Berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng melakukan cek terhadap blog saya ini di copyscape.com. Al hasil, siapa sangka ada satu artikel saya yaitu "cara mengaktifkan kembali nomor kartu xl yang telah mati", yang terdeteksi plagiat dari blog lain. Padahal, artikel itu saya tulis sendiri dan sebagian dari pengalaman saya sendiri.

Mungkin itulah yang menyebabkan banyak publisher Google Adsense yang dibanned dengan alasan pelanggaran hak cipta. Padahal, banyak publisher yang mengaku bahwa mereka tidak pernah melakukan plagiat, dan mereka menulis dengan tangan mereka sendiri. Nah, untuk mengecek apakah blog Anda bebas plagiat atau tidak, silahkan baca Cara melakukan cek blog atau artikel untuk mengetahui adanya plagiat atau tidak.

Tips bagi Anda agar terhindar dari plagiat, maka setelah Anda selesai menulis artikel, sebelum mempublikasikannya silahkan dicek terlebih dahulu menggunakan tools online plagiarism checker. Tools ini bisa digunakan untuk melakukan cek nilai dari tulisan Anda apakah unique (bebas plagiat) atau tulisan Anda telah ada di google sebelumnya.

Ada banyak situs plagiarism checker yang bisa digunakan di internet. Ada plagiarism checker dari smallseotools.com, plagscan.com, plagtracker.com, dan masih banyak lagi. Untuk saya sendiri, yang sering saya gunakan adalah plagiarism checker dari smallseotools.com.

Nah, untuk cara penggunaannya silahkan baca Cara menghindari plagiat artikel blog dengan plagiarism checker. Usahakan artikel Anda memiliki nilai 90% ke atas sebelum dipublikasikan. Malah jika 100% unik konten, itu lebih bagus lagi. Dengan mencari nilai 90% ke atas, ini dimaksudkan agar tulisan Anda terhindar dan lolos dari copyscape pendeteksi blog plagiat tadi.

Mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini, Anda terhindar dari plagiat artikel yang tentunya beresiko jika Anda menjadi publisher Google Adsense. Demikian tulisan saya tentang hati-hati plagiat artikel blog bagi publisher Adsense, semoga bermanfaat. Thank you.. :)

4 komentar

Terima kasih masukannya gan. Sangat berguna sekali :)

@harry: sama-sama mas hari.. terimakasih telah berkunjung :)

terima kasih gan atas informasi nya...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon