Perlunya Membersihkan Komputer Dan Laptop Dari Debu

Hai sahabat, bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop pribadi, tentunya Anda ingin komputer dan laptop Anda tetap awet bukan? Nah, untuk itu salah satu caranya adalah Anda harus senantiasa membersihkan komputer dan laptop Anda dari debu.

Memang mungkin terdengar sepele dan kurang masuk akal. Tapi percayalah, bahwa debu merupakan salah satu biang masalah bagi komputer atau pun laptop Anda.


Mungkin jika debu yang menempel pada komputer atau notebook Anda hanya sedikit, itu tidak masalah. Nah, yang jadi masalah adalah ketika Anda tidak pernah membersihkan komputer Anda selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, sehingga debu menjadi sangat tebal.

Banyak kok kasus yang saya dapatkan adanya komputer dan laptop yang rusak bermasalah akibat kotor dan berdebu.

Jadi ketika banyak debu di keyboard laptop Anda, kemudian Anda hanya biarkan saja, waduh, bisa-bisa tombol keyboard Anda ada yang sangat keras ditekan, atau bahkan ada yang tidak berfungsi akibat kotoran yang masuk ke celah-celah keyboard tersebut.

  • Jika debu masuk pada layar LCD atau LED, maka jika tidak dibersihkan pastilah akan mengganggu tampilan di layar, dan membuat Anda tidak nyaman memandang ke layar monitor akibat belang-belang yang disebabkan oleh debu.
  • Jika debu mengotori memory komputer atau laptop, maka bisa jadi laptop Anda akan mengalami yang namanya tidak ada tampilan akibat memory yang kotor. Kasus ini, sering sekali saya mendapatkannya.
  • Jika debu mengotori saluran pembuangan udara laptop, ini lebih bahaya lagi. Sebab panas dari processor yang seharusnya dibuang keluar, ini malah tetap terkurung di dalam laptop akibat ventilasi pembuangan udara tersumbat oleh debu. Akibatnya apa? Laptop Anda bisa saja mati-mati dibuatnya.
  • Ketika debu masuk pada casing komputer dan mengotori mainboard, itu juga bisa mengakibatkan mainboard komputer Anda menjadi rusak. Bahkan jika menyumbat di heat sink komputer, pasti proses pendinginan processor yang panas akan terganggu akibat heatsink yang tertutupi debu.

Sahabat, sekali lagi banyak kasus rusaknya laptop dan komputer akibat debu. Oleh karena itu sebisa mungkin bersihkanlah komputer dan laptop Anda secara rutin. Jika Anda tidak bisa membongkar dan membersihkan bagian dalamnya, itu tidak masalah. Paling tidak Anda membersihkan bagian luarnya setiap saat.

Untuk kesehatan laptop, berlaku istilah mencegah itu lebih baik dari pada memperbaiki. Jadi, apakah Anda hanya akan membiarkan kotoran yang menempel pada laptop Anda, ataukah membersihkannya? Saya hanya mengingatkan bahwa bersih-bersih itu penting.

Oke, cukup sampai di sini tulisan ini, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika ada kekurangan, silahkan ditambahkan di kotak komentar. Terima kasih bagi Anda yang telah membaca tulisan sederhana ini..

2 komentar

Terimakasih Infonya, tipsnya sangat membantu gan...

Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

@infonitas.. ya sama-sama juragan :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon