Cara Mudah Mengatasi Flash Disk Yang Tercelup Air

Kali ini saya akan berbagi kepada Anda tentang cara mengatasi flash disk yang tercelup air. Saya harap artikel ini bisa membantu mengatasi masalah Anda tentang memperbaiki flash disk.

flash disk terendam air

Flash disk adalah alat penyimpanan data yang mudah dibawa kemana-mana. Karena bentuknya yang kecil, maka flash disk enak juga disimpan di dalam kantong celana atau baju. Nah, tapi nih, karena sering disimpan di kantong, maka sering juga kita lupa kalau di dalam kantong tersebut masih ada flash disknya. Terkadang, baju atau celana tersebut langsung direndam untuk di cuci.

Waduh, jadi bagaimana kalau flash disk sudah tercelup atau terendam air? Apakah flash disk yang tercelup air bisa diperbaiki? Mungkin itu adalah pertanyaan yang paling umum ditanyakan oleh orang-orang yang baru pertama kali mengalami flash disk yang terendam air.

Jawabannya cukup simpel kok. Flash disk yang terkena air, masih bisa diperbaiki asalkan segera ditangani dengan penanganan yang tepat. Peertama, jangan panik. Kedua, Jangan langsung colokkan flash disk di komputer atau laptop saat keadaannya masih basah. Ketiga, lakukan penanganan seperti berikut.

1. Buka casing flash disk Anda. Kemudian keringkan papan PCB/mainboardnya. Untuk cara mengeringkannya, Anda bisa menggunakan blower pengering rambut, blower uap (untuk servis mainboard), atau menjemurnya di bawah terik matahari.

2, Pastikan flash disk benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang masih menyelinap di komponen-komponen dalam flash disk Anda.

3. Untuk  memastikan tidak ada air di flash disk Anda, silahkan pukul-pukulkan mainboard flash disk Anda di paha Anda. Kalau tidak ada air yang keluar dari mainboard flash disk tersebut, Insya Allah itu sudah kering.

Nah, kalau flash disk sudah kering barulah Anda bisa menggunakannya kembali. Silahkan coba colokkan di laptop atau komputer Anda. Kalau tidak ada komponen elektronika yang rusak, Insya Allah flash disk Anda akan aman.

Catatan: Banyak orang yang mengalami flash disk terendam air. Tapi, ada juga orang yang langsung mencolokkan flash disk yang masih basah ke komputer. Akibatnya, flash disk bisa rusak karena terjadi korsleting. Jadi, jangan langsung mencolokkan flash disk di komputer kalau masih basah.

Ya sudah, sampai di sini dulu deh artikel tentang komputer kali ini. Semoga tulisan tentang cara mengatasi flash disk yang tercelup air ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada Anda. Assalamualaikum... :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon