Cara Cek Tes Kecepatan Internet Di Komputer Sendiri

Cara Cek tes Kecepatan Internet Di Komputer Sendiri-Bagi Anda pengguna internet, mungkin pernah merasa bahwa koneksi internet di rumah Anda lambat. Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya, itu tidak akan saya bahas di sini. Karena tulisan ini bukan untuk mengatasi koneksi yang lambat lo ya. Tapi lebih kepada mengetahui speednya saja.

Apa untungnya kalau mengetahui kecepatan internet yang kita miliki? Tentu sangat banyak. Dengan mengetahuinya, paling tidak Anda bisa memastikan apa yang membuat internet di rumah Anda menjadi lambat. Jadi kalau setelah dicek atau dites ternyata koneksinya normal, maka bisa jadi ada hal lain yang membuat internet Anda menjadi lambat. Misalnya komputer yang bervirus dll. 

Tapi kalau setelah dicek ternyata kecepatannya memang kurang, ya Anda bisa komplain kepada jasa profider internet tempat Anda berlangganan. Selain itu, ini untuk memastikan apakah kecepatan internet di rumah Anda yang Anda pesan dari profider internet sesuai dengan yang mereka janjikan atau tidak. 

Kan bisa jadi mereka bilang Anda akan mendapat koneksi dengan kecepatan 512 Kbps. Tapi setelah Anda cek, ternyata kurang jauh dari itu.. Contoh 100 Kbps dll. Nah, kalau Anda tidak ingin dirugikan, mungkin Anda bisa mengajukan komplain bukan? Namun sebelum itu, ya Anda harus bisa membuktikannya dulu. Paling tidak buktinya dengan memperlihatkan kecepatan internet di rumah Anda menggunakan tools yang akan kita pakai dalam tutorial kali ini.

Langsung saja, berikut cara mengetahui kecepatan internet di komputer sendiri.

1. Anda harus masuk ke alamat ini terlebih dahulu speedtest.cbn.net.id Setelah itu, klik tombol begin test seperti gambar berikut.

cara mengetahui kecepatan internet
2. Setelah Anda klik tadi, maka akan ada proses untuk mengecek kecepatan upload dan cek kecepatan download dari koneksi internet Anda seperti ini.

cara tes kecepatan internet

3. Nah, berikut adalah yang ditunggu-tunggu. Yaitu hasil dari speed test internet kali ini.


Perhatikan pada bagian speed. Ada dua tipe disitu yaitu download speed dan upload speed. Pada download speed, itu adalah kecepatan download internet Anda yaitu sebesar 14.56 Mbps atau sekitar 1.456 Kbps. Sedangkan upload speed, itu adalah kecepatan upload internet Anda yaitu sebesar 13.16 Mbps atau kurang lebih sekitar 1.315 Kbps.

Yang perlu diingat adalah, antara kecepatan download dan upload tidak selalu sama. Bisa jadi downloadnya lebih cepat dan uploadnya yang lebih lambat, atau bisa jadi juga sebaliknya yaitu uploadnya yang lebih cepat dan downloadnya yang lambat. Tentu itu tergantung kondisi internet saat itu. Karena koneksi internet itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dijamin bakal stabil. Dalam artian, bisa naik, bisa juga turun dalam kurun waktu yang singkat.

Sebenarnya masih banyak tools cek kecepatan internet terbaik yang bisa digunakan. Hanya saja, untuk yang lain saya belum bisa bagikan di sini. Karena saat ini, speed test yang paling sering saya gunakan adalah yang barusan saya bagi tersebut.

Yah, saya cuma berdo'a saja, mudah-mudahan Anda berhasil mempraktekkannya ya sobat. Demikian tulisan saya tentang Cara Cek Tes Kecepatan Internet Di Komputer Sendiri, semoga bisa membantu. Saya sangat senang kalau Anda memberi masukan atau share artikel ini.

2 komentar

cek kecepatan koneksi internet bisa juga pakai speed test cbn atau fast.com

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon