Mengatasi Video Youtube Tidak Bisa Dimonetisasi, Icon Dolar Warna Hitam Garis Tengah

Beberapa hari yang lalu, channel bahasa inggris saya mulai saya tautkan dengan google adsense supaya setiap video yang ada di channel tersebut muncul iklan dan menghasilkan dolar.

Tapi, setelah proses penautan selesai saya jadi kaget kok ada beberapa video yang icon dolarnya berwarna hitam dengan garis miring di tengah-tengah icon dolar tersebut. Kalau mau lihat tampilannya seperti screen shot di bawah ini.

video youtube not eligible for monetization
Waduh, kalau saya arahkan pointer ke icon tersebut, ternyata ada pemberitahuan bahwa Not eligible For monetization. Kalau dalam bahasa Indonesia artinya "Tidak Memenuhi Syarat Untuk Monetisasi"

Ah, kenapa semua ini bisa begini? Lha wong video yang saya upload ke youtube adalah video original buatan saya sendiri kok..

Hem, atau jangan-jangan akibat saya menggunakan musik gratis di youtube yang tidak bisa mendukung iklan?

Saya tidak mau berfikir panjang lagi. Saya langsung mengganti musik pada video saya dengan musik yang mendukung iklan. Nah, setelah itu saya coba simpan. ALhamdulillah, setelah disimpan ternyata video bisa dimonetisasi.. Iyes..Ternyata benar, itu penyebabnya..

Bagi Anda yang ingin tau caranya, silahkan baca tutorial berikut ini..

Catatan: tapi sepertinya tutorial ini khusus untuk Anda yang menggunakan musik gratis dari youtube.. Kalau yang mengalami kasus seperti ini tapi dengan penyebab lainnya, ane gak jamin cara ini bisa membantu.. :)

Cara mengatasi video youtube tidak bisa dimenetisasi

1. Pertama, klik edit pada video yang tidak bisa dimonetisasi tersebut.

2. Setelah itu, klik AUDIO yang ada di bagian atas video Anda seperti gambar berikut.

3. Klik tanda silang kecil di bagian musik (bawah video) untuk menghapus musik yang telah digunakan sebelumnya.

4. Setelah musik terhapus, sekarang cari musik lain dengan menggunakan kotak search. 


musik gratis di youtube
Lihatlah, contoh di atas saya mencari lagu POP pada kotak search. Setelah muncul daftar lagu, centang pada Tampilkan Lagu yang Didukung iklan, untuk memfilter supaya yang muncul hanyalah lagu yang bisa dipasangi iklan adsense.. Setelah itu, pilih saja mana lagu yang Anda inginkan. Sekedar saran, gunakan lagu yang panjang durasinya hampir sama dengan durasi video Anda.
5. Setelah musik yang dipilih masuk di bawah video Anda, silahkan dengarkan dulu apakah cocok dengan selera Anda atau tidak. Kalau tidak ya ganti dengan musik lainnya, tapi kalau cocok langsung klik SIMPAN seperti panah 2.

6. Nah, setelah disimpan maka logo dolar pada video Anda akan berubah "cuma menjadi warna hitam tanpa garis miring di tengah lagi", dengan status tidak dimonetisasi (dalam bahasa Indonesia) seperti berikut ini.
video youtube tidak dimonetisasi

7. Klik pada dolar hitam tersebut, dan setelah Anda dialihkan ke pengeditan video silahkan geser tombol bulat ke kanan supaya video termonetisasi. Jika sudah, klik SIMPAN seperti gambar berikut. 

8. Yes, lihatlah,.. Akhirnya simbol dolar hitam yang ada garisnya telah berubah menjadi hijau, sebagai tanda bahwa video sudah berhasil dimonetisasi dengan iklan adsense...
video youtube tiba tiba tidak bisa dimonetisasi

Oke, sekarang lakukan langkah-langkah di atas pada semua video Anda yang tidak bisa dimonetisasi..Semoga berhasil juragan.. :)

Demikian tulisan saya tentang penyebab video youtube tidak bisa dimonetisasi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu mengatasi masalah Anda.. Wassalamualaikum..

7 komentar

masih bisa kah ini gan?
sy bookmark dulu deh

silahkan dibokmark gan,, artikel ini fresh kok :)

Makasih Gan tadinya saya sempet mau hapus videonya, nemu nih artikel, meskipun pakai suara asli tadinya ga bisa dimonet. ya udah edit ikutin petunjuk langsung simpan, sekarang bisa

hem,, senang bisa membantu agan.. :)

Haduh Videonya Jadi ada icon dolar hitam di garis miring lagi gan, jadi capek padahal viewrnya dah nyampe 30rb lebih gimana nih gan

Kalo edit audio lewat hp gimana

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon