Bisakah Blog Menghasilkan Uang Untuk Pemiliknya?

Bisakah blog menghasilkan uang untuk pemiliknya? Itu adalah pertanyaan yang dulu ingin sekali saya temukan jawabannya. Intinya saya penasaran apakah blog bisa menghasilkan uang atau tidak untuk saya.

Maklum, namanya juga blogger pemula yang belum tahu apa-apa. Jadi tentunya ingin tahu lebih banyak tentang blogging, termasuk mendapatkan uang dari blog.

Mungkin bukan hanya saya yang bertanya-tanya tentang hal itu. Tapi banyak juga para blogger yang juga penasaran, tentang apakah sebuah blog bisa dijadikan lahan untuk mencari penghasilan. Saya rasa tidak ada salahnya kan jika aktifitas blogging kita ternyata memberi keuntungan untuk pemiliknya?

Nah, dari penasaran itulah akhirnya saya mencari-cari informasi di internet untuk menemukan jawaban dari penasaran itu. Kata kunci yang saya ketik adalah cara mendapatkan uang dari blog. Wow, nampaknya banyak sekali pencerahan, dan menurut banyak blogger bahwa blog itu bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara.

Sahabat, benar sekali bahwa Anda bisa mendapatkan uang melalui blog. Bahkan, blog gratisan pun bisa Anda jadikan sarana untuk berburu dolar di internet. Dan jika Anda tidak mempercayainya, maka saya sendiri telah membuktikannya. Dan rasa penasaran saya selama ini telah lunas terbayar.

Ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari blog. Diantaranya adalah "menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan PPC", mengikuti program affiliasi, menjual barang melalui blog Anda, mengikuti kontes menulis atau lomba blog, menawarkan jasa, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak cara yang ada, baru dua cara yang pernah saya coba dan telah menghasilkan. Yang pertama adalah dengan mengikuti lomba blog, dan yang kedua adalah melalui iklan adsense.

Dari lomba, beberapa kali saya pernah menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Hadiah tidak hanya berupa uang, tapi ada buku, pulsa dan voucher listrik.

Sedangkan untuk iklan adsense, memang sih penghasilannya masih sedikit. Tapi pepatah mengatakan, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Itulah yang saya harapkan, meskipun hanya sedikit tapi jika dikumpul setiap hari maka saya yakin suatu saat saya akan merasakan penghasilan yang lumayan.

Banyak kok para blogger yang telah mendapatkan uang dari blog, mulai dari ratusan sampai ribuan dolar setiap bulannya. Dan sekali lagi itu membuktikan bahwa blog memang benar-benar bisa dijadikan media untuk mencari punci-pundi rupiah.

Jika Anda masih bingung siapa yang akan membayar dan memberikan uang kepada Anda, maka itu tergantung bisnis apa yang Anda jalankan. Misalnya Anda mengikuti lomba blog, maka panitia lah yang akan memberi hadiah kepada Anda. Jika Anda memasang iklan mandiri di blog Anda, maka perusahaan yang memiliki iklan lah yang akan membayar Anda.

Nah, setelah Anda membaca panjang lebar sampai di sini, mungkin Anda akan sedikit ragu harus memulai dari mana untuk mencari uang dari blog. Dan jika demikian, langkah pertama adalah Anda harus memiliki blog terlebih dahulu. Dan jika Anda belum memilikinya, silahkan baca tulisan saya sebelumnya, yaitu "cara membuat blog gratis di blogger".

Setelah Anda memiliki blog, Anda harus menghidupkan blog Anda dengan memperbanyak artikel/tulisan di dalamnya. Dengan memperbanyak artikel tersebut diharapkan dapat memperbanyak pula pengunjung yang datang di blog Anda setiap harinya.

Dengan semakin banyaknya pengunjung di blog Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk menghasilkan uang dari blog tersebut. Tentu, dengan cara yang Anda pilih sendiri.

Namun, untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak tidaklah mudah. Anda perlu mengetahui cara meningkatkan pengunjung blog yang banyak setiap harinya, agar blog Anda menjadi ramai. Dan itu belum cukup; Anda masih perlu membaca "Apa yang membuat blog tidak disukai pengunjung", agar pengunjung Anda tidak kabur meninggalkan blog Anda.

Nah, jika Anda telah mendapatkan ratusan pengunjung setiap harinya, saya rasa itu adalah awal yang bagus sebagai modal bagi blog Anda untuk menghasilkan uang. Setelah itu Anda harus fokus menjalankan cara mana yang Anda mulai terlebih dahulu. Apakah dapat uang dari iklan, atau dari program affiliasi atau yang lainnya.

Yang jelas, pilih dulu salah-satu agar Anda tidak terombang-ambing sehingga gagal semuanya. Dan tak lupa, semangat plus do'a jangan pernah Anda tinggalkan demi kesuksesan blog Anda.

Jadi kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa benar blog bisa menghasilkan uang. Telah banyak blogger yang berhasil membuktikannya. Dan tentunya, banyak juga yang telah sukses dengan menjadi seorang blogger.

Demikian tulisan saya tentang bisakah blog menghasilkan uang untuk pemiliknya? semoga bermanfaat bagi Anda. Menurut Anda apakah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari sebuah blog? Silahkan bagikan di sini ya, terima kasih.. :)

7 komentar

cari-cari tips2 akhirnya terdampar disini,
boleh tahu lomba mana saja yang dimenangkan dulu?, ada linknya gang?

trus tips agar menang lomba blog gimana caranya?
dan informasi tentang lomba blog dimana saja ada?
mohon pencerahannya.. :-)

salam hangat selalu

wah gan, kalau suruh ingat2 lomba mana saja saya dah lupa gan... soalnya yang hadiahnya kecil2 gitu banyak banget he he.. Tapi Insya Allah akan saya buatkan tulisan tersendiri untuk sekedar dokumentasi tentang lomba2 yang pernah saya dapatkan hadiahnya.. :) untuk tips menang lomba belum saya buat.. tapi kalau tips mengikuti lomba silahkan baca link ini gan http://abang-palu.blogspot.co.id/2015/02/tips-mengikuti-lomba-menulis-blog-di.html kalau informasi penyedia lomba banyak tuh.. di lombaapasaja dot com, infolomba dot com, lombakuis.blogspot.com n masih bnyak gan.. silahkan googling aja.. :)

jadi intinya blog bisa menghasilkan uang dan intinya adalah pengunjung ya gan, terimakasih

iya dong gan,, pengunjung adalah sumber uang kalau mau cari uang lewat blog :D

Mantap ini gan ulasanya...
Harus cari traffic yang banyak ini gan...

maaf gan.saya baru pemuĺa.umpamanya kita sudah punya blog.apabila sdah diklik orang blog kita,darimana kita tahu bahwa kita mendapat uang?uangnya kita ambil dimana n prosedurnya gimna gan.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon