Fungsi Adapter Micro SD Dan Cara Menggunakannya

Sobat, kali ini saya ingin berbagi tentang Fungsi Adapter Micro SD. Maaf, mungkin artikel ini tidak terlalu penting karena sudah banyak yang tau. Tapi, karena saya merasa bahwa bisa jadi ada juga orang yang belum tau, makanya saya perlu membuat artikel ini..

O iya, yang belum pernah melihat adapter micro SD itu seperti apa, gambarnya seperti berikut ini..

Contoh 1: Adapter Micro SD to SD Card
adapter micro sd to sd card
Contoh Adapter Micro SD to SD Card
Gambar di atas adalah adapter micro SD to SD Card. Bentuknya seperti SD Card, tapi ada lubang di bawahnya yang digunakan untuk memasukkan memory micro/micro SD

Contoh 2: Adapter Micro SD To Mini SD
adapter micro sd to mini sd
Contoh Adapter Micro SD to Mini SD
Gambar kedua ini adalah adapter Micro SD ke mini SD.. Modelnya agak lebih kecil dibanding yang contoh 1.

Nah, sekarang apa itu micro SD adapter? dan apa fungsi adapter micro SD itu?

Adapter micro SD adalah alat yang digunakan untuk memasang micro SD Card atau memory micro supaya menjadi seperti SD Card atau Mini SD sehingga bisa digunakan pada beberapa perangkat seperti laptop, kamera DSLR, dan masih banyak lagi.
Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua perangkat (yang menggunakan memory card) selalu menyediakan slot untuk micro SD atau memory micro. Oleh karena itulah, penggunaan adapter ini bisa membantu Anda untuk memasang memory micro Anda pada perangkat yang belum ada slot micro SD nya..
Kalau masih bingung dengan penjelasan di atas, maka penjelasan gampangnya seperti ini:

Saya mempunyai memory micro (micro SD) yang kecil seperti ini.

memory micro

Saya ingin mencolok memori micro yang kecil itu, ke sebuah laptop atau kamera DSLR. Tapi, tentu saja saya tidak bisa melakukannya karena slot yang ada di laptop atau kamera DSLR adalah ukuran memori SD Card yang tentunya lubangnya lebih besar.

Nah, solusi untuk mengatasi itu adalah saya harus menggunakan adapter micro SD to SD card supaya micro SD ini bisa terpasang di laptop atau kamera DSLR saya. Begitulah kira-kira penjelasan gampangnya.

Ibaratnya, adapter ini cuma sebagai jembatan saja supaya memori micro yang ukuranya kecil bisa masuk dan PAS ke dalam colokan micro SD yang lubangnya lebih besar tadi.

Sampai di sini apakah Anda sudah paham? Jika iya, lihat bagaimana cara menggunakan adapternya berikut ini..

Cara menggunakan Adapter Micro SD


Untuk menggunakan adapter ini, Anda tinggal memasukkan Memory micro Anda ke lubang yang ada di belakang adapter tersebut seperti gambar berikut ini.

fungsi adapter micro sd
Anda harus memasukkannya sampai mentok ke dalam ya sobat.. :)

Nah, setelah micro SD terpasang, silahkan colokkan adapter tersebut di lubang SD card di laptop, kamera DSLR atau perangkat lainnya lagi yang mendukungnya..

Cuma seperti itu saja kok caranya gaes.. 

Untuk cara penggunaannya gampang sekali. Yang penting berhati-hati, jangan sampai salah colok sehingga membuat memory micro Anda terbalik. Sebab kalau terbalik maka micro SD Anda tidak akan terbaca di laptop..

Ya sudah sobatku, saya rasa artikel ini cukup sampai di sini saja. Semoga Anda mengerti tentang fungsi adapter micro SD, dan tau bagaimana menggunakan adapter micro sd tersebut.. Wassalamualaikum.. :)

14 komentar

Makasih infonya, sangat berguna bagi saya yang awam

iya ibu,, terima kasih sudah membaca dan komen di sini :)

harga adapter di tokopedia cuma 3 ribu gan.. :)

Terimakasih ilmunya buat saya yang belum tahu

sama-sama, makasih dah mampir ya gan.. :)

Sangat membantu, sebenarnya untuk alatnya (adapter) itu sendiri nggak awan. Cuma baru ngeh kalau itu sebutannya adapter. Btw thanks

senang bisa bantu, semuanya..... :)

Oh y bos... Memori with adapter n non adapter... Bedany apa bos..

maksudnya mungkin kalau with adapter pakai adapter, ada bonusnya adapter gitu.. kalau non adapter ya cuma memori aja tanpa adapter.. kan biasa gitu gan.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon