Penyebab Dan Cara Mengatasi Tanggal Jam DI Komputer Laptop Berubah Sendiri

Ada kasus di beberapa laptop dan komputer yang cukup membingungkan. Saat menghidupkan komputer atau laptop, pasti jam dan tanggal di komputer atau laptop tersebut selalu berubah dan kembali ke beberapa tahun silam. Padahal sebelumnya selalu diupdate dengan date and time sekarang, tapi setelah komputer dimatikan, maka saat dihidupkan kembali muncul lagi masalah yang sama.


cara mengatasi jam dan tanggal di komputer tereset terus

Sebenarnya masalah ini tidak berpengaruh terhadap sistem operasi sih, hanya saja, untuk beberapa aplikasi seperti browser, saat digunakan untuk online pasti menimbulkan masalah. Jika di mozilla firefox, muncul connection is untrusted. Tapi kalau google chrome, maka akan muncul pesan eror your connection is not private. Yang jelas, kalau pesan-pesan eror tersebut muncul, biasanya aplikas browser tidak bisa digunakan untuk browsing lagi.

Tentu, yang harus dilakukan adalah memperbarui jam dan tanggal di windows, agar masalah-masalah tersebut bisa teratasi, dan Anda bisa menggunakan browser untuk browsing lagi. Namun, sayangnya jika terus-terusan seperti itu kan ribet namanya. Apa lagi saat ingin segera internetan, kok minta update-update tanggal melulu. Bosan kan?

Itu baru masalah browser. Nah, kalau tanggal dan jam tereset ke settingan komputer awal, maka saat startup (pertama komputer dan laptop dihidupkan) akan memunculkan pesan-pesan yang kadang buyinya seperti ini. The cmos ceksum eror blablabla yang sebagiannya bahkan tidak kita mengerti. Dan selalu meminta untuk ditekan tombol F1 untuk melanjutkan masuk ke windows. Walah, ribet di awal, ribet juga di akhir namanya nih.

Sebenarnya apakah yang membuat tanggal atau waktu di komputer itu selalu tereseta atau berubah meskipun telah diperbarui?


1. Baterai bios/Cmos sudah lowbat


Saat baterai C-mos telah lowbat, maka baterai tersebut tidak bisa mempertahankan bios, agar tetap terjaga pada settingan yang diinginkan pengguna termasuk merubah tanggal dan jam. Nah, jika baterai C-mos telah lowbat, maka otomatis apa yang Anda simpan termasuk jam dan tanggal yang barusan Anda ganti akan tereset kembali jika komputer dimatikan.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan ganti baterai cmos komputer atau laptop Anda dengan yang baru. Insya Allah masalah akan teratasi. Baterai cmos harganya murah kok. Sekitaran 5 ribu Anda sudah bisa memiliki satu biji.


2. Kerusakan mainboard

Dulu saya juga pernah mendapatkan kasus beberapa komputer atau laptop yang jam dan tanggalnya selalu berubah saat dimatikan dan dihidupkan kembali. Tapi, setelah baterai cmosnya sudah saya ganti, masalah pun masih tetap sama.
Cek per cek, mainboard yang bermasalah. Jadi kalau dilogikakan seperti ini: karena ada beberapa komponen bagian mainboard yang telah rusak, sehingga suplay daya baterai dari baterai c-mos tidak sampai ke bios. Makanya meskipun diganti dengan yang baru pun masalah akan terus kembali.


Untuk mengatasi masalah ini, ya mainboar komputer atau laptopnya harus diperbaiki terlebih dahulu. Tapi kalau Anda belum bisa memperbaikinya sendiri, alangkah baiknya kalau dibawa ke tempat servis komputer saja. Kemudian kalau mainboard Anda tidak bisa diperbaiki, maka jalan terbaik adalah dengan cara menggantinya dengan yang baru. Tapi, ya biayanya juga cukup lumayan. Jadi itu terserah Anda apakah menggantinya, atau membiarkannya tetap dalam keadaan jam dan tanggal kembali terus.

Sobatku semua, jadi untuk jam dan tanggal yang kembali lagi pada komputer setelah diupdate, ada beberapa penyebabnya. Silahkan dianalisa dulu satu persatu dari yang pertama, yaitu mengganti baterai c-mosnya. tapi kalau setelah Anda menggantinya  jam dan tanggal masih tetap bermasalah, ya cara kedua silahkan dicoba.

Sekian dulu tulisan saya tentang cara mengatasi tanggal dan jam di komputer dan laptop yang selalu berubah saat dimatikan, semoga bisa memberi manfaat kepada sobatku semuanya. Yuk saling berbagi. Jadi kalau ada yang pernah mengalami seperti masalah yang kita bahas ini, boleh disahre di sini.

34 komentar

salam gan..sy baru instal ulang kompi sy dgn win7 lantas timbul permasalahan yg sama..hmmm membosankan!!

Sangat bermanfaat... terimakasih gan atas infonyaaa...

Thank you very much, it's really helping (y)

Punya sya mlah klbihan 5 jam gan. Sudah diatur. Tpi klo d matikan klebihan 5 jam lagi

ganti baterai c mosnya gan.

loh, baru tau ane gan yang kelebihan gitu he he..

Saya pakai motherboard Gigabyte 78LMT-S2P, beli sekitar awal tahun 2014, dan 2 minggu terakhir ini punya masalah yang sama, jam dan tanggal selalu tereset ke jam 0.00 1/1/2012, bahkan setelah saya install ulang os masalah tetap sama, tapi ga setiap direstart berubahnya, setelah 2 hari diupdate. Apa ini krn batere cmos nya low bat ya gan? Padahal motherboardnya kan belum lama beli. Terus kalau sy lepas batere cmos nya harus dengan alat khusus atau pake tangan aja gan? Maklum belum pernah berurusan dgn batere cmos sebelumnya, hehe. Terimakasih atas jawabannya gan.

untuk mengetahui baterai cmosnya atau bukan, coba matikan komputer, cabut kabel power yang dari listrik supaya tidak ada setrum yang masuk ke mobo gan.. biasanya kalau memang benar beterai cmosnya yang masalah, pas dihidupin lagi setelah kabel dicabut tadi, tanggal langsung tereset. Atau kalau mau yang lebih akurat ya harus diganti pakai baterai cmos yang lain dulu.. alat gantinya pakai obeng plat gan.. :)

kalau berubahnya cuma kalau stavolt dimatikan gimana ya.
jadi kalau stavol ga dimatikan, jamnya bisa nyimpan gitu. trims

salam bos. saya ada masalah ni. bateri jam semua baru. masalah nya. jam saya ini ada gila sedikit.. contoh 11.30 kita set xlama kemudian jam itu tidak bergerak lalu masa akan tertinggal.. apa masalah dia nie? virus ke apa?

jam komputer kan bos? Coba instal ulang windowsnya..

gan, apakah akan mereset ulang pada komputer setelah melepas batrai CMOS, apa semudah itu melepas dan menggantikan dengan yang baru, apakah ada settingannya ...

kalau habis lepas baterai cmos tidak ada yang perlu disetting kecuali diperlukan pada bagian BIOS gan,, itu pun kalau laptop, cuma mau setting IDE dan AHCI saja supaya laptop gak blue screen.. terus tanggal pasti kereset.. itu juga perlu disetting

kalau batteray laptopnya memang udah ndak bisa digunakan berpengarunh juga ndak min? trims...

yang bikin pengaruh itu bukan baterai laptopnya gan,, tapi baterai C-MOS yang ada di mainboard laptopnya.. kalau baterai cmos itu udah lowbat ya bakal pengaruh..

Blue screen boss malah kagak bisa hidup, sudah ganti baterai C-mos Rp6500 malah blue screen mau install ulang Rp55 rebu -_- Rp62 rebu asem

Tapi makasih ilmunya boss

@rizal: bluescreen coba cek hdd atau memorinya gan.. kalau bermasalah, bisa jadi bluescreen.. atau bisa juga sistemnya sih.. :)

Masa sih nih mainboardnya?? hadeeh menyedihkan bgt harus beli baru. tdnya beda 7 hari setelah gnti baterai jadi ke 2011 dah.

suruh cek tukang servis aja gan.. siapa tau bukan mainboarnya..

Dvr cctv saya masalah jg jam nya gan.. walaupun udah di ganti batrai cmos nya.. kira2 cmos nya klo di servis di tempat komputer bisa gak ya ?

ada yang bisa ada yang gak gan... lebih baik langsung dibawa ke spesialis cctv aja..

Pnya saya smenjak laptop d inul win 8 all in 1 mlah tmbul masalah kayak gini,?.. Itu kenapa ya,blom saya cpba inul os yg laen sih

coba dikembalikan lagi ke windows sebelumnya gan.. coba dulu apakah masalah masih sama..?

kalau pc saya punya, waktu kereset sampe tahun 2061.. itu gmna ya? (pc nya desktop yang tdk dipasang UPS), jd kalau pas mati lampu selalu reset nya jauh ke depan

wew? baru tau saya ada pc kereset kedepan he he.. ganti aja baterai c mosnya gan.. :)

kalo jam melambat kenapa ya? mohon bantuannya

coba ganti baterainya aja gan,, baterai c mosnya.. gak mahal kok

bsok saya coba gan ganti batrei cmos. soalnya pc q jam nya g brubah kalo habis di matikan pc nya

Numpang tanya gan .. laptop saya justru bermasalah setelah di install ulang.. padahal sebelumnya baik2 saja
Apakah ini karena batre Cmos nya juga ya ?

bisa jadi gan,, tapi alangkah baiknya dicek lebih lanjut..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon