Cara Mengatasi Pesan Eror 3.-1.4 Di Browser Opera Mini

Cara mengatasi eror 3.-1.4 di browser opera mini=> Jika Anda pengguna internet mobile, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya opera mini. Ya, memang browser ini di khususkan untuk pengguna mobile. Namun, penggunaan opera mini sebagai browser pilihan Anda, tidak selamanya dapat berjalan dengan mulus.
Eror 3.-1.4
Terkadang pada browser ini pun juga bisa terjadi eror, salah satunya adalah eror 3.-1.4. Nah, pada tulisan kali ini tentang penyebab eror 3.-1.4 di browser opera mini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, terkait masalah tersebut.

Awalnya, saat pertama terkena masalah ini, saya sempat kaget. Masalahnya, setiap kali browsing dan melakukan pencarian di mesin pencari google, selalu muncul tulisan seperti ini "There was a problem connecting. There might be a problem with your network setup. Please go to tools>setting and perform the connection. (error 3.-1.4)


Kode eror tersebut muncul ternyata akibat koneksi internet yang eror, atau memang tidak terkoneksi ke internet. Jika problem ini terjadi, langkah awal adalah lakukan seperti yang disarankan pada tulisan inggris tersebut.

Masuk pada "menu" di browser opera mini Anda, masuk ke tools, masuk lagi di settings, selanjutnya perhatikan di bagian bawah, atau geser scrol ke bagian bawah, dan klik pada "Network Setup"


Selanjutnya Anda berapa pada tampilan "performing test" dimana sedang dilakukan pengetesan terhadap koneksi internet Anda, dari 1 sampai 100%. Pengetesan ini membutuhkan waktu beberapa detik saja, mungkin juga menit.

Jika pengetesan berhasil, akan muncul tulisan setup has been completed. The best connection type for your device has been determined. Itu artinya, pengetesan berjalan normal dan koneksi pun siap untuk digunakan. 


Silahkan coba kembali opera mini Anda, dan mudah-mudahan berhasil. Karena saya juga pernah berhasil dengan cara ini.
Namun, jika pengetesan dari 1 sampai 100% hasilnya mengalami kendala, biasanya akan muncul tulisan "failed to connect to the internet". Go to operamini.com/help with your desktop browser or contact your service provider for internet setting.


Jika benar muncul pesan seperti itu dalam beberapa hari, silahkan cek paket internet atau pulsa Anda. Siapa tau telah habis, atau pun berada pada masa tenggang. Kemudian isi pulsa Anda, atau daftar kembali paket internet jika telah habis. Kemudian lakukan pengetesan ulang di browser opera mini Anda.

Untuk yang seperti ini, saya pernah mengalaminya. Selama tiga hari, saya tidak bisa terkoneksi ke internet, padahal paket masih sekitar 860 Mb. Dan masih bisa di pakai 10 hari lagi. Setelah saya cek, ternyata pulsaku habis, dan kemudian setelah saya isi pulsa, nyatanya internet jalan lagi.


Namun jika Anda merasa bahwa paket atau pun pulsa Anda masih ada dan beum dalam masa tenggang, kemudian koneksi masih belum bisa digunakan, kemungkinan terjadi eror koneksi di operator selular Anda.


Penutup


Para pembaca, demikianlah celoteh singkat saya tentang cara mengatasi eror 3.-1.4 di browser opera mini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon