Langkah-langkah Persiapan Sebelum Membuat Blog

Langkah-langkah persiapan sebelum membuat blog=> Blog bagi saya ibarat sebuah rumah, yang sebelum membangunnya membutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Di antara persiapannya seperti : mempersiapkan semen, batu, besi, pasir dan lain-lain.

Ini dimaksudkan agar mudah di dalam proses pembangunan, sampai rumah tersebut selesai di bangun agar hasilnya memuaskan. Begitu juga dengan sebuah blog, sebelum membangunnya pun Anda juga harus mengetahui apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum membuatnya. Agar dikemudian hari memudahkan Anda di dalam mengelolanya, serta menghindari kegiatan blogging Anda kandas di tengah jalan.

Baiklah, inilah langkah yang harus di persiapkan sebelum membuat sebuah blog.

1. Kuatkan Niat Anda

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menguatkan niat Anda untuk menjadi seorang blogger. Karena dengan niat yang kuat, akan membuat Anda berusaha lebih giat nantinya, serta membuat Anda lebih percaya diri, dan tidak mudah putus asa tentunya.

Selanjutnya Anda juga harus menentuan tujuan Anda, untuk apakah membuat blog. Apakah untuk menyalurkan hobi, mengasah kemampuan menulis, berdakwah, berbagi ilmu pengetahuan dan lain-lain. Yang jelas, saya menyarankan Anda untuk membulatkan niat dengan membuat blog yang positif serta berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Dengan membaca pedoman blogger ini, diharapkan Anda menjadi blogger baru yang bernilai positif, serta memiliki karakter yang baik dan bermanfaat bagi semua orang.

Nah, untuk mengetahui pedoman ini, silahkan baca "pedoman yang harus di miliki oleh seorang blogger" yang telah saya buat.

3. Menentukan Niche Atau Topik Blog

Pada tahap ini tentukanlah topik blog apa yang Anda inginkan. Misalnya : topik tentang kesehatan, komputer, kuliner, dan masih banyak lagi. Sebaiknya hindari topik blog campuran jika Anda berniat memonetize blog Anda dengan Google Adsense di kemudian hari.

Saran dari saya, buatlah topik blog yang Anda ketahui, dan yang Anda kuasai. Karena dengan sesuatu yang Anda ketahui dan Anda kuasai, akan memudahkan Anda di dalam menemukan ide untuk membuat konten di blog Anda tersebut nantinya.

4. Menentukan Platform

Menentukan platform blog juga sangat penting. Karena dengan platform blog yang baik, akan menghasilkan blog yang berkualitas tentunya.

Banyak jenis platform gratis yang bisa Anda gunakan, seperti blogger, wordpress, blogdetik dan masih banyak lagi. Hanya saja, saya sangat menyarankan Anda untuk membuatnya di blogger, yang merupakan produk dari google. Keuntungannya tentu mudah dalam mengembangkannya di kemudian hari.

Ini juga akan memudahkan Anda dalam menghubungkan dengan produk google gratis lainnya, seperti google web master tool, google analytics, sampai mencari penghasilan dengan google adsense.

5. Menentukan Alamat Domain

Jika Anda memilih blogger sebagai tempat membuat blog Anda, maka Anda akan di beri domain gratis bawaan blogger yaitu "blogspot". Jadi nantinya Anda hanya diperkenankan untuk menambah sub domain yang Anda inginkan. Contoh : http://nama_yang_Anda_inginkan.blogspot.com hasilnya http://supangkat.blogspot.com

Nah, selanjutnya pikirkan matang-matang alamat domain yang bagus menurut selera Anda. Hanya saja, setelah berfikir cobalah segera membuatnya, karena bisa jadi bahwa alamat tersebut telah di gunakan oleh orang lain.

6. Menentukan Template Blog

Template itu ibarat desain sebuah rumah. Semakin baik dan unik bentuk dan tampilannya, semakin membuat betah pemiliknya mau pun pengunjung yang datang, untuk tinggal lebih lama di rumah tersebut.

Untuk itu, Anda harus menentukan template blog Anda dengan sebaik mungkin. Masing masing platform telah menyediakan template gratis yang siap di gunakan. Dalam hal ini, tentukan template sesuai dengan topik, dan selera Anda pastinya.

Tapi yang perlu Anda ingat, pilihlah template yang ringan, berwarna bersih dan cerah, sehingga membuat pengunjung Anda nyaman di blog Anda.

Penutup 

Para pembaca, demikianlah tulisan saya tentang langkah-langkah persiapan sebelum membuat blog. Jika Anda memiliki pengalaman tentang persiapan lain yang mungkin penting untuk dibagikan, silahkan suguhkan melalui komentar. Terimakasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon