Tips : Cara Menghemat Waktu Dan Uang Online Di Warnet

Cara menghemat uang saat online di warnet=> Di awal kalimat ini, saya akan berkata tidak ada warnet yang memberikan izin kepada kita untuk online gratis. Jadi intinya, Anda masuk gratis tapi keluar harus membayar.

Banyak sedikitnya pembayaran, itu tergantung seberapa lama Anda duduk. Oleh karena itu, terkadang Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan karena duduk terlalu lama, padahal hanya untuk mencari sesuatu yang seharusnya bisa Anda lakukan dalam waktu yang cukup singkat.

Mungkin tidak terasa jika Anda online di warnet hanya sebulan sekali. Namun, bagaimana jika Anda butuh internet setiap hari? tentu akan sedikit menguras keuangan Anda. Jika dihitung dengan pengeluaran online Anda 10 ribu rupiah per hari, berarti dalam sebulan Anda harus mengeluarkan uang kurang lebih 300 ribu.

Coba bayangkan jika Anda bisa sedikit menghemat, tentunya sisa uang tersebut bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya bukan? Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui pengalaman saya menghemat uang ke warnet di bawah ini, agar pengeluaran Anda bisa di minimalisir lagi.

Cara menghemat uang online di warnet
 
1. Fokus

 
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah fokus pada apa yang akan Anda kerjakan di warnet. Misalnya ada tiga tugas Anda, yaitu mengirim email, membuat blog gratis, dan membuat akun di google. Jadi Anda harus fokus pada tiga tujuan Anda tersebut dan meninggalkan yang lainnya dulu.


Terserah Anda mau yang mana duluan yang akan Anda kerjakan, yang jelas perioritaskan untuk ketiga pekerjaan ini. Semua itu sudah jelas, dimaksudkan untuk lebih menghemat waktu Anda.

2. Buatlah Catatan

 
Langkah kedua ini, buatlah sebuah catatan tentang apa yang akan Anda lakukan jika telah di warnet. Ini untuk mencegah terjadinya kelupaan, jika Anda telah duduk di depan komputer.

Bayangkan jika Anda harus bengong terlalu lama hanya untuk mengingat-ingat apa yang akan Anda kerjakan. Ini hanya akan memperlambat kerja Anda, yang tentunya bisa memperlama waktu duduk Anda.

Berapa pun tugas Anda, terlebih jika itu banyak, maka Anda wajib membuat sebuah catatan guna mengingatkan Anda. Catatan ini bisa Anda tulis di selembar kertas, atau pun disimpan di konsep hand phone Anda.

Jika Anda membuatnya di selembar kertas, buatlah daftar dan berikan nomor pada masing-masing tugas. Dengan demikian Anda lebih mudah mengetahui berapa tugas Anda.

Urutkan dari yang terpenting terlebih dahulu, kemudian di ikuti dengan tugas-tugas lainnya. Kerjakanlah dari urutan pertama atau tugas yang paling penting. Ini juga untuk berjaga-jaga jika saat Anda bekerja, tiba-tiba saja mati lampu. Jika hal itu terjadi, setidaknya Anda telah menyelesaikan beberapa tugas yang paling penting tentunya.


3. Hindari Dulu Bermain-main Dengan Social Media
 
Percayalah bahwa membuka social media seperti twitter atau facebook, hanya akan mengulur-ulur kerja Anda. Saya yakin sekali, Anda bisa terlena dibuatnya. Sehingga Anda pun tidak fokus dengan hal yang lebih penting, yang menjadi tujuan utama Anda.

Sebenarnya tidak ada salahnya menghibur diri, atau sekedar menghilangkan stres dengan berfacebook ria. Namun, karena tema tulisan ini adalah tentang bagaimana agar biaya online di warnet tidak banyak, untuk itu, tolong ya di praktekkan dulu :D

4. Tentukan Target Waktu Kerja Anda


Langkah keempat adalah menentukan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengerjakan tugas Anda. Maksudnya Anda harus memperkirakan, kira-kira butuh berapa menit atau jam untuk menyelesaikan tugas Anda tersebut.


Kita ambil contoh, Anda menargetkan waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan tiga tugas Anda adalah 15 menit. Nah, dengan demikian Anda akan terpacu dan termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan Anda sesuai target yang Anda tentukan.

5. Gunakan Kecepatan

 
Pada tahap kelima ini, gunakan kecepatan Anda. Keluarkan semaksimal mungkin kemampuan Anda untuk mengerjakan semua tugas Anda dengan secepat mungkin. Ini dimulai dari detik pertama saat waktu billing di komputer mulai berjalan.

Kecepatan di sini banyak, bisa kecepatan mengetik, memainkan mouse, dan lain-lain. Efeknya akan terasa jika Anda padukan dengan cara fokus, dan sambil melihat catatan yang telah Anda buat sebelumnya.


6. Ambil Paket Waktu
 
Ada kalanya Anda ingin mengerjakan tugas yang banyak. Untuk itu Anda juga memerlukan waktu yang lebih lama lagi. Nah, agar menghemat uang Anda, ambillah paket waktu di warnet tersebut.


Biasanya, setiap warnet memberikan dua pilihan pembayaran. Yang pertama adalah pembayaran personal, di mana Anda harus membayar sesuai lamanya waktu online Anda. Yang kedua adalah pembayaran paket, yang biasanya telah ditentukan harga per paketnya, misalnya paket 2 jam, 3 jam dan seterusnya.

Jika biaya personal 4000 rupiah per jamnya, maka harga paket biasanya lebih murah yaitu 7000 rupiah per 2 jam. Jadi, jika di rata-ratakan, berarti 1 jamnya hanya 3500 rupiah saja. lebih hemat kan?


7. Jika Pekerjaan Dan Tugas Telah Selesai, Cepatlah Pulang
 
Di tahap ke tujuh ini, hanya menuntut ketegasan Anda, untuk segera melakukan klik pada tombol stop yang ada di kotak timer billing. Tentunya ini berlaku untuk pembayaran personal seperti yang saya sebut sebelumnya. Jika Anda ambil paket, kan sayang jika harus pulang dengan meninggalkan sisa waktu. 


Nah, ketegasan diperlukan agar Anda tidak tergoda dengan hal-hal lain yang mungkin bisa membuat Anda lebih berlama-lama lagi. Anda harus tau bahwa membuka ini, membuka itu, hanya akan membuat waktu Anda tidak terasa dan pastinya menambah beban biaya Anda.
 
Para pembaca, demikian tulisan saya tentang tips bagaimana caranya menghemat waktu dan uang online di warnet, semoga bermanfaat. Kiranya ada kekurangan, dengan senang hati saya persilahkan kepada Anda untuk menambahkannya di kotak komentar. Terimakasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon