Pengertian, Sejarah Dan Pendiri Facebook

Hai sahabat, bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian, sejarah dan pendiri Facebook lengkap, maka sekarang Anda bisa mendapatkannya. Sebab kali ini saya akan berbagi tentang hal itu. Dan jika Anda tidak keberatan, silahkan baca lebih lanjut saja.
pengertian dan sejarah facebook


Pengertian Facebook

Jadi, Facebook adalah layanan jejaring sosial atau social media yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, yang pemiliknya adalah Facebook, Inc, dan dioperasikan oleh perusahaan tersebut juga.

Pada bulan September tahun 2012, situs social media facebook telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna yang aktif. Bahkan lebih dari separuhnya adalah mereka yang menggunakan telepon genggam. Wow, luar biasa bukan?

Anda harus mendaftar facebook sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, Anda bisa membuat profil privat, menambahkan pengguna lain (akun orang lain) sebagai teman, dan saling mengirim pesan. DI facebook juga ada fitur pemberitahuan otomatis ketika pengguna memperbarui profilnya. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup pengguna dengan kriteria tertentu. Misalnya grup jual beli, grup cinta binatang, atau grup-grup lainnya.

Pendiri Facebook

Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg bersama rekan/teman yang katanya sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Andrew McCollum, Eduardo Saverin,  Chris Hughes dan Dustin Moskovitz.


pendiri facebook mark zuckerberg

Awalnya, Keanggotaan situs facebook ini terbatas untuk mahasiswa Harvard saja. Selanjutnya diperluas hingga ke perguruan lain di Boston, Universitas Stanford dan Ivy League. Facebook  secara perlahan diperluas lagi kegunaannya kepada mahasiswa di universitas lain. Setelah itu diperluas lagi untuk siswa SMA, dan pada akhirnya, facebook bisa digunakan untuk setiap orang yang telah berusia 13 tahun ke atas. Artinya, pengguna facebook usia minimalnya harus 13 tahun. 

Walaupun demikian, berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei 2011 lalu, ada 7,5 juta anak-anak di bawah umur 13 tahun yang telah membuat akun Facebook.

Berdasarkan Studi Compete.com bulan Januari 2009 silam, telah menyatakan bahwa Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan berdasarkan jumlah/banyaknya pengguna yang aktif dalam bulanan di seluruh dunia.

Nama layanan jejaring sosial ini adalah berasal dari nama buku. Buku yang dimaksud adalah buku yang diberikan kepada mahasiswa, saat tahun akademik pertama oleh sebagian pihak administrasi dari universitas yang ada di Amerika Serikat yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa mengenal satu sama lainnya. 


Sejarah Facebook

Sejarah facebook adalah berawal dari Mark Zuckerberg yang menciptakan Facemash, (pendahulu sebelum Facebook). Facemash dibuat pada 28 Oktober 2003, saat mark zuckerberg berada di Harvard sebagai seorang mahasiswa di tahun kedua. 

Untuk menyelesaikan pembuatannya, Mark meretas ke bagian jaringan komputer Universitas Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard saat itu tidak mempunyai "buku wajah" (direktori yang berisi berisi foto-foto dan informasi dasar) tentang mahasiswa. Facemash bisa menarik 450 pengunjung dan 22 ribu tampilan foto pada empat jam pertama diluncurkan.

Situs facemash langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun beberapa hari kemudian Harvard oleh administrasi Harvard. Setelah itu Mark Zuckerberg dihukum karena telah berani menembus keamanan kampus, melanggar privasi individu, melanggar hak cipta. Akibat ulahnya itu, mark terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut akhirnya dibatalkan. Mark kemudian memperluas proyek awal ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final (sejarah seni), dengan mengupload sebanyak 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman yang disertai kotak komentar. Mark membuka situs facemash kepada teman sekelasnya. dan mereka pun mulai saling berbagi catatan di situs tersebut.

Pada semester berikutnya, Mark Zuckerberg mulai membuat kode untuk situs baru pada bulan Januari tahun 2004. Mark katanya terinspirasi oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Nah, Pada tanggal 4 Februari di tahun yang sama, (tahun 2004), Mark mengudarakan "The Facebook". The facebook pada awalnya berada di situs TheFacebook.com.

Enam hari setelah the facebook diluncurkan, tiga senior Harvard, yaitu Divya Narendra,  Cameron_Winklevoss, dan Tyler Winklevoss, telah menuduh mark dengan sengaja mengalihkan mereka agar mereka mempercayai bahwa mark membantu mereka untuk membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara mark menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan sendiri. Ketiganya senior tersebut mengeluh kepada Harvard Crimson. Bahkan tiga senior yang telah tersebut di atas mengajukan tuntutan hukum terhadap mark Zuckerberg yang pada akhirnya dapat diselesaikan.

Keanggotaan the facebook pada awalnya dibatasi hanya bagi mahasiswa Harvard College saja lo sobat. Meskipun demikian, pada bulan pertama peluncurannya, nyatanya lebih dari separuh mahasiswa sarjana di Harvard telah mendaftar di situs the facebok ini. 

Selanjutnya, Dustin Moskovitz (seorang programer), Eduardo Saverin (seorang pebisnis),  Andrew McCollum (seorang seniman grafis), serta Chris Hughes turut segera bergabung dengan Mark untuk ikut membantu mempromosikan situs buatan mark ini. Nah, Pada Bulan Maret tahun 2004, Facebook memperluas diri ke Columbia, Stanford, dan Yale. facebook kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas New York,  Universitas Boston, dan MIT. Kabar baiknya, dengan perlahan tapi pasi situs ini pun bisa dibuka ke beberapa universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Facebook disahkan menjadi badan usaha saat musim panas tahun 2004 silam. Mark mengangkat seorang pengusaha yang sering memberinya saran dulu menjadi seorang presiden perusahaan. Iya adalah Sean Parker. Mungkin ini adalah balas budi Mark ya sobatku..

Pada Bulan Juni tahun 2004, the Facebook secara resmi memindah pusat operasionalnya ke kota Palo Alto (California). Perusahaan facebook ini kemudian menerima investasi pertamanya pada bulan juni tersebut dari seorang pendiri pendamping PayPal, yaitu Peter Thiel. Selanjutnya, perusahaan the facebook secara resmi menghilangkan kata "The" dari nama sebelumnya setelah membeli nama facebook.com pada tahun 2005 senilai 200.000 us dollar. Wow, mahal banget ya sobat :D

Nah, kemudian Facebook meluncurkan yang versi SMA (sekolah menengah atas) pada bulan September tahun 2005 silam. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah tersebut membutuhkan undangan untuk bergabung. Setelah itu, Facebook memperluas persyaratan keanggotaannya bagi karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk perusahaan terkenal yaitu Apple Inc, termasuk juga perusahaan Microsoft. Selanjutnya lagi Facebook dibuka pada tanggal 26 September 2006, dan kini, lebih diperluas lagi yaitu bisa digunakan bagi setiap orang yang telah berusia minimal 13 tahun  atas dengan alamat surel/email pribadi yang sah.

Sobat, Pada 24 Oktober 2007, perusahaan Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6 persen saham Facebook senilai 240 juta us dollar. sehingga jumlah yang 1.6 persen tersebut adalah untuk Facebook dengan nilai sebesar 15 miliar dollar us. Pembelian yang dilakukan oleh perusahaan Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Wah, nampaknya ada imbal balik dan keuntungan juga untuk microsoft.

Kemudian, Bulan Oktober tahun 2008, perusahaan facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional facebook di Dublin, Negara Irlandia. Nah, pada Bulan September tahun 2009, Facebook mengatakan bahwa perusahaan tersebut mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya.

Pada Bulan November tahun 2010, menurut SecondMarket Inc., (bursa saham swasta), mengatakan bahwa nilai Facebook telah mencapai 41 miliar dollar as. Berarti ini mengalahkan ebay. Tapi tipis ya sobat. Dan facebook menjadi perusahaan web raksasa terbesar ketiga di amerika serikat setelah Google.inc dan kemudian Amazon.

Facebook telah menjadi incaran sebagai kandidat yang berpotensi untuk penawaran umum perdana pada tahun 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah tahun 2009. Dan Jumlah pengunjung Facebook bisa mengalahkan Google pada tanggal 13 Maret 2010. Tentu ini adalah prestasi yang sangat luar biasa.

Pada bulan Maret 2011, dikabarkan bahwa Facebook telah menghapus sekitar 20 ribu profil dari situs ini setiap hari dengan bermacam alasan. Diantaranya termasuk kegiatan spam, konten yang tidak pantas ada di facebook, serta pemakaian facebook yang ternyata di bawah umur. Dan ini adalah upaya untuk mendorong keamanan cyber.

Pada awal tahun 2011, perusahaan Facebook mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berpindah ke kantor baru mereka, yaitu bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park, negara bagian California, amerika serikat.

Statistik yang didapat pada DoubleClick menunjukkan bahwa Facebook telah berhasil mendapatkan satu triliun page view atau tampilan halaman pada bulan Juni tahun 2011. Dan dengan prestasi tersebut menjadikan facebook sebagai situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Sobatku, Namun Anda perlu mengetahui bahwa Google dan beberapa situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Berdasarkan studi dari  Nielsen Media Research yang dikeluarin Desember 2011, Facebook merupakan situs yang paling banyak diakses oleh manusia kedua di negara paman sam, yaitu amerika serikat.

Nah, Pada bulan Maret tahun 2012, perusahaan Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak online yang menjual aplikasi yang bisa terhubung dengan jejaring sosial Facebook. Perlu Anda ketahui, bahwa Toko ini tersedia untuk pengguna web iPhone dan Android.

Pada awal bulan Mei tahun 2012, facebook mengakuisisi sebuah perusahaan Glancee yang sedang beroperasi dalam bidang penjelajahan sosial.

Facebook Inc. mengadakan penawaran pada umum perdana,  17 Mei tahun 2012 lalu dengan harga awal saham 38 dollar us per lembar. Dengan demikian, maka nilai dari perusahaan facebook tersebut telah mencapai 104 miliar dollar us, dan ini adalah nilai perusahaan umum baru yang menjadi terbesar sepanjang sejarah. 

Kini, kabar facebook di tahun 2015 ini nampaknya masih menjadi salah satu situs social media yang paling diminati oleh pengguna di seluruh dunia. Dan saya pun menganggap bahwa situs ini adalah nomor satu, dibanding situs social media lainnya.

Sobat, mungkin ada kekurangan dari pengertian dan sejarah facebook yang saya bagikan ini. Dan jika memang benar, silahkan ditambahkan demi kesempurnaan posting ini.

Demikian tulisan saya tentang pengertian dan sejarah facebook, semoga ada manfaatnya untuk Anda. Sumbernya dari wikipedia inihttps://id.wikipedia.org/wiki/Facebook salam..


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon