Pengalaman Pertama Membuat Blog Dan Awal Perjalananku Menjadi Seorang Blogger

Sebenarnya saya bingung harus memulai tulisan ini darimana. Masalahnya saya juga sudah lupa kapan pertama kali membuat blog. Yang saya ingat dan masih saya kenang adalah proses-proses pendaftaran sampai memilih alamat blog yang super keren.
awal perjalanan menjadi blogger
Baiklah akan saya mulai saja dari awal mula saya membuat blog terlebih dahulu. Jadi awal mengenal istilah blogging, yaitu dari seorang instruktur, yang mengajar mata kuliah tentang LAN pada waktu saya kuliah multi profesi Diploma 1 beberapa tahun yang lalu.

Saat itu beliau menceritakan kepada seluruh madya siswanya tentang perbedaan blog dengan website. Kemudian beliau sambil memperlihatkan secara langsung blog miliknya. Sebenarnya ini di luar materi yang dibawakan, selain itu masalah blog tidak ada dalam jurusan yang saya ambil.

Namun beliau mau berbaik hati, dan bersemangat sekali membagikan ilmu gratisnya kepada kami, yang waktu itu sebagai murid-murid baru. Nah, saya terus perhatikan beliau bicara, dan semuanya pun tampak antusias mendengarkannya.


Tapi jangan salah, untuk saya sendiri memang terlihat fokus dan memahami penjelasan beliau. Namun yang sebenarnya terjadi adalah kebengongan tingkat tinggi dan mengeluarkan informasi yang masuk dari kuping kanan ke kuping kiri.

Meskipun telah dijelaskan secara gamblang, namun masih saja saya bertanya di dalam hati, apa itu blog? apa itu website? dan apa sih yang di omongin? Maklum, baru pertama sekali mendengar istilah yang terdengar asing ini.

beberapa waktu kemudian semuanya saya lupakan, dan tak pernah lagi saya dengar istilah-istilah seperti itu. Sampai suatu hari, di tahun 2010 saya telah lulus dan bekerja di salah satu toko komputer di kota palu, dan menjadi seorang teknisi komputer.

Nah disitulah saya sering berinteraksi dengan internet, sehingga iseng-iseng mencari informasi di google tentang "cara membuat blog gratis". Akhirnya saya mendapatkan tutorialnya, dan segera mempraktekkannya.

Entah telah membuat blognya atau baru sekedar membuat akun di blogger, yang jelas, apa yang barusan saya buat, saya tinggalkan begitu saja. Ya maklum, mungkin karena belum memiliki tujuan ngeblog yang pasti, sehingga kegiatan ini saya tinggalkan.

Akhirnya, semangat ngeblog pun timbul lagi setelah saya pindah tempat kerja di toko lain. Jadi awalnya juragan baru saya menceritakan tentang temannya yang sukses menjual laptop ke berbagai daerah melalui media online. Kemudian beliau menyarankan saya untuk membuat blog, supaya bisa memasarkan produk beliau dan saya bisa mencari keuntungan dari situ.

Bisa Anda tebak apa yang saya lakukan? Yah.. benar demi uang, semangat pun berkobar layaknya ikut perang di tahun 45, dan keinginan pun menggebu-gebu layaknya ingin (sensor) di malam pertama xixixi..

Langsung tak lama setelah itu, saya pun benar-benar akan membuat blog tentang toko komputer online. Setelah memikirkan matang-matang, akhirnya blog yang paling venomenal pun selesai dengan alamat domain http://toko-komputer-shop-online.blogspot.com xixixi..

Oh ya Allah memang benar, inilah alamat domain keren yang saya sebut di awal. Dan inilah blog venomenal pertama saya. Kenapa venomenal? Ya iyalah, mana ada blog yang alamat domainnya seperti kereta api selain ini? lagian mana ada yang percaya dengan blog gratisan? he he he..
Orang bilang panas-panas tai ayam. Nasib si venomenal ini pun terbengkalai lagi, tak terurus, dan kemudian saya tinggalkan begitu saja tanpa adanya konten dan penghasilan :(

Sepertinya saya merasa bahwa ngeblog itu tidak ada gunanya. Namun, lagi-lagi ada yang memancing saya untuk beraksi lagi. Kali ini dari teman kerja saya, yang menunjukkan blognya sambil berkata "gini dong..harus punya blog".

Akhirnya, saya pun tidak mau kalah sebagai karyawan yang lebih senior. Dan blog baru pun saya buat dengan alamat domain http://abang-palu.blogspot.com. Ini merupakan blog yang Anda baca saat ini, dan sekaligus menjadi blog kesayangan saya.

Berbagai pengalaman servis pun saya tulis di sini, dengan niat semangat berbagi. Terlebih saat ada komentar pertama di tulisan pertama saya, duh semakin menambah semangat untuk menulis. Bagusnya lagi, blog ini sudah menghasilkan. Meski pun tidak banyak, tapi Alhamdulillah ini juga yang membuat saya terus berkarya menjadi seorang blogger, sampai hari ini.

Demikian tulisan saya tentang Cerita awal membuat blog dan perjalanan menjadi seorang blogger, semoga menghibur. Sekarang bagaimana dengan Anda?

6 komentar

Kalau saya lebih suka membuat blog gratis dengan menggunakan control panel CPANEL pada webhosting gratis, saya biasanya menggunakan hosting gratis untuk pembuatan website pada beberapa tempat, misalnya: webhosting.web.id atau di sentorahost.com, atau bisa juga di ppnz.org. Semoga bermanfaat

terima kasih gan,, saya belum pernah menggunakan hosting baik yang gratis atau yang bayar.. :D

Tenkiu uda bagi pengalamannya gan.. Salam blogger

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon