Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Tidak Bisa Copy File Iso Besar

Cara Memperbaiki Flash Disk Yang Tidak Bisa Dipakai Copy File Iso Besar-Beberapa hari yang lalu, kebetulan saya dipercaya oleh manager di tempat kerja saya untuk menginstal laptop lenovo g40. Karena laptopnya mau diinstal pakai windows 8, maka saya pun harus mencopy windows 8 di laptop teman saya yang masih dalam bentuk file iso.

Maksud saya adalah, saya ingin mencopy file iso tersebut kemudian memindahkannya ke laptop teman saya yang lain lagi untuk kemudian di-burning dalam bentuk DVD. Maklumlah, soalnya teman saya sebelumnya (yang memiliki file iso tersebut) DVD Drive laptopnya rusak jadi tidak bisa digunakan untuk membakar file ke DVD.

Nah, langsung saja file iso tersebut saya copy ke sebuah flash disk berukuran 8 GB. Pas baru saja saya paste, ada pernyataan eror yang mengatakan file tersebut adalah file sistem, dan ukurannya terlalu besar untuk dimasukkan di flash disk tersebut. Wah, saya jadi heran sendiri. Padahal flash disk yang saya gunakan masih banyak ruang kosongnya. Sedangkan untuk file iso yang saya copy ukurannya 4 GB lebih sedikit. Artinya, kalau hanya untuk menampung file dengan ukuran 5 GB saja harusnya bisa, apa lagi ini hanya 4 GB lebih sedikit saja.

Ya sudah, otak mulai berputar untuk mendapatkan cara mengatasi fash disk yang tidak bisa dimasukkan file tersebut. Kebetulan ada teman saya yang bilang kalau flash disk tersebut menggunakan format fat 32. Makanya tidak mau untuk mencopy file iso yang terlalu besar.

Nah, setelah itu saya ingin membuktikan perkataan teman saya tersebut. Jadi apa yang saya lakukan? Saya pindah data di dalam flash disk tersebut ke dalam laptop, kemudian flash disk tersebut saya format. Saya berharap setelah flash disk saya format, siapa tahu ada virusnya biar kehapus sekalian. Yah, tidak ada salahnya kan mencoba. 

Yup, setelah saya format flash disk pun saya coba untuk memasukkan file iso tadi. Namun sayang sungguh sayang usaha saya kali ini belum berhasil. Sepertinya saya harus mencari cara lain.

Pilihan pun jatuh pada malakukan format flash disk lagi, tapi menjadikannya format NTFS. Kan sebelumnya flash disk tersebut memiliki format fat 32.  Dan format Fat 32 itulah yang katanya teman saya membuatnya tidak bisa digunakan untuk mencopy file iso yang besar. Alhamdulillah, setelah flash disk saya format dengan format NTFS, flash disk bisa digunakan untuk mencopy file iso yang ukurannya besar.

Begini cara format flash disk dari fat32 ke NTFS

1. Pertama colok dulu flash disk Anda ke komputer. Setelah terbaca, silahkan klik kanan di flash disk tersebut, dan kemudian klik format. Lihat gambar di bawah.


cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa copy file

2. Sekarang Anda berada pada jendela format. Yang harus Anda lakukan adalah merubah pilihan di file sistem yang sebelumnya fat 32 menjadi NTFS seperti pada nomor satu. Kemudian centang pada pilihan Quick Format seperti nomor 2, agar format flash disknya dengan cara yang cepat. Kemudian langsung klik start.


memperbaiki flash disk

3. Kalau muncul peringatan seperti gambar berikut, klik OK saja. Maka proses format flash disk pun akan berjalan dalam beberapa detik.



4. Kalau format selesai biasanya ada pemberitahuan. Klik saja close jendela pemformatan flash disk Anda.

Note: Cepat atau lambatnya proses format flash disk Anda tergantung juga pada ukuran flash disk, dan tentu juga banyaknya data di flash disk tersebut.

Nah Sobat, setelah itu silahkan pakai flash disk Anda untuk mencopy file iso yang berukuran besar. Karena saya telah mencobanya dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan. Saya pun bisa mengatasi flash disk yang tidak bisa mencopy file iso tersebut.

Mungkin sampai di sini saja yang saya bagikan kali ini. Mohon maaf kalau ada kekurangannya ya sobatku. Demikian tulisan cara memperbaiki flash disk yang tidak bisa copy file iso besar, semoga membantu..

8 komentar

Terima kasih banyak infonya sangatmembantu

Makasih Sob. Dari Kemarin Saya Bingung, Karena Mau Memindahkan GTA 4. saya kira tidak bisa, sampe sampe saya mau beli kasetnya lagi :D
untung saja saya membaca artikel ini. Makasih Sekali Lagi Sob. Semoga Sukses (y)

Sama-sama gan.. makasih doanya ya :)

itu hilang gak datanya kalo dio format

ya pasti hilang gan,, makanya...di backup dulu..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon