Setelah Blog Dipasang Bidvertiser, Blog Ada Masalah Di Google Web Master tool

Haduh, malam ini ceritanya galau bin sedih. Bagaimana tidak, blog download yang baru beberapa hari saya pasangi iklan bidvertiser lha kok malah dideteksi mengalami masalah, dan dikatakan blog tersebut mengalami kesehatan yang parah saat saya buka google webmaster tools. Ya kaget lah, sebelumnya tidak masalah kok.


Awalnya sih saya belum curiga. Soalnya hanya ada satu artikel pada blog tersebut yang dideteksi adanya program berbahaya katanya. Ya sudah, karena saya takut simbah google mengamuk, mending saya hapus saja artikel tersebut. Saya pikir link download aplikasi yang saya bagikan tersebutlah yang bermasalah atau bervirus. Makanya dengan menghapus artikel tersebut saya merasa bahwa masalah pasti akan teratasi.

Namun siapa sangka, beberapa hari kemudian pas saya buka blog lewat blogger, ya Ampun, ternyata pada beranda blog download saya malah gak bisa dibuka. Ada keterangan the site ahead contains harmful programs. Atau bahasa Indonesianya situs yang akan dibuka berisi program berbahaya. Lihat deh, tampilannya seperti ini.

the site ahead dontains harmful programs

Siapa coba yang tidak kaget melihat blog yang kita sayangi menjadi seperti itu. Saya jadi curiga. Jangan-jangan ini terjadi setelah saya memasang script iklan dari bidvertiser. Dan setelah saya browsing, ternyata ada juga blogger yang mengalami kasus serupa. Dan dia pun telah menegaskan bahwa memang benar, blognya menjadi seperti itu setelah dipasangi script iklan bidvertiser.

Waduh, akibat muncul layar merah di google chrome dan ada tanda silang merah tersebut, membuat blog saya yang sebelumnya memiliki pengunjung versi google analytics di kisaran 50 sampai 100 per hari, sekarang semakin menurun. Awalnya menurun menjadi sekitar 12-an. Sekarang pada hari ini, tinggal 9 sesi. Malahan kemarin sempat cuma 1 pengunjung saja dalam satu hari.. Ya Allah, cobaan untuk blogger pemula nih. :(


pengunjung blog menurun

Padahal menurut saya penghasilan di bidvertiser cukup lumayan lo. Bukan saya ingin promosi. Tapi telah saya buktikan, bahwa dengan kurang dari 1000 impresi, saya bisa mendapatkan 0.62 dolar. Padahal itu dari satu slot iklan saja. Kan lumayan tuh.. Dari pada blog tidak diterima adsense, mendingan daftar bidvertiser sebagai sampingan.

Tapi baru beberapa hari pasang script bidvertiser kok ada kendala ya? Google menganggap blog yang saya coba pasang iklan bidvertiser tersebut sebagai blog berbahaya, karena berusaha  mengarahkan pengunjung untuk mendownload aplikasi yang belum jelas aman atau tidaknya menurut mbah google.

Sekarang saya masih berusaha untuk meyakinkan kembali mbah google, agar mencabut label blog berbahaya untuk blog saya tersebut. Dan yang saya lakukan adalah menghapus semua script yang saya pasang di blog saya, dan memperbaiki pesan tersebut di google web master tool seperti berikut.

1. Masuk ke akun google webmaster tool dulu. Setelah itu, klik pada periksa kesehatan properti seperti nomor 1, kemudian klik lagi pada perangkat lunak jahat terdeteksi seperti nomor 2.


2. Centang pada saya telah memperbaiki masalah ini, kemudian klik tombol merah  meminta pratinjau.


3. Akan muncul tampilan tinjauan seperti berikut. Pada kolom "jelaskan dengan singkat cara Anda menyelesaikan setiap masalah bla bla bla", saya isi dengan "saya telah menghapus semua script iklan bidvertiser yang saya curigai menjadi penyebab situs saya dideteksi berbahaya." Kemudian saya klik tombol biru MINTA TINJAUAN.



Nah, setelah itu jika berhasil akan ada pemberitahuan di atas akun webmaster tool bahwa permintaan berhasil. Sobatku, permintaan peninjauan terhadap web/blog yang dideteksi mengandung program berbahaya tersebut butuh waktu hingga 72 jam. Itu kata webmasternya ya.. :)

Begitulah cara saya mengatasi the site ahead contains harmful program. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini akan membuahkan hasil dan pengunjung blog saya pulih kembali. Amin...

UPDATE: Alamdulillah cara saya berhasil. Silahkan baca di blog sudah terbebas dari malware kata google webmaster tool :D

Demikian pengalaman saya memasang iklan bidvertiser, semoga ada manfaatnya dari tulisan ini. Saya rasa, apa yang saya alami juga menjadi kekurangan memasang iklan bidvertiser di sebuah blog. Istilahnya efek sampingnya lah sobatku.. Ya sudah, hati-hati saja memasang iklan bidvertiser ya.. :)

4 komentar

sama dengan saya gan. Ketika ada peringatan dari goggle, saya langsung teringat pada bidvertiser ini, akhirnya iklan saya copot dan minta peninjauan ulang, sekarang alhamdulillah peringatannya sudah hilang

hem.. pengalaman yang sama ya gan.. makasih atas sarannya.. :)

eit ntar dulu gan ane pasng bidvertiser udah 2 minggu lumayan hasilnya udh $40 tapi nggak ada tuh yg layar warna merah itu dan di GWT gak ada peringatan..tapi kendalanya satu saya heran di browser lain iklan bidvertiser muncul tapi di Chrome PC nggak muncul haha aneh saya knapa ya ?? :v

wow, 2 minggu dapat 40$ pengunjungnya berapa gan? emang pertama-pertama saya dulu juga gak muncul layar merah kayak gitu.. tapi beberapa minggu kemudian baru muncul..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon