Saat Lebaran Visitor Blog Ini Anjlok Jlok

Hari ini, setiba di palu, saya langsung menghidupkan komputer. Tentu, alasannya karena sudah kangen saja dengan aktifitas blogging. Maklumlah, sudah seminggu tidak menulis artikel jadinya tangan ini sudah gatal.

Saat saya masuk ke blogger, pertama yang ingin saya ketahui adalah jumlah pageview di blog ini pada masa-masa lebaran. Waduh, saya sempat kaget juga awalnya. Masalahnya, lha kok page viewnya jadi anjlok abis. Dari yang biasanya di atas 1000 page view, ee pada tanggal 17 juli pas lebaran kemarin cuman 728. WOw, turun drastis... Bisa dilihat seperti gambar berikut ini.

penurunan jumlah pengunjung blog saat lebaran

Kemudian saya lakukan pengecekan di google analytics. Saya ingin tahu lebih lanjut saja kapan awal mula penurunan jumlah pengunjungnya. Ternyata, penurunan jumlah pengunjungnya terjadi sejak tanggal 16 juli, sehari sebelum lebaran pada tanggal 17 juli 2015 kemarin.

Hal ini wajar. Karena tanggal 16 juli, kebanyakan kantor atau tempat kerja sudah meliburkan karyawannya. Dan tentu, hal itu membuat aktifitas di internet yang sedikit penting seperti browsing menjadi berkurang. Apa lagi kan orang banyak yang lagi mudik atau sibuk melakukan persiapan sebelum lebaran. Jadi masalah browsing sepertinya harus ditinggalkan sejenak.

Nah, pada tanggal 17 saat idul fitri itulah puncak anjloknya visitor di blog ini. Saya periksa di analytics, visitor pada tanggal 17 tersebut hanya sebanyak 623. Hu hu hu.. :'( ngenes bangeeet..

jumlah pengunjung blig turun saat lebaran

Tapi hari kedua, ketiga lebaran dan sampai sekarang, terlihat mulai menampakkan tanda-tanda kenaikan pengunjung lagi. Semoga besok saat orang sudah bekerja pengunjung blog ini kembali normal ya sobatku.

Sebelumnya sih saya sudah mendengar kabar kalau banyak blog Indonesia yang turun jumlah pengunjungnya saat mulai puasa sampai lebaran. Namun baru lebaran kali ini saya benar-benar memantau perkembangannya. Maklum lah, dulunya kurang fokus urus blog he he..

Jadi bagaimana kabar pengunjung blog milik sobat? Apakah juga anjlok saat lebaran idul fitri? Kalau iya, boleh dong diceritakan di sini.. mari kita saling berbagi.. karena dari saling berbagi, kita akan menjadi prang yang semakin cerdas.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon