Cara Cepat Mengetik Dengan 10 Jari Di Keyboard Laptop

Cara mengetik 10 jari dengan cepat di keyboard laptop dan komputer-Dulu, ingat sekali saat pertama menggunakan keyboard komputer. Kira-kira 10 tahun yang lalu saat saya masih duduk di bangku madrasah aliah atau setara SMA. Nah, di sana, saya diajarkan mengetik sepuluh jari dengan cepat.

Tahu sendiri lah ya, namanya saja baru belajar mengetik. Ya jelas ada rasa gemetaran, gerogi, dan hal-hal lainnya yang menghantui di pikiran. Apa lagi ada teman-teman di samping kiri kanan yang siap menertawakan saya saat mengetik di keyboard komputer dengan gugup. Walah, seperti mau mewek rasanya he he..

Sekarang, semua itu telah berlalu. Alhamdulillah saya sudah bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari dengan lancar. Bahkan saya bisa mengetik tanpa melihat keyboard. Sambil merem, sambil melihat ke monitor dan lain-lain. Tapi tetap saja kalau sambil pejamkan mata masih ada saja kesalahan ketiknya.

Nah, sekarang saya akan mengajarkan kepada Anda tehnik mengetik 10 jari agar Anda juga bisa seperti saya. Yuk intip tispnya di bawah ini.

Posisi Jari Telunjuk Harus Benar

Untuk bisa mengetik 10 jari, Anda tidak boleh sembarangan dalam menempatkan posisi jari jemari Anda. Ada aturannya supaya mengetik sepuluh jari Anda menjadi mudah dan lebih cepat. Jadi, caranya adalah memposisikan jari-jari Anda untuk melakukan tugas masing-masing, dalam artian mengontrol tombol keyboard sesuai dengan yang ditentukan. 

Yang pertama harus Anda lakukan adalah memposisikan kedua jari telunjuk (kanan-kiri) Anda pada tombol F dan tombol J di keyboard laptop atau komputer Anda. Jari telunjuk kiri pada tombol F, jari telunjuk kanan pada tombol J. Jika disentuh, tombol F dan J tersebut akan terasa seperti ada tonjolan titik. Dan itu memang benar bahwa titik di tombol tersebut digunakan untuk memudahkan kita dalam mengontrol keyboard.

Tugas Masing-masing Jari

Seperti telah saya singgung sebelumnya, maka setiap jari Anda memiliki tugas masing-masing. Ini untuk memudahkan mengetik 10 jari agar proses mengetik Anda tidak berantakan. 

Saya contohkan begini: Jari Anda ibarat pekerja bangunan. Nah, agar pekerjaanya menjadi baik dan cepat, maka setiap pekerjaan harus ditangani oleh ahlinya, dan tidak boleh ada yang mengerjakan pekerjaan lainnya selain pekerja yang telah diberi tugas.

Begitu juga dengan jari jemari Anda. Mereka akan lebih lincah mengetik di keyboard kalau mereka Anda tugaskan untuk menjadi spesialis yang mengontrol tombol-tombol di keyboard Anda. Itu supaya jangan kacau dan jari Anda lebih fleksibel dalam bekerja. Untuk tugas masing-masing jari, silahkan lihat pada gambar berikut.

Mengetik Di Keyboard Laptop
cara mengetik 10 jari
Mengetik Di Keyboard Laptop

Kita mulai dari jari tangan kiri 

1. tombol (~`,1,Q,A,Z Shift Ctrl Windows, Alt) yang saya beri warna merah itu adalah tugas kelingking kiri Anda. 

2. Warna kuning (2WSX) itu adalah tugas jari manis kiri Anda.

3. Warna Hijau (3EDC) itu adalah tugas jari tengah kiri Anda.

4. Warna biru (4,5, R, T, F, G, V, B) adalah tugas telunjuk kiri Anda.

Jari Tangan Kanan

1. Warna pink (6, 7, Y, U, H, I, N, M) adalah tugas jari telunjuk tangan kanan Anda.

2. Warna Hijau (8, I, K, <, Alt) adalah tugas jari tengah tangan kanan Anda.

3. Warna kuning (9, O, L, >, simbol klik kanan) itu adalah tugas untuk jari manis kanan Anda

5. Warna merah yang agak berantakan itu adalah tugas untuk jari kelingking kanan Anda.

6. Untuk tombol panjang (spasi), itu adalah tugas jempol Anda. Baik jempol kiri atau kanan itu sama saja. Kemudian yang warna abu-abu di bawah seperti tombol ctrl, windows dll, itu terserah Anda mau menggunakan jari yang mana.

Nah, sekarang lihat gambar penempatan jari di keyboard komputer PC beserta warnanya.

Mengetik Di Keyboard Komputer

Kalau pada gambar tersebut, sudah disertakan dengan tombol nomor yang biasanya digunakan untuk mengetik angka-angka di komputer. Jadi, perhatikan dan pelajari baik-baik.

Sobatku, tips agar mengetik cepat adalah Anda harus sering-sering latihan. Setiap hari Anda harus membiasakan mengetik dengan benar, dan melatih jari jemari Anda untuk menjalankan tugasnya masing-masing.

Ketik apa saja yang ada di pikiran Anda, atau dari tulisan yang terdapat di koran atau buku-buku lainnya.

Mungkin Awalnya akan terasa sulit. Tapi kalau sudah terbiasa, maka Anda akan tersenyum saat Anda bisa menyelesaikan tugas mengetik menjadi cepat, saat banyak artikel yang bisa Anda produksi dengan cepat, dan saat Anda disukai oleh bos Anda karena Anda pintar mengetik.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan tentang cara mengetik 10 jari, semoga ada manfaatnya untuk Anda. Maaf kalau ada kesalahan dalam artikel ini. Guna kesempurnaan, silahkan ditambahkan lewat komentar jika Anda berkenan. Assalamualaikum...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon