Lem Untuk Body/Casing Laptop Yang Pecah

Lem Untuk Body/Casing Laptop Yang Pecah=>Mungkin Anda pernah mendapati laptop yang casingnya pecah akibat terjatuh atau tertindis barang-barang. Akibat dari itu, laptop pun tidak bisa digunakan dengan baik karena pecah yang ada bisa jadi akan semakin parah kalau laptop kita buka tutup.

Nah, sampai saat ini tidak ada jalan terbaik untuk mengatasi casing laptop yang pecah kecuali dengan menggantinya dengan casing yang lain. Hanya saja, ada kendalanya tuh. Kalau bukan masalah harga yang mahal, belum tentu juga barangnya ada. Masalahnya kan casing laptop tidak ada dijual dalam bentuk baru oleh produsennya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya teknisi komputer mengakalinya dengan cara merekatkan bagian body laptop yang pecah agar menempel seperti semula. Dan untuk perekatnya, biasanya sih saya menggunakan beberapa lem yang bisa digunakan.

Nah, inilah inti dari tulisan ini. Lewat tulisan ini, saya akan menginformasikan tentang lem untuk casing laptop yang biasa saya gunakan, dan menurut saya bagus. Yuk simak berikut ini :)

Lem untuk body casing laptop yang pecah

1. Lem Besi

Untuk lem besi yang biasa saya gunakan adalah merek dextone. Lem ini cukup bagus dan kuat. Hanya saja penggunaannya jangan terlalu tipis agar tidak gampang pecah. Lihat nih gambar lemnya seperti ini.

lem laptop pecah
Pilih lem dextone yang ada label 5 minutes seperti tanda kuning dalam gambar. Itu artinya lem ini lebih cepat kering dibanding lem dextone yang sebelumnya.

Untuk cara penggunaanya, lem laptop yang satu ini harus dicampur terlebih dahulu. Lem yang tutupnya putih dicampur dengan lem yang tutupnya hitam. (lem tutup putih epoxy hardener berfungsi untuk mengeraskan sedangkan lem yang tutup hitam berfungsi untuk merekatkan)

Cara penggunaannya, kedua lem itu dicampur, diaduk-aduk hingga merata. Kemudian tempel pada bagian laptop yang pecah. Tambahkan plastik penguat untuk menyatukan casing yang pecah agar hasilnya jos.

2. Lem Alteco

Untuk lem laptop yang satu ini tergolong bagus juga. Ini lebih banyak saya gunakan untuk merekatkan atau membuat ulang dudukan baut pada casing laptop bagian layar, atau casing laptop bagian engsel bawah. Kan banyak terjadi pecah di bagian engsel dan layarnya tuh. Nah, untuk mencetak ulang kita perlu bantuan lem alteco untuk menyempurnakan letak kuningan mur laptop yang akan digunakan untuk pemasangan bautnya.

Kemudian untuk mencetak ulang plastiknya, kita bisa menambahkan tisu dan mencampur alteco di tisu tersebut. Ini dimaksudkan agar alteco tidak mudah pecah, dan tentunya lebih kuat. Tapi dibanding lem besi, saya sih lebih suka menggunakan lem besi untuk mencetak ulang bodi laptop yang pecah dll.

Di antara kedua lem ini, ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kalau lem besi lebih kuat. Hanya saja,
kadang sering pecah kalau penggunaannya terlalu tipis. Kemudian kekurangan selanjutnya adalah untuk kerasnya terlalu lama. Untung saja sekarang sudah ada yang 5 menit mulai mengeras. Tapi meskipun begitu untuk hasil maksimal kita perlu menunggunya minimal 12 jam.


Sedangkan lem alteco, terlalu renyah sehingga mudah pecah. Tapi kelebihannya adalah lem ini cepat sekali mengering, sehingga baru di lem beberapa menit, laptop langsung bisa dicoba untuk digunakan.

Sahabatku, mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis kali ini. Semoga pengalaman tentang lem laptop ini berguna untuk Anda pembaca setia blog komputer yang sederhana ini. Assalamualaikum.. :)


2 komentar

gan mau nanya nih.. laptop gw kan casing nya kya kepisah ama layarnya gitu.. itu bisa diperbaiki?

bisa,, tapi perlu ketelitian n keahlian lebih dalam gan.. :D

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon