Alasan Mengapa Blog Tutotial Komputer CTRnya Kecil

Kalau Anda memiliki blog tentang tutorial komputer dan telah mendaftarkannya di google adsense, maka Anda pasti tahu bahwa CTR blog tersebut bakalan kecil. Bisa jadi tidak semuanya sih, tapi saya memprediksi kebanyakan.

Saya tidak perlu jelaskan apa itu CTR kan? Saya rasa Anda sudah paham kalau Anda telah berkecimpung menjadi publisher iklan di google adsense. Nah, kalau nilai CTR kecil, ya otomatis jumlah klik iklan pada blog Anda hanya sedikit dibanding blog yang CTRnya besar. Kalau jumlah klik iklan sedikit berarti penghasilan juga sedikit dong.. :D
blog komputer ctr kecil
Contoh CTR kecil
Saya beri gambaran begini: misalnya jumlah pengunjung blog Anda per harinya 800 orang. Dan pageview adsense Anda mendapat 1000 tampilan. Kalau CTR blog tersebut hanya 1%, itu artinya Anda akan mendapat klik sebanyak 10 kali dari 1000 page view adsense. Itu kalau 1% lha kalau di bawah itu, bagaimana coba? Hancur deh hatiku he he..

Setidaknya gambaran ini sudah saya buktikan sendiri di blog tutorial komputer ini. Meskipun sudah saya optimasi dengan berbagai template, dari yang ringan, responsif, dan yang sekarang responsif plus ringan plus mini, tetap saja CTR masih kecil.

Masalah penempatan iklan? Hampir semua sudah saya terapkan. Mulai dari iklan link tengah artikel sudah. Iklan teks dan gambar di sidebar sudah. Iklan link di header sudah. Iklan teks dan gambar bawah atas postingan sudah. Bahkan di posisi itu saya juga pernah mengganti berbagai ukuran iklan. Warna iklan juga pernah saya rubah rubah. Tapi, tetap saja jumlah kliknya cuma sedikit...

Masalah jumlah iklan? Itu sudah saya lakukan eksperimen juga. Dari memperbanyak iklan sampai mengurangi jumlah iklan sudah. Tapi ya tetap saja, itu tadi lo sobat.. :)

Mengapa blog tentang tutorial komputer CTR adsensenya kecil? Karena yang namanya blog tutorial komputer itu adalah blog yang kebanyakan kontennya hanya digunakan untuk singgah sementara para pencari jawaban atas problematika komputer mereka.

Pada umumnya, artikel tentang komputer hanya dibaca bagian inti-intinya saja oleh pembaca. Setelah mereka mendapatkan jawaban dan berhasil mempraktekkannya, atau mereka tidak berhasil mempraktekkannya, mereka tetap akan langsung meninggalkan tulisan Anda yang kebanyakan tanpa pamit.

Mereka, para pembaca yang ingin mengatasi problematikan komputer atau laptop, pada umumnya sangat sibuk dan tidak punya waktu untuk bertele-tele di blog kita. Kalau mereka mendapatkan solusi dari blog kita, ya mereka langsung keluar dari blog kita dan melanjutkan pekerjaannya untuk memperbaiki komputer lagi. Tapi kalau mereka tidak mendapatkan solusi dari apa yang kita bagikan, mereka tidak ingin membuang-buang waktu dan mereka pun langsung mencari artikel lainnya dari blog lain.

Berdasarkan pengalaman saya  saat menjadi teknisi komputer pun seperti itu. Saya harus mencari tahu tentang solusi dari kerusakan komputer yang sedang saya alami. Dan ketika saya tidak berhasil atau berhasil mempraktekkan tutorial komputer yagn saya baca, saya pun langsung pergi dan tidak sempat melirik iklan lagi. Itulah sebabnya jumlah klik adsense di blog tutorial komputer sangat minim.

Untuk mengatasi CTR yang kecil pada blog komputer ini, saya sedang berkeksperimen untuk membuat artikel dengan judul-judul yang dapat memancing pengunjung untuk mengkliknya, serta terpancing untuk membaca artikel dari judul tersebut. 

Saya juga akan membuat banyak artikel yang lebih informatif. Tidak hanya cara ini, cara itu blablabla.. Tapi juga artikel yang banyak memberi wawasan khususnya tentang komputer dan internet.

Dan tak lupa, gambar-gambar akan saya buat sedikit lebih menarik agar juga bisa  menarik minat pengunjung untuk banyak-banyak membaca di blog ini. Yang terpenting sekarang adalah, kita berusaha dan berdoa agar diberi jalan kemudahan. Mohon doanya ya sobat..

Ya sudah deh, sekarang Anda sudah tahu kan alasan mengapa blog tutorial komputre ctrnya kecil? Silahkan berbagi kalau ada yang memiliki pengalaman meningkatkan CTR adsense untuk blog komputer. Assalamualaikum :)

6 komentar

Ow begitu ya ternyata,, Blog saya ada pengunjung 3ribu lebih perhari cuman dapat klik 20 doang. Memang sungguh mnyakitkan hati.. hehehe

saya juga gitu gan.. cuma bisa pasrah he he..

Senasib om :) bukan cuma tutorial komputer kayanya Android juga sama, udah coba ganti2 theme, posisi iklan sama aja
Selain faktor diatas kayanya iklannya juga emang banyak yg ga relevan si wajar jadinya ctr kecil

ternyata keluhannya sama, saya bandingkan dengan blog saya yang lain selain nice komputer jauh hasilnya. Padahal blog komputer saya lebih tua dari pada blog nice lain yang saya bangun

iya gan,, kalau niche komputer bagusnya untuk youtube..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon