Cara Mengatasi Listrik Jeglek Saat Menghidupkan Komputer

Hai sahabat, langsung saja saya akan berbagi tentang Cara Mengatasi Listrik Jeglek Saat Menghidupkan Komputer. Sebenarnya, tulisan ini tidak hanya saat menghidupkan komputer saja ya sahabat. Tapi menghidupkan berbagai elektronik lainnya pun, jika listrik sering jeglek maka bisa juga menggunakan cara yang saya bagikan ini.

Sebelumnya, pasti Anda pernah atau malah sering sekali pas menghidupkan alat elektronik, tiba-tiba listrik langsung turun alias skring jeglek. Entah apa istilahnya ya. Ada yang bilang saklar turun, saklar off, saklar kembali ke nol, atau njeplak. Yang jelas, jika saklar berbunyi klek, aliran listrik di rumah sudah tidak ada lagi alias mati.

listrik mati

Mengapa masalah ini bisa terjadi? Kemungkinan besar adalah daya listrik di rumah Anda hanya 900 watt. Sementara, pemakaian daya listrik dari alat elektronik yang Anda gunakan saat itu melebihi 900 watt tersebut. Misalnya Anda menghidupkan kulkas, TV, radio, komputer, dan alat elektronik lainnya yang jika ditotal melebihi 900 watt. Otomatis, karena listrik tidak mampu menyuplai kebutuhan itu, ya langsung dimatikan secara otomatis gitu sahabat.

Nah, ada tiga cara agar listrik tidak anjlok lagi

1. Kurangi Beban Pemakaian Listrik

Yang pertama adalah Anda harus mengurangi beban pemakaian listrik di rumah Anda. Maksud saya mengurangi di sini adalah, pada saat itu, jangan gunakan semua elektronik di rumah Anda. Misalnya pada malam hari, Anda menyalakan semua lampu di rumah Anda. Kemudian Anda memasak menggunakan rice cooker, sementara kulkas dan komputer juga Anda hidupkan. Kalau seperti ini kan beban bisa berlebih sahabat.

Jadi, ya silahkan matikan dulu alat elektronik Anda yang kiranya belum dipakai. Atau kalau bisa yang tidak terlalu dibutuhkan jangan selalu dicolok di listrik. Cabut saja, kecuali dibutuhkan baru dicolok. Untuk cara ini gratis. Bagusnya, Anda bisa menghemat listrik dengan mengurangi pemakaian listrik di rumah Anda.

2. Naikkan daya Listrik

Jika Anda tidak bisa mengurangi beban pemakaian listrik di rumah Anda, maka naikkanlah daya listrik di rumah Anda menjadi yang lebih besar dari 900 watt. Ini dimaksudkan agar ketika Anda menggunakan daya listrik yang lebih besar dari 900 watt, maka listrik di rumah Anda mampu menyuplainya dan skring di rumah tetap aman tanpa anjlok lagi.

Untuk cara yang kedua ini, sepertinya Anda perlu mengeluarkan dana lagi untuk meminta izin di PLN agar menaikkan daya di rumah Anda. Dan, dapat dipastikan pemakaian bulanan listrik Anda akan meningkat. Jika pemakaian meningkat, otomatis biaya pembayarannya pun meningkat bukan?

3. Gunakan Inverator

Cara ketiga agar listrik tidak Anjlok adalah, dengan memakai Inverator pada beberapa alat elektronik Anda. Inverator juga disebut automatic slow start yang dapat difungsikan untuk mengurangi lonjakan pertama saat alat elektronik pertama kali dihidupkan. Setidaknya, saya telah membuktikan sendiri. Jadi, silahkan pasang inverator pada beberapa alat elektronik Anda yang menyedot listrik paling banyak.

Untuk menggunakan inverator cukup mudah kok. Bentuknya ya hampir sama seperti stavolt. Dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Alat elektronik yang diinginkan tinggal dicolok di Inverator, dan inverator dicolok kelistrik. Satu lagi, alat ini bisa Anda beli di toko elektronik dengan harga yang cukup murah. Kisaran 35 ribu Anda bisa mendapatkan inverator 1500w.

Nah sahabatku, banyak jalan yang bisa Anda tempuh agar listrik di rumah Anda tidak mati-mati lagi. Silahkan pilih mana yang Anda sukai. 

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon