2 Cara mengetahui Kapasitas/ukuran Hard Disk Komputer Tanpa Software

Cara mengetahui Kapasitas/ukuran Hard disk komputer tanpa software-Hai sobatku, jika Anda membeli komputer atau laptop, pasti akan bertanya-tanya, sebenarnya berapa sih ukuran hard disk komputer atau laptop yang dipakai sekarang? Betul tidak sobatku? Bisa jadi iya kan? Saya dulu juga seperti itu kok.

Mengapa perlu mengetahui ukuran penyimpanan dari hard disk? Banyak alasanya. Pertama, Ya karena untuk meyakinkan saja. Jika Anda membeli laptop atau hard disk baru, apakah betul yang penjualnya bilang tentang kapasitas hard disk tersebut. Sebab yang namanya penjual kan bisa saja berbohong tentang itu. Oleh karena itu, Anda perlu lebih jeli dan pintar-pintar lagi.
Itu berlaku untuk hard disk baru dan bekas ya sobat. Dan berlaku juga untuk komputer atau laptop yang baru atau bekas juga.
Alasan kedua adalah, dengan mengetahui berapa ukuran hard disk yang Anda miliki, maka Anda tidak mudah ditipu. Jadi begini: misalnya Anda memiliki laptop yang sedang diservis di tempat servis. Nah, dengan mengetahui berapa besar ukuran hard disk Anda, maka Anda bisa melakukan komplain jika ternyata setelah di rumah hard disk Anda tidak sesuai dengan ukuran sebelumnya.

Yang namanya di tempat servis itu bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lo sobat. Misalnya hard disk Anda tidak sengaja tertukar dengan hard disk milik orang lain, atau memang hard disk Anda dengan sengaja ditukar oleh teknisinya. Yang jelas, kalau Anda tidak mengetahuinya ya akan rugi. Bisa jadi bolak balik kena tipu jadinya.

Nah, oleh karena itu mengetahui berapa ukuran hard disk Anda sangatlah penting. Dan untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Pertama menggunakan software aplikasi, yang kedua tanpa software. Namun, cara yang kedua inilah yang akan saya bagikan kali ini.

Jadi, bagaimana cara mengecek ukuran hard disk tanpa sofrware?


1. Dengan melihat langsung kapasitas hard disk melalui fisiknya. 

Biasanya, hard disk laptop/notebook dan komputer pc itu selalu menyertakan kapasitas hard disk yang tertulis di stiker bagian atas sebuah hard disk. Silahkan lihat pada gambar ini.


cara cek kapasitas hard disk tanpa software

Untuk contoh tersebut, saya menggunakan hard disk WD (Western Digital) yang memiliki ukuran penyimpanan sebesar 750GB. Bisa dilihat pada tanda kotak merah. Untuk hard disk merek lainnya, terkadang ditulis tidak sejelas ini. Ukuran tulisannya pun lebih kecil, dan hampir sama dengan tulisan yang lainnya di hard disk tersebut. Makanya Anda harus lebih teliti. Tapi yang jelas, cari saja angka yang ekornya menggunakan GB.

Namun, cara mengetahui ukuran hard disk yang pertama ini tidak bisa dilakukan kalau Anda membeli komputer atau laptop baru. Sebab laptop baru yang masih garansi, tidak boleh dibongkar. Itu karena kalau dibongkar akan hilang garansinya. Dan meskipun sudah tidak sedang dalam masa garansi, tetap saja cara ini membutuhkan sedikit kemampuan untuk membongkar laptop yang tentunya sedikit ribet. Oleh karena itu, cara yang kedua mungkin sedikit lebih simpel.

2. Dengan melihat melalui sistem operasi windows

Untuk cara yang kedua ini, Anda hanya membutuhkan beberapa kali langkah saja. Dan tentu, ini adalah untuk mengetahui kapasitas hard disk yang lebih jujur. Sebab cara pertama bisa saja kan kalau ukuran hard disk yang sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang tertulis. Dalam artian, stiker bisa saja diganti oleh orang-orang yang nakal yang ingin menipu Anda. Oleh karena itu, ikuti cara kedua berikut ini.

1. Tentu Anda harus menghidupkan komputer atau laptop Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Klik kanan pada "my computer" (kalau windows xp), Atau "COMPUTER" kalau windows 7. Kemudian pilih MANAGE.


cara mengetahui kapasitas penyimpanan hard disk

2. Pada tampilan computer management, pilih DISK MANAGEMENT. Perhatikan pada bagian (DISK 0). Itu adalah hard disk Anda. Dan di situ Anda dapat mengetahui ukurannya.

cara mengetahui ukuran hard disk

Note: Untuk cek kapasitas hard disk melalui sistem ini memang kita tidak bisa mendapatkan informasi yang sama persis dengan ukuran aslinya. Sebab hard disk itu kalau digunakan di sistem windows, maka ukurannya tidak akan terbaca penuh. Jadi kita harus menebak juga. 

Misalnya untuk contoh gambar di atas, kapasitas hard disk yang terbaca adalah 74.53 GB. Itu artinya hard disk ini memiliki ukuran 80 GB. Ingat, ukuran hard disk itu contohnya 40 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, dst. Nah, jadi kalau yang terbaca di windows misalnya sekian, berarti ukuran sebenarnya adalah lebih besar dari yang terbaca di windows, dan yang paling mendekati dengan ukuran-ukuran yang telah saya tulis tersebut.


Contoh lagi: Misalnya hard disk Anda yang terbaca di komputer adalah 295 GB. Berarti ini adalah hard disk ukuran 320 GB. Karena kita mengambil ukuran di atasnya, yang paling mendekati adalah 320 GB bukan 500 GB yang terlalu jauh lebih besar melewati 320 GB, atau lebih kecil yaitu 250 GB. Jadi, apakah Anda sudah paham? Kalau sudah, silahkan cek ukuran kapasitas penyimpanan hard disk Anda. Kemudian silahkan laporkan di sini jika ada kendala. 

Demikian tulisan saya tentang Cara mengetahui Kapasitas/ukuran Hard disk komputer tanpa software, semoga bisa bermanfaat.

10 komentar

Misi gan,numpang nanya,saya baru beli hard disk dgn kapasitas 750GB tapi setelah saya cek di sistem 680GB kapasitasnya,setelah di masukan sistem jadi 650GB ,apa memang benar seperti itu,mohon info nya,saya takut di bohongi oleh oknum"nakal

kalau dicek disistem windows 7 kadang gitu gan,,, tapi kalau diceknya di windows 8 kadang full 100 persen... coba deh dicek di windows 8...

Gan hdku 500gb tapi kebaca 366gb dwind 8, mohon bantuannya

serius gan? kecil amat ya? itu satu partisi atau dicek keseluruhan tuh?

HD ane 232.88 mb gan.. itu gimana?

bro hdd gw kan 500gb, nah kan dibagi 2 seharusnya,disk (c) dan disk (d), tapi gw cmn ada disk (c) 200gb doang gak ada disk (d), itu sisanya kemana ya gan?

dibagi sendiri atau emang dari pertama sudah seperti itu gan? kalau dibagi sendiri begini cara lihatnya. 1 klik kanan di computer, 2 pilih manage, 3. klik disk management.. disitu akan kelihatan partisi yang tersembunyi dan tidak terpakai.. :) klik kanan saja partisi yang kiranya belum dipakai, dan klik format..

Laptop Asus ROG bagus budget 15jt apa ya?

ROG apaan gan? baru dengar saya...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon