Cara Mengetahui Prosesor x86 (32 bit) Dan x64 (64bit) lewat Windows

Cara Mengetahui Prosesor x86 (32 bit) Dan x64 (64bit) lewat Windows-Malam ini sungguh dingin sekali. Entah karena hawanya atau karena memang saya habis mandi ya he he.. Yang jelas, dingin atau pun panas Insya Allah saya akan mengajak Anda belajar komputer dasar di blog tercinta ini.

Nah, karena temanya tentang komputer, sekarang saya akan mengajarkan bagaimana memeriksa/cek prosesor komputer pc atau laptop untuk mengetahui prosesor pada komputer atau laptop tersebut bertipe 32 bit atau 64 bit

Sebenarnya kalau ada yang beranggapan kurang penting, ini penting juga lo sobatku. Sebab dengan mengetahui mana prosesor yang 32 bit dan 64 bit, kita akan mudah menentukan sistem operasi yang sesuai dengan prosesor komputer yang kita miliki. Jadi, nantinya tidak akan salah dalam menginstal sistem 32 bit atau 64 bit.

Sebenarnya, perbedaan yang paling dasar dari prosesor x86 (32 bit) dan x64 (64 bit) adalah kecepatan pemrosesan dalam pengalamatan data. Kalau yang 64 bit, jelas lebih cepat. Jadi bisa dikatakan bahwa prosesor yang 64 bit lebih cepat dibanding yang 32 bit.

Cara Memeriksa prosesor tanpa software

1. Klik kanan pada icon COMPUTER di Windows 7 Anda atau MY COMPUTER pada windows xp. Kemudian pilih properties.

cara mengetahui prosesor 32 bit dan 64 bit

2. Selanjutnya, Pada tampilan informasi system klik pada WINDOWS EXPERIENCE INDEX seperti gambar berikut.

cara cek 32 bit dan 64 bit

3. Nah, setelah itu klik pada view and print detailed bla bla bla..untuk melanjutkan ke proses selanjutnya ya sobat..


4. Pada jendela performance information and tools, perhatikan pada tulisan yang saya kode kotak merah. Kalau disitu tertulis 64-bit capable yes, berarti prosesor Anda telah support 64 bit. Jadi, silahkan instal dengan sistem operasi yang 64 bit, atau 32 bit juga boleh. Yang penting jangan yang 32 bit, kemudian Anda instal dengan sistem yang 64 bit. Itu cukup dilarang.


Sobatku, dengan mengetahui hal ini diharapkan kita menjadi lebih profesional lagi dalam menangani masalah komputer. Sebab kalau kita salah instal, ya resikonya komputer atau laptop kita bisa cepat rusak jadinya.

Memang untuk belajar servis komputer itu tidak semudah yang kita bayangkan. Akan tetapi, kalau kita pelajari sedikit demi sedikit, Insya Allah saya yakin ilmu kita akan bertambah sendirinya. Percayalah bahwa dulu saya juga tidak mengetahui apa-apa tentang komputer. Setelah belajar dengan tekun, serta banyak membaca artikel komputer di internet, Saya pun menjadi lebih tahu dari pada dulu.
Intinya adalah, tetap semangat dan tidak mudah putus asa. Gali terus ilmu di internet sebanyak-banyaknya agar wawasan Anda bertambah.
Demikian tulisan singkat tentang Cara Mengetahui Prosesor x86 (32 bit) Dan x64 (64bit) lewat Windows, semoga bisa membantu Anda. Mohon ditambahkan kalau ada yang kurang ya sobatku.. Wassalam..

2 komentar

wiiiih tipsya keren gan ane dapat ilmu baru nih di sini

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon