Kalau Laptop Layarnya Pecah Apakah Bisa Diganti?

Kalau Laptop Layarnya Pecah Apakah Bisa Diganti?-Pertanyaan itu cukup bagus untuk dijawab. Izinkan saya menjawabnya semampu saya ya sobatku. Tapi, kalau jawabannya kurang pas mohon dimaafkan.

Sekarang ini, bisa jadi jumlah laptop lebih banyak dibanding komputer pc. Dan tentu saja, kasus pecahnya LCD laptop/notebook pun semakin hari semakin banyak saja. Ada yang pecah karena jatuh, ada yang layar laptop pecah karena terinjak, bahkan nih sobatku, ada lo screen layar laptop pecah akibat dibanting. Yang jelas, itu hanya sebagian contoh.

layar laptop pecah

Nah, sekarang permasalahannya adalah, kalau laptop layarnya pecah apakah bisa diganti? Jawabannya adalah BISA. Karena yang pecah itu adalah LCD bagian dalamnya. Jadi LCD atau LED itulah yang diganti.

Kalau layar laptop pecah apakah bisa diperbaiki? Layar yang sudah pecah tidak bisa diperbaiki. kalau pun bisa, itu sangat sulit. Saya sendiri belum pernah mencobanya. Jadi saya lebih menyarankan untuk menggantinya saja.

Masalah LCD/LED penggantinya, banyak kok dijual di toko-toko komputer. Atau kalau Anda tidak mau bingung ya sini pesan saja sama saya he he..Tinggal bilang laptop merek apa, ukuran berapa bla-bla-bla, alamat di mana, kemudian Anda kirim uangnya, dan saya kirim barangnya. Mudah kan?

Kemudian kalau masalah harga sih berfariasi. Tergantung dari ukuran, (misalnya 10.1", 10.0", 12.1" dll) jenis layarnya, (LED atau LCD, slim atau tebal dll). Dan tentu, masalah merek juga menentukan harganya.

Saya kasih bocoran saja nih.. Kalau layar laptop acer 4732 yang menggunakan LED ukuran 14.0", harga gantinya bisa sekitar 700 sampai 900 ribu sudah dengan ongkos pasang. Kalau lewat dari itu, berarti kemahalan tuh harganya..

Kemudian kalau Anda tidak bisa menggantinya sendiri, lebih baik meminta bantuan kepada teknisi komputer terdekat. Atau bawa saja laptop Anda ke toko komputer di daerah Anda agar digantikan. Pesan saya, jangan coba-coba menggantinya sendiri kalau Anda belum pernah melakukannya. Itu sangat beresiko terhadap kerusakan laptop Anda.

Bahayanya adalah, ketika Anda salah sedikit saja dalam pemasangan konektor kabel fleksibel atau kabel signal VGA ke socket layarnya, maka bisa saja terjadi korsleting pada laptop Anda. Kalau sudah begitu, bukan hanya layar yang bisa rusak, tapi mainboard laptop Anda pun bisa juga rusak. 

Karena banyak nih pengalaman saya saat mengganti lcd laptop. Pernah juga lo gan yang seperti saya ceritakan barusan. Saya mengganti LED laptop acer, kemudian terjadi korsleting saat menancapkan kabel fleksibel di layar laptopnya. Akibatnya, laptop pun jadi mati dan tidak bisa dihidupkan sama sekali.. So, berhati-hatilah..

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis pada artikel tentang Kalau Laptop Layarnya Pecah Apakah Bisa Diganti. Semoga artikel ini mudah Anda pahami.

50 komentar

Kak mw nanya, harga lcd laptop 14 inch kira-kira brp ya?

tergantung tipenya gan, ada 14,0" (slim n tebal) harganya beda.. slim lebih mahal.. kalau tebal di palu kisaran 700 800 rb.. kalau slim lebih mahal.. terus ada 14,1, kisaran 900-1 jt.. kemudian yang slim itu ada socket kiri n socket kanan.. macem2 gan,, :D

Gan kalo lcd untuk 10 inch range harganya berapa ya? Sy mau ganti lcd takut kemahalan.
Kamsia sebelumnya gan

sekitar 600 sampai 700 mbak :)

maaf kang mau nanya, kalau beli fleksibel lcd nya aja bisa gak ya??

bisa gan,, kan ada dijual terpisah tuh.. :)

mau nanya om, harga lcd kumplit sama digitizernya (LCD ASSEMBLY) acer iconia w700 berapa duit om..

wah, kalau acer iconia belum pernah tau saya harganya gan :D

Terimakasih infonya kak,ehh mau nanya lagi nih kak,kalo lcd/led bagian dalam yang mau diganti itu Asus x452e berapaan yah? Soalnya pecah juga karena tertindis,mau ganti tapi belum tau pasti harganya.

kisaran 700- 900 ribu gan,, coba tanya di toko komputer terdekat :)

Gan saya arnold
Ini no hp saya 081221200135
Saya mau tanya kalo harga lcd asis seri A 45v
Itu berapa ya gan ?

ITU PAKAI ukuran led 14.0 kalau gak salah.. itu sekitaran 700 sampai 900 ribu gan, tergantung juga lokasinya di mana :)

Punya LCD 17,3 tdk Gan untuk HP elitebook 8740w

17.3 gak ada gan.. cuma 14.1, dan 12"

Lcd notebook Msi U270 tu brpa harga nya gan yg 11,6?

mungkin sekitaran 700 800 ribu gan..

gan kalo harga lcd asus x453s berapa ya?

kalau gak salah pakai tipe LED 14.O.. itu sekitar 700 sampai 900 ribu gan, di daerah saya... :)

Gan kalau lapop 14" lenovo g400, kaca dalam nya retak,kira" berapa gan harga nya

kisaran 800-900 rb mbak.. :)

Lcd laptop saya kayak ada garis"nya gitu kalo dipake.. itu bisa diganti kan ya? Berapa kira"?

bisa diganti mbak, asalhkan yang rusak layarnya.. pernah sih kasus kayak gitu tapi yang rusak bagian mainboardnya.. jadinya meskipun diganti lcdnya tetap aja gak bisa..

Halo kang, ini di daerah mana ya? saya mau ganti LCD yang pecah, lenovo ideapad S210, 11.5 inchi. Saya di jakarta/bogor, trims sebelumnya

saya di palu kang,, jauh banget dari jakarta :D

Mau nanya, kalo lcd nya pecah krna jatuh, itu yg rusak cuma lcd saja kan? Data dll masih bisa kan ya?
Pemasangan lcd mmbutuhkan wktu brpa lama? Trmksih

iya, yang rusak LCDnya,, data tetap aman asalkan hard disk (tempat penyimpan data di laptop) tidak rusak.. :)

Kalo harga lcd laptop ukuran sekitar 15 inch berapa ya?yg slim?
Ada black spot gtu di layarnya.yaa akibat salah saya sendiri

kalau 15 inc agak mahal, bisa jadi lebih dari sejuta ibu,, soalnya agak susah didapat itu..

kalo layar kaca laptop lenovo yoga 500 berapa harganya? soalnya pecah,dan itu touchscreen

kalau lenovo tipe itu gak tau ane gan :)

Gan apakah lcd laptop bisa di upgrade, di ganti dengan yg resolusi yang tinggi dan kerapatan layar kecil?

kalau untuk yang itu saya belum pernah sih gan.. :)

Gan mau tanya kalau layar kaca retak laptop merk tosibha berapa kisarannya?,posisi laptop masih hidup dan bagus tapi jika di perbaiki nanti data2 hilang tidak?

tergantung ukuran dan tipe LCDnya gan.. :) kalau ukuran 10.1" kisaran 600 ribuan.. tapi kalau 14.0" kisaran 800 ribu gan,,

Kak, mau nanya kalau perbaiki lcd notebook acer yg 10" brp ya? Trus juga notebook saya itu mati total kalau diperbaiki lcd nya apa notebook saya bisa hidup?

sekitar 700-800 ribuan di daerah palu gan.. kalau mati total berarti masalah paling besar di mainboardnya.. jadi diganti LCD ya tetap aja mati total kalau bukan lCD yang jadi penyebab mati totalnya.. :)

kalo misalkan mencari tempat service nya bagaimana? ane punya laptop macbook. LCD nya pecah gegara sempat jatuh... tolong dong

Gan leptop saya HP Pavilion 14-E002TX layar nya retak apa bisa di ganti sama berpa harga nya kira2

gan laptop sya kan pecah tuh lcd nya remuk dan ga bisa dipakai lagi,,apakah bisa diganti ya gan masalah nya laptop nya baru ,,hehehe

untuk ukuran itu ane gak tau gan.. :)

bisa dong gan.. coba bawa aja ke toko komputer terdekat..

Laptop Dell inspiron 11 3000 saya retaaaakkk :(
bisa diganti juga gak? uhuhuhu yg retaknya gak bisa ditouch :(

berapa ya harganya? ukurannya sekitr 11.5 inch

Maaf numpang tanya, apa bisa ganti LCD Lenovo 10 inci dengan LCD merk lain?

Kak jika mengganti lcd laptop nanti cepet rusak lagi atau tidak?

Gan mau nanya kalo ganti lcd laptop lenovo tipe T510 brapa yah gan?
Tolong dijawab

Kl ganti lcd hp pavilion g series brp ya,data2nya aman ga ya?

untuk harganya kurang tau kalau tipe itu gan,, karena saya belum pernah bongkar

itu yang berapa inci ya gan???

Ka laptop saya dell inspiron 3480 layarnya pecah. Saya hubungi service center disampaikan biaya ganti nya 2 juta lebih. Apakah memang sebesar itu biayanya

waduh mahal banget tu gan..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon