Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger

Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger-Untuk membuat sebuah blog tampak profesional, maka syarat yang harus ada adalah adanya laman khusus tentang contact/kontak. Laman kontak berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi pengunjung sebuah blog yang ingin menghubungi admin blog tertentu dengan berbagai tujuan.

Begitu pentingnya laman contact sebuah blog, mewajibkan seorang blogger untuk memajang contact di blog yang dimilikinya. Apa lagi jika Anda ingin mencari uang dari google adsense, maka contact adalah salah satu syarat wajib agar blog Anda diterima sebagai publisher iklan di google adsense.

Ada banyak cara membuat menu contact di blog. Ada yang menyukai menyediakan contact melalui tulisan, ada juga yang melalui kotak form. Jadi bedanya adalah kalau melalui tulisan berarti Anda membuat sebuah laman yang menjelaskan tentang contact Anda yang termasuk di dalamnya yaitu nomor HP, Alamat social media (facebook, twitter, G+ dll) dan juga tentunya alamat email Anda. 

Sedangkan contact dalam bentuk form yaitu, Anda tidak perlu menjelaskan kepada pembaca melalui apa mereka harus menghubungi Anda. Karena kotak form tersebut bisa diisi dengan mudah. Mungkin Anda bisa melihatnya seperti gambar berikut.


contact form di blog

Dengan form tersebut, pengunjung pasti akan lebih mudah menghubungi Anda jika mereka menginginkannya. Karena untuk menghubungi Anda, mereka hanya cukup mengisi nama di kolom nama, e-mail mereka di kolom e-mail, dan selanjutnya pesan mereka di kolom pesan. Kemudian centang saya bukan robot, dan klik send message. Begitu mudah bukan?

Tentu form ini memudahkan pengunjung dan juga Anda sendiri sebagi admin blognya. Jika ada pertanyaan dari pengunjung melalui kontak, maka Anda hanya cukup memeriksanya melalu email saja. Jadi tidak perlu ngecek facebook, twitter dll. Begitu pula bagi pengunjung. Mereka tinggal buka email mereka saja maka mereka sudah bisa mendapatkan balasan dari admin blog yang mereka hubungi.

Nah, selain kemudahan, contak dalam bentuk form ini terlihat lebih profesional lo sobat. Jadi kalau Anda ingin membuat web/blog yang lebih profesional lagi maka saya sarankan untuk membuat contact form seperti ini.

Kemarin saya juga membuatnya. Tapi bukan untuk blog ini ya.. untuk blog saya yang satunya lagi. Inya Allah ke depannya saya juga akan membuatkan form kontak untuk blog yang ini. Untuk caranya bisa dibaca lebih lanjut saja ya..


Cara membuat form contact di blogger/blogspot


Untuk membuat contak form ini, langkah awal adalah Anda harus masuk di SINI dulu. Setelah masuk, ada 3 poin yang perlu Anda isi. Yaitu settings, advanced settings dan target email adress.

1.  Kita masuk bagian settings dulu. Bagian ini adalah untuk memilih elemen apa semua yang nantinya Anda sertakan dalam form contact Anda. Tapi secara default yang dipilih atau dicentang hanyalah NAME dan E-MAIL (beserta required field). Jadi silahkan pilih saja mana yang Anda ingin sertakan dalam kontak form Anda. Tapi kalau saya sih suka yang simpel. Jadi saya biarkan saja secara default.
cara membuat contact form di blog
2. Sekarang kita alihkan pandangan ke bagian bawah, dan perhatikan pada advaced settings dan target e-mail address. 


NOTE: Bagian advanced setting, yang diberi kode YOUR OPTIONS (no 1) tersebut adalah tempat untuk menata tampilan dari form kontak yang Anda inginkan. Misalnya backgroundya warna apa, warna font/hurufnya seperti apa, jenis font/huruf seperti apa, dan ukuran hurufnya berapa. Silahkan isi sesuka hati Anda. Sedangkan pada kolom YOUR E-MAIL ADDRESS (no 2), isi dengan e-mail yang Anda gunakan untuk menerima setiap pesan dari pengunjung Anda. Kalau sudah, centang pada SAYA BUKAN ROBOT (no 3). Nah, lanjut lagi klik CREATE FORMULAR (No 4)

3. Setelah itu akan ada tampilan yang memberikan kode html kepada Anda. Kode tersebut juga dikirimkan ke email Anda lo sobatku. Silahkan periksa e-mailnya juga kalau mau ya..Tapi kalau tidak mau ya sudah, kita gunakan saja code yang diberikan seperti gambar berikut.
4. Copy kode yang diberikan, kemudian buatlah sebuah laman baru di blog Anda, dan beri judul Contact atau kontak. Tapi judulnya bukan mutlak harus seperti itu ya.. Anda bisa berkreasi sendiri kok. Misalnya contact us, contact me, dll. 



5. Setelah Anda berada pada laman editor baru Anda, klik pada mode HTML seperti gambar berikut dan paste kode yang Anda copy tadi, kemudian langsung klik publikasikan saja. Karena kalau dipratinjau biasanya tidak mau muncul preview dari formnya, dan hanya bertuliskan foxyform saja. Klik gambar untuk memperbesar ya..



Sobatku, sekarang Anda telah berhasil mempercantik dan membuat blog Anda terlihat lebih profesional lagi dengan contact form ini. Wah, harapannya mudah-mudahan pengunjung semakin senang ya berkunjung dan belajar di blog Anda.

O iya, Anda juga bisa menambahkan beberapa kalimat di menu contact Anda, dan menaruhnya di atas contact formnya. Misalnya begini: "Bagi yang ingin menghubungi admin, silahkan kontak melalui form di bawah ini". Kalau begitu kan kesannya lebih cantik lagi iya kan?

Baiklah sobatku, demikian saja tulisan saya tentang cara membuat contact form di blog, semoga bisa diterapkan dengan baik. 

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon