Menggunakan Kipas External Laptop Berpengaruhkah?

Belajar Komputer Dasar | Saya melihat ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan di forum-forum tentang penggunaan kipas external (cooling pad) pada laptop. Kurang lebih pertanyaannya seperti ini: Menggunakan kipas eksternal pada laptop pentingkah? Apakah kipas eksternal laptop dapat membantu mendinginkan laptop dari panas? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang kurang lebih berkaitan.
manfaat menggunakan cooling pad

Mohon maaf sebelumnya, artikel ini tidak saya buat karena mengada-ada, atau saya adalah karyawan dari produsen kipas eksternal laptop (cooling pad) yang ingin berpromosi. Tidak!!

Saya menulis ini karena saya ingin berbagi pengalaman saja.. Dan semoga, dengan pengalaman yang saya bagikan ini dapat membuat Anda mengerti tentang pentingnya menggunakan kipas external pada laptop.

Pengalaman tentang kipas external laptop

Ini ada laptop kantor yang dipakai oleh karyawan di tempat kerja saya..Laptop nya merek hp Elitobook 2540p. Seperti ini gambarnya..
Gambar laptop hp Elitebook 2540p Ini saya ambil di google. Tapi laptop yang di kantor sama persis dengan laptop di gambar ini
Jadi ceritanya laptop tersebut saat digunakan beberapa menit langsung panas sekali. Padahal kipasnya berputar normal, dan saluran pembuangan angin pun tidak ada kotoran yang menumpuk seperti pada acer 4349 yang panas langsung mati yang tertulis pada artikel sebelumnya.

Sekarang kita lupakan masalah apa penyebabnya. Tapi yang jelas, jika laptop tersebut dihidupkan menggunakan kipas eksternal atau cooling pad tadi, maka laptop itu bisa hidup dalam waktu yang lama. Tapi ketika dihidupkan tanpa cooling pad, maka hidupnya tidak bisa lama.. Apa lagi kalau panas laptop semakin tinggi, tidak ada aba-aba terlebih dahulu laptop langsung mati sendiri.

Nah, dari sini kan sudah bisa diambil kesimpulan bahwa: Kipas eksternal yang ada di bawah laptop alias cooling pad itu cukup membantu dalam mendinginkan sebuah laptop. Dan tentunya, manfaat cooling pad itu sangat besar.

Sebenarnya masih banyak cerita lain yang bisa saya tulis di sini. Cuma saya rasa satu cerita saja sudah cukup untuk meyakinkan Anda.

Nah sobatku, saya menyarankan bagi Anda pengguna laptop yang terbiasa memakai laptop untuk bermain game atau kerja berat atau kerja yang lama, usahakan memakai kipas ekxternal laptop supaya laptop Anda tidak terlalu panas..

Demikian tulisan singkat tentang manfaat cooling pad, pengaruh cooling pad pada laptop, semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda.... :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon