HaL-hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjadi Teknisi Komputer (pemula)

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjadi teknisi komputer pemula=> Sesuai judul di atas, bahwa ini merupakan persiapan pemula, alias untuk orang yang baru ingin terjun menjadi seorang teknisi komputer baru. Mungkin bagi para master, ini adalah hal sepele yang tidak perlu lagi di baca. Namun bagi yang belum mengetahui dan ingin mengetahuinya, tentu akan menjadi hal yang sangat penting untuk di simak. 

Pentingnya mengetahui sesuatu yang perlu dipersiapkan untuk menjadi teknisi komputer adalah, agar Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan servis, dan tentunya berujung pada hasil yang bagus terhadap pekerjaan Anda. 
Baiklah, berikut yang perlu dipersiapkan untuk menjadi teknisi pemula 

1. Alat Servis

Alat servis sangat penting bagi seorang teknisi komputer, karena ibarat senjata bagi mereka. Tanpa adanya alat, hampir mustahil servis komputer ataupun laptop bisa dilakukan. 

Alat servis yang diperlukan untuk memulai pekerjaan Anda sangat banyak. Di antaranya adalah obeng plus, obeng minus, kuas, pendingin processor, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengetahui yang lebih banyak lagi, silahkan baca alat yang diperlukan untuk servis komputer atau laptop. 

2. System Operasi

Sistem operasi diperlukan untuk melakukan peng-instalan terhadap komputer atau laptop yang belum ada sitem operasinya. atau digunakan untuk mengisi kembali, jika ada komputer yang mengalami kerusakan sistem. 
Anda bisa menggunakan Linux, atau versi trial dari sistem windows. Hanya saja saya tidak menyarankan untuk menggunakan yang versi bajakan ya.. 

3. Program Aplikasi

Program aplikasi sangat diperlukan, untuk melakukan peng-istalan terhadap komputer atau laptop yang baru saja di instal dengan sistem operasi sebelumnya. 

Program aplikasi merupakan software yang memiliki fungsi spesifik, tergantung jenis program-program tersebut. Contoh: Microsoft office, yang mempunyai fasilitas didalamnya untuk keperluan kantor. Photoshop, aplikasi untuk edit foto, dan masih banyak lagi. 

Baca juga : Jenis software aplikasi yang perlu di instal di komputer atau laptop

4. Flash Disk

Flash disk digunakan untuk menyimpan master program aplikasi, yang kemudian dari program tersebut kita gunakan untuk meng-instal komputer atau laptop. 

5. Hard Disk External

Biasanya saya menggunakan hard disk external untuk menyimpan master-master program aplikasi yang ukurannya besar. Seperti contoh program desain grafis dan lain-lain. 

Selain untuk menyimpan master program, hard disk external juga dapat kita fungsikan untuk mem-backup data dari komputer atau laptopnya pelanggan yang akan kita instal misalnya. 

6. Satu Unit Komputer

Satu unit komputer bisa Anda pergunakan untuk menyimpan data cadangan dari hard disk external Anda. Ini hanya sekedar untuk berjaga-jaga saja jika tiba-tiba hard disk external Anda tersebut rusak. 

Monitor, mouse, keyboard dan perlengkapan lainnya pun bisa Anda pergunakan jika ada servisan masuk berupa PC. Itu karena saat pelanggan ingin memperbaiki komputer mereka, biasanya tanpa membawa perlengkapan seperti monitor dan lain-lain. 

7. Koneksi Internet

Koneksi internet sangat diperlukan, baik bagi para master maupun pemula. Koneksi internet sangat berguna jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan servis. Karena dengan bantuan google, akan memudahkan Anda mendapatkan jawaban dari masalah yang mungkin terjadi saat Anda melakukan servis.

Selain itu ini penting untuk melakukan update info-info terbaru seputar teknologi komputer, yang tentunya harus diketahui oleh seorang teknisi agar tidak ketinggalan berita teknologi komputer terbaru.

Selain update informasi, dengan koneksi internet akan memudahkan update terhadap program aplikasi yang telah usang. Contoh melakukan update antivirus terbaru setiap hari, minggu ataupun bulan.

Namun demikian, ini bukanlah hal yang wajib Anda miliki, sebab Anda pun bisa mendapatkan koneksi di warnet terdekat. 




8. Kemampuan

Untuk melakukan servis sebagai teknisi baru, Anda tentunya memerlukan sedikit pengetahuan tentang servis komputer. Karena dengan pengetahuan, akan mempercepat dan memperlancar proses kerja Anda, serta meminimalisir resiko kesalahan. Oleh sebab itu, carilah sebanyak-banyaknya ilmu tentang servis komputer terlebih dahulu meski pun baru sekedar teori saja.

Baca juga:
Tips menjadi teknisi komputer yang baik untuk pelanggan  
Jadi teknisi komputer jangan sombong

Namun, kurangnya pengetahuan jangan dijadikan beban bagi Anda untuk patah semangat. Karena jika Anda telah memiliki beberapa poin persiapan sebelumnya, Anda bisa beraksi sekarang juga sambil menambah pengetahuan dan pengalaman Anda. 

Karena dari pengalaman saya, tentang pengetahuan, ilmu dan keahlian akan bertambah dengan seiring waktu, dan juga dengan seringnya kita mendapatkan masalah dari pekerjaan kita tersebut. Demikian tulisan saya tentang HAL-hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjadi Teknisi Komputer (pemula). Semoga bermanfaat..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon