Ngeblog Dan Begadang Terus Ternyata Bikin Sakit Kepala

Beberapa bulan ini, kegiatan blogging saya tidak seperti biasanya. Kalau sebelumnya sekedar membuat artikel seminggu tiga kali bahkan hanya sekali, tapi ini semakin saya perbanyak hingga setiap hari bisa memproduksi anak artikel baru. Yang jelas, proses produksi artikel di bulan-bulan ini sungguh menyita sebagian besar waktu saya. 

Bayangkan saja ya, inilah waktu-waktu menulis saya. setelah subuh sampai menjelang jam 8 pagi, pas sampai di tempat kerja sampai saya ke lapangan, jam istirahat kerja, jam pulang kerja, malam lagi begadang sampai larut. Malahan akhir-akhir ini sering bangun di tengah malam langsung ngetik lagi. Kalau dihitung-hitung untuk melotot di depan komputer atau laptop, saya butuh waktu sekitar 10 jam.

Kadang saya tidak peduli. Sampai belum makan pun masih saja tetap menulis. Mungkin saking semangatnya kali ya. Bahkan meskipun mata ini sudah sangat sulit terbuka, tapi tetap saja saya memaksakannya untuk mengkoreksi kata demi kata yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Kadang saya harus memaksakan diri untuk berfikir dan menulis ditengah kondisi fisik yang sangat lelah dan mengantuk. Padahal biasanya kalau sudah seperti itu maka saya pun cepat tidur. Tapi bulan-bulan ini sepertinya hampir tidak ada waktu lagi untuk istirahat yang sempurna. Yah, bisa dibilang sedikit menyiksa dirilah.

Mengapa saya melakukan kegiatan blogging seperti itu dan Bahkan sampai-sampai tidak mempedulikan kesehatan lagi?  Alasannya adalah, karena saya ingin cepat sukses mendapatkan uang dari blog. 

Mimpi mendapatkan penghasilan bulanan dari blog sederhana ini adalah yang ingin saya wujudkan. Saya ingin memiliki penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan keluarga saya, agar kebutuhan anak istri yang semakin meningkat bisa tercukupi dengan penghasilan saya. Oleh karena itulah saya harus bekerja keras meskipun harus sering begadang tiap malam.

Namun apa yang saya dapatkan? Akibat dari aktifitas tersebut ternyata malah mengganggu kesehatan saya. Padahal saya adalah orang yang jarang sekali terkena pusing atau sakit kepala. Namun akhir-akhir ini malah sering sekali pusing. Dan rasa sakit kepala itu timbul saat saya berhadapan dengan layar komputer atau laptop.

Wajar kalau dipakai berfikir kemudian sakit kepala. Tapi ini, kadang hanya untuk membaca pun kepala juga terasa sakit.

Awalnya sih saya tidak menyadari akibat apa saya jadi begini. Setelah saya pikir-pikir, saya bertanya sendiri dalam hati apakah gara-gara sering begadang ini ya yang membuat saya sering sakit kepala.

Setelah saya lakukan riset dengan mengurangi menulis depan komputer, serta mengurangi begadang tengah malam, ternyata sakit kepala saya benar-benar sembuh. Nah, ini membuktikan bahwa sakit kepala yang saya alami selama beberapa minggu ini memang benar, akibat keseringan di depan komputer atau laptop.

Entah apa penyebabnya menurut medis. Mungkin darah tinggikah, darah rendahkah, atau pengaruh radiasi komputer sehingga membuat kepala saya sering pusing. Yang jelas, kalau saya terlalu sering dan lama di depan monitor maka pusing pun timbul lagi.

Sobatku, kesimpulan dari tulisan ini adalah, jika Anda sering berpikir, menulis dan melotot di depan komputer atau laptop, maka resikonya bisa sering sakit kepala. Oleh karena itu, silahkan dikurangi kegiatan Anda di depan layar laptop atau pc jika itu tidak terlalu penting.

Ngomong-ngomong apa ada yang merasakan hal yang sama seperti apa yang saya rasakan? Kalau iya silahkan bagi cerita di sini. Demikian tulisan saya tentang ngeblog dan begadang terus ternyata bikin sakit kepala, semoga bisa diambil manfaatnya ya...


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon