Jenis Software Aplikasi Yang Perlu di Instal di Komputer Atau Laptop

Jenis program aplikasi yang perlu di instal di komputer atau laptop=> Saya sering mendapatkan Laptop atau pun komputer yang memiliki banyak sekali program aplikasi di dalamnya. Namun lucunya, pemiliknya justru tidak mengetahui apa semua program-program tersebut, dan apa pula fungsinya.

Mereka mengatakan bahwa keadaannya sudah seperti itu, sejak mereka membeli laptop mereka. Waduh-duh duuuh.. nampaknya rumit juga ya ceritanya..

Sungguh sangat disayangkan jika komputer atau laptop Anda di isi dengan program-program yang tidak jelas, tidak diketahui fungsinya, bahkan bisa jadi program tersebut tidak terlalu penting untuk digunakan.


Dengan membaca tulisan ini, diharapkan kepada Anda agar mengetahui software apa saja yang perlu di instal di komputer maupun laptop Anda, untuk mengurangi efek buruk dari software aplikasi yang tidak begitu berguna bagi Anda.

Jenis Software Aplikasi Yang Perlu Di Instal Di Komputer,
netbook/Laptop
 
1. Program Office
 
Program office ini wajib ada, karena sangat berguna untuk berbagai keperluan kantor. Sebab di dalam program office ini terdapat program-program lagi yang memiliki fungsi khusus, seperti buat mengetik, buat perhitungan, buat data base sistem dan lain-lain.


Baca juga: Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjadi teknisi komputer pemula

Untuk program office sendiri Anda bisa menggunakan Microsoft Office atau Open Office.

2. Software Design Grafis
 
Aplikasi ini berfungsi untuk mendesain, membuat logo, memanipulasi foto dan lain-lain. Untuk aplikasinya Anda bisa menggunakan Corel Draw, Photo shop, Photo Shine dan masih banyak lagi.

 
3. Antivirus
 
Aplikasi ini harus ada karena fungsinya yang sangat pengting, yaitu untuk menjaga dan melindungi komputer dari serangan virus. Antivirus juga dapat digunakan untuk melakukan penghapusan terhadap virus yang ada di dalam komputer tersebut.


Untuk antivirus yang sering saya gunakan yaitu Avira dan Smadav. Mungkin ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua antivirus ini. Makanya, saya lebih suka menggandengkan keduanya supaya hasilnya lebih baik.

Baca juga:  

-Smadav, antivirus lokal buatan indonesia terbaik kebanggaanku
-Mengapa komputer dan laptop menjadi lambat setelah diinstal antivirus avira?

4. Browser
 
Browser ini berfungsi sebagai jembatan, agar pc komputer dan notebook dapat terhubung ke internet. Contoh aplikasi browser seperti: google chrome,
Mozilla firefox opera dan lain-lain.
 
5. Aplikasi Flash
 
Aplikasi ini harus ada karena fungsinya yang sangat-sangat penting, yaitu untuk menonton video di internet seperti video di youtube dan lain-lain. Contoh aplikasi flash ini yaitu adobe flash player.

 
6. Pemutar Video
 
Aplikasi pemutar video juga sangat penting, karena digunakan untuk memutar video dari berbagai format, seperti: MP4, 3GP, MPG, FLV dll. Nah, sedangkan contoh pemutar video seperti: power dvd, gom player, k-lite media player dan masih banyak lagi.

 
7. Pemutar Audio
 
Aplikasi ini di khususkan untuk memutar berjenis audio seperti musik atau audio lainnya. Namun, kebanyakan aplikasi pemutar audio sekarang juga bisa untuk memutar file video meskipun tidak semuanya. Untuk Contoh aplikasi pemutar audio seperti: winamp, aimp, jet audio dan masih banyak lagi.

 
8. Pembuka File PDF
 
Software ini juga harus ada, karena digunakan untuk membuka dan membuat file PDF. Contoh : Adobe reader, foxit reader, sumatra PDF, dan masih banyak lainnya.

 
9. Pembuka File Rar dan Zip
 
Anda juga harus memasang aplikasi pembuka file rar dan zip, tentunya karena fungsinya yang sangat penting, yaitu untuk membuka file rar dan zip, serta berfungsi mengecilkan ukuran file dengan memasukkannya di dalam foder "rar".

Contoh : Aplikasnya yaitu Win Rar dan Win ZIP.

 
10. Kamus
 
Kamus software sangat bermanfaat untuk menerjemahkan bahasa inggris ke Indonesia, atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke inggris. Contoh : Trans tool, translator xp dan masih banyak lagi.

 
11. Web Cam Universal
 
Aplikasi web cam atau kamera universal harus di instalkan di laptop atau komputer yang memiliki kamera tentunya. Contoh: webcam max

 
12. Pembersih
 
Jenis program ini digunakan untuk membersihkan sampah-sampah komputer yang berasal dari recycle bin, dari temporer, browser dan lain-lain. Contoh software pembersi yang paling saya sukai adalah C-Cleaner.


Baca juga:  Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer

13. Pemburning CD dan DVD
Jenis program aplikasi ini berfungsi untung memburning, atau mencopy cd ke cd, dvd ke dvd, atau pun data ke cd dan dvd. COntoh aplikasinya adalah Nero.
 
Anda baru saja membaca tulisan saya tentang jenis software aplikasi yang perlu di instal di komputer atau laptop. Saran saya, untuk masing-masing jenis software, jumlah yang di instal jangan smpai melebihi 3 buah ya.. ini untuk menjaga agar laptop atau komputer tidak terbebani.
 

Kemudian jangan lupa, meskipun jenis-jenis program-program tersebut penting, sesuaikanlah juga dengan spesifikasi laptop atau komputer yang akan di isi, agar tidak memberatkan.
 
Misal untuk software desain, jika tidak terlalu digunakan boleh ditinggalkan. Terlebih jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang rendah. Selamat mencoba..

4 komentar

Thanks utk informasinya cukup membantu

Saya punya notbook baru, tetapi lemot dan sering hang. Saya ingin mengunintall aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak perlu dan jadi penyebab lemotnya notbook. Apakah pengaruh kalo aplikasi abdocs, abDocs Office Addin, abFiles, abPhoto, Acer Care Center, Acer Power Management, Acer Quick Access, dan Acer UEIP Framework diunintall terhadap notbook?

yang quick acces, power management, dan ueip framework jangan diuninstal gan, itu penting.. kalau yang lain silahkan :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon