Penyebab Hilangnya Iklan Adsense Dari Blog (Kemungkinan Besar)

Hai sobat, Apakah Anda juga mengalami nasib yang sama seperti saya? Yaitu ingin mencari tahu penyebab hilangnya iklan adsense dari blog secara tiba-tiba? Kalau iya, berarti kita senasib dan seperjuangan juragan..Sekarang, yuk kita cari tahu penyebabnya.

iklan adsense menghilang
Perlu diketahui, sejak tanggal 3 september 2015 kemarin, banyak juga blogger yang mengalami hal yang sama. Untuk itu, sekarang kita kupas tuntas apa penyebab permasalahan ini.
Setelah sebelumnya saya menulis tentang hilangnya iklan adsense di blog ini, maka Alhamdulillah sekarang saya sudah mendapatkan titik terang penyebabnya. 

Sebenarnya awalnya sih saya menduga kalau masalah ini terjadi akibat saya sedikit melanggar peraturan adsense tentang konten. Tapi, setelah saya cari di google konten dengan judul yang sama, kemudian saya buka satu per-satu blog yang menyajikan konten tersebut, ternyata ada blog yang menampilkan iklan adsense.

Dan setahu saya artikel yang saya buka tersebut dipublikasikan sejak tahun 2014. Itu artinya, konten seperti itu tidak melanggar ketentuan adsense. Karena kalau melanggar kan blog itu sudah lama dibanned. Itu pikir saya.

Kemudian saya iseng-iseng lansung membuka blog ini secara langsung. Ternyata, saya kaget. Lha kok domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id. Waduh, saya juga sempat berfikir macam-macam termasuk mungkin blog tercinta ini dibajak oleh orang lain, setelahnya saya dikerjain habis-habisan.

Tapi kemudian saya langsung punya ide. Kebetulan pernah kenal teman sesama blogger yang juga punya blog gratis (blogspot). Nah, langsung deh saya buka blognya.. ternyata blog tersebut juga domainnya berubah menjadi blogspot.co.id. Dan ternyata nih, iklan adsensenya juga hilang.

Alhamdulillah, saya jadi ingat. Ternyata blog yang sebelumnya saya buka karena ingin melihat konten yang saya anggap berbahaya tadi itu berdomain TLD (dot com). Nah, di situ dapat disimpulkan bahwa, kemungkinan besar penyebab hilangnya iklan adsense di blog adalah bergantinya domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

Soalnya semua blogspot saya juga gak ada iklan adsensenya yang muncul. Jadi kemungkinan besar itu ya juragan penyebabnya.. Pendapat saya ini diperkuat lagi oleh tulisan teman blogger yang menginformasikan juga tentang perubahan blogspot tadi. Katanya sih perubahan ini akan sedikit berdampak pada hilangnya iklan adsense pada blogspot kita.

Tapi saya yakin, kalau untuk mengatasi masalah ini google pasti sudah mempersiapkannya dengan matang. Jadi saya rasa tinggal menunggu waktu saja. Mudah-mudahan tidak terlalu lama ya sobat iklannya sembunyi.

Sampai artikel ini saya tulis, tanggal 4 september 2015, pukul 6:18 WITA, iklan di blog ini pun belum muncul. Ya sudah, kalau begitu mari kita berdo'a, agar pasukan blogspot kita segera diberi amunisi kembali oleh google untuk mengumpulkan dolar... Jangan nangis ya juragan xixixi...

24 komentar

hahahaha
thanks bos infonya..
itu di rubah menjadi .co.id
mungkin biar terindeks sama blogernya
bahwa itu blog nya indonesia kali yah :D
biar mbah google nya ngga bingung

he he.. iya gan sama-sama.. mungkin kayak gitu kali..

wah sama mas problemnya. kirain akun saya yg bermasalah.
pantesan hari ini gak ada pendapatan :D. terus solusinya bagaimana ya?

ooh... gitu yah, pantes punya saya jg gak muncul -_- thanks infonya semoga cepet muncul lg iklannya :D

pokok nya semua blogspot.com indonesia
pindah ke blogspot.co.id :v
sangat fenomenal ini :D
punya saya juga sama
http://iinahmadfatikhin.blogspot.co.id/

saya belum punya solusi mas.. kayaknya solusi terbaik cuma berdo'a n sabar aja he he.. tapi saya lihat sebagian blogspot lainnya udah muncul kok iklannya.. mungkin blognya kita antri kali ya :D

Gan ane mau nanya
Ane br dftr adsense..dan iklan nya sdah ada..dan uda nongol d blog
Tp stgah jam kmudian tiba tiba malah hilang
Itu knpa yaa

wah, baru daftar ya... selamat deh,, moga sukses.. :) emang gitu.. iklan adsense kadang habis nongol terus hilang.. itu bisa jadi proses review kedua oleh adsense mas.. sabar aja.. nantinya bakal ada pemberitahuan lewat email kalau ditolak.. tapi kalau tidak ada kabar n iklan dah muncul lagi, ya udah biarin aja tandanya diterima tuh...:)

Alhmdulillah sya masih pemula baru aja dftar dan udah muncul semoga blog saya juga sukses kaya temen-temen hehehe

amin,,, semoga sukses gan... :)

gan. gue baru mulai ber-adsense nih.. hehehe
nah kira-kira kita harus nunggu berapa lama tuh iklannya bru muncul kembali? Thankyou :)

sekarang gak perlu nunggu, yang penting akunnya akun lama ya.. karna ni artikel dah lama gan.. :)

Sya juga mengalami nasib yang sama gan, blum ada solusi. Sya hanya bisa berdoa saja .... hehehehe biar iklannya muncul lagi.

thanks juragan infonya, mantaaap!

Aku jg blm muncum..
Pas slese daftar muncul, pas udah beberapa jam kok gak muncul lagi.. pdhl di scriptnya ada adsense..
😅

Sedikit beda di saya, gan. Sejak blogspot.com jadi .co.id, iklan tetap tampil di blog saya. Apa karena saya pakai domain .com sendiri juga mungkin? Tapi hari ini pas saya iseng baca blog saya tanpa login, iklannya hilang semua hiks. Saya login, dan buka dari sana juga sama. Duh, padahal dah lama adsensenya, meski recehan

bisa jadi masih proses review mbak.. sabar aja..

bisa jadi karena akunnya non hosted makanya iklannya bisa muncul meskipun blogspot.co.id.. tapi kalau sekarang gak muncul,, coba masuk akun jangan2 dibanned?

LG ngalamin ini gan , 4 hri iklan tyg tk kira sdh accept eh d hit k 5 iklan g nongol Lg. khawatir kna banned

kalau baru mendaftar emang gitu gan,, pertama kadang diaktifkan.. tapi kalau ditolak dihilangkan lagi sama mereka..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon