12 Tips AMAN Sebelum Membeli Laptop Bekas

Tips sebelum membeli laptop bekas=>Bagi Anda yang ingin memiliki laptop, mungkin Anda juga akan mempertimbangkan laptop bekas untuk dibeli. Ya, bisa jadi budget yang dibagi-bagi untuk keperluan lain adalah alasan utama mengapa Anda memilih laptop bekas dibanding yang baru. 
tips membeli laptop bekas
Laptop Bekas Sumber: OLX.co.id
*
Beberapa hari yang lalu ada pengalaman dari seorang kenalan yang minta diinstal laptopnya. Pas saya periksa, ternyata semua hard disk dari kedua laptop miliknya mulai bermasalah. Malahan yang satu, yang merek acer sangat panas kalau digunakan dalam waktu yang cukup lama. Memang sih harganya sangat murah. Tapi kan pembeli juga butuh kualitas laptop yang baik meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Berawal dari pengalaman itulah, saya jadi terinspirasi untuk membuat tips ini. Berharap, agar kejadian-kejadian serupa tidak lagi dialami oleh banyak orang yang ingin membeli laptop bekas.

Nah sobatku, sekarang ini, metode pembelian laptop bekas tidak hanya secara langsung face to face saja. Akan tetapi, transaksi jual beli laptop scara online pun semakin meningkat. Apa lagi semakin meningkatnya pengguna internet di dunia, itu semakin meningkatkan pula perputaran jual beli laptop bekas secara online.

Jika Anda ingin membeli laptop bekas secara offline atau pun onlie, kurang pas rasannya sebelum membaca tips dari saya ini. Maaf sebelumnya kalau terlihat sok tau. Tapi ini adalah hasil dari pengalaman saya, dan juga pengalaman orang lain yang saya tulis kembali. Silahkan dibaca lebih lanjut.


Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas


1. Jangan Membeli Laptop Bekas Secara Online

Sekarang memang jamannya belanja online. Apa-apa serba onlie. Tapi ingat, kalau untuk membeli laptop bekas jangan secara online. Kalau laptop baru sih tidak masalah. Tapi, untuk laptop bekas jangan pernah.

Alasannya, Anda tidak bisa mengeceknya secara langsung bagaimana kondisi laptop itu sendiri. Banyak yang telah tertipu dengan penjual yang suka menipu. Katanya bagus, ini itu bla bla bla ternyata pas sampai di tangan laptop rusak. Apa lagi kan tempat membeli Anda belum terbukti bisa dipercayai. Kalau Anda tertipu siapa yang rugi? Pasti Anda..

Kalau ingin mencari laptop bekas secara online, cari saja di grup facebook atau di situs jual beli online seperti olx. Tapi ingat, pastikan barang yang dijual adalah di area kota Anda. Sehingga Anda bisa mengeceknya secara langsung barangnya. Maksudnya cek apakah barangnya ada atau tidak, kualitasnya bagaimana, dan lain-lain.

2. Periksa Kelengkapannya

Kelengkapan laptop bekas yang saya maksud seperti: Dos, nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai dll. Mengapa perlu melakukan pemeriksaan ini? Karena pada umumnya semakin banyak kelengkapannya, berarti semakin baik pula nilai laptop yang Anda beli. Selain itu, yang lebih penting adalah jika laptop bekas yang Anda beli memiliki dos dan nota pembelian, itu sebagai bukti bahwa laptop tersebut 90% bukan laptop curian.

Dengan banyaknya kelengkapan yang dibawa laptop yang akan Anda beli, nantinya itu juga menjadi nilai plus jika Anda ingin menjualnya lagi. Selain harganya bisa bagus, tentunya akan mudah dijual karena kepercayaan calon pembeli yang tinggi.

Note: Khusus untuk dos, pastikan SN/serial number yang ada di dosnya sama dengan yang ada di bagian bawah laptopnya. Ini untuk membuktikan bahwa dos tersebut memang benar milik laptop yang dijual.

3. Periksa Kondisi Stiker/Segel Di Casing Laptopnya

Tips sebelum membeli laptop bekas selanjutnya adalah, periksalah stiker atau segel di bagian casing bawah dan bagian depan layar laptop Anda. Segel ini diberikan oleh produsen, distributor dan toko tempat penjualan laptop baru. Salah satu fungsi segel tersebut adalah untuk memastikan bahwa pembeli tidak membuka laptop yang masih bergaransi saat ia telah membelinya. Makanya, segel tersebut ditempel tepat diatas baut-baut laptopnya.

Nah, tugas Anda adalah memeriksa segel tersebut masih utuh atau tidak. Karena kalau segel telah lubang, itu pertanda bahwa laptop pernah diservis. Ya kalau cuma ganti hard disk, atau ganti memory sih tidak terlalu masalah. Tapi kalau sebelumnya pernah diservis mainboardnya, itu yang dikhawatirkan. Sebab, ada kemungkinan laptop akan menjadi rusak lagi dalam waktu dekat kalau pernah diservis mainboardnya.

Maka dari itu, pastikan segel laptopnya masih utuh dan belum ditimpa dengan segel kedua atau ketiga. Segel masih satu lapis maksud saya. Karena dengan segel yang masih utuh, Insya Allah itu sebagai pertanda bahwa laptop belum pernah dibongkar. Dan itu adalah laptop yang aman.. Sekarang, lanjut ke tips berikutnya... :)

4. Periksa Kondisi Bodinya

Kondisi bodi yang saya maksud adalah casing laptop itu sendiri. Silahkan teliti sebelum mengecek bagian lainnya. Kalau lecet akibat pemakaian itu tidak masalah. Yang penting jangan sampai casing bagian bawah retak. Karena bisa jadi, retak tersebut akibat laptop terinjak atau terjatuh. 

Ada lagi sedikit pengalaman. Dulu ada seseorang yang membeli laptop bekas di tempat saya bekerja. Bodi bagian bawahnya retak. Sebenarnya laptop sih tidak masalah pada awalnya. Tapi, setelah beberapa hari digunakan oleh pembelinya maka laptop pun mati total. Bisa jadi, itu akibat mainboard juga retak. Makanya hati-hati membeli laptop yang seperti itu.

5. Periksa kondisi layarnya

Tips membeli laptop bekas yang kelima adalah, periksa layarnya. Apakah buram, apakah berbintik bintik, apakah ada dead pixel dll. Goyang-goyang sedikit layar laptop yang Anda periksa. Maksudnya buka tutup pelan-pelan. Terkadang, layar laptop yang sudah bermasalah jika digoyang-goyang akan menjadi blank, berubah menjadi putih, atau layarnya bergelombang.

Kalau semua sudah Anda rasa aman, lanjut ke tips berikutnya.

6. Periksa tombol-tombol keyboardnya

Sebagai alat input, keyboard memiliki peranan penting. Tanpa keyboard, maka Anda tidak bisa mengetik di laptop Anda tentunya. Mungkin Anda bisa menggunakan keyboard eksternal jika keyboard laptop Anda bermasalah. Tapi itu kan ribet juga kalau dibawa kemana-mana.

Nah, agar Anda tidak salah membeli laptop bekas, silahkan periksa juga tombol-tombol keyboard laptop Anda ya juragan. Silahkan buka notepad atau microsoft office word untuk melakukan pengetesan. Tekan satu persatu tombol keyboard Anda. Mulai dari A sampai Z, angka 1 sampai 0, simbol-simbol, tombol CAPS LOCK, shift, CTRL, ALT, spasi, delete, tombol klik dua, arah panah (ke bawah,atas, kiri kanan), 

Jangan lupa juga memeriksa tombol windows, tombol FN, tombol F1 sampai F12, tombol print screen dan masih banyak lagi. Periksalah satu satu apakah masih bisa digunakan. Usahakan membeli laptop yang tombol keyboardnya masih normal. Jangan lupa, baca juga ciri-ciri kerusakan keyboard laptop.

7. Periksalah touch padnya

Touchpad atau mouse sentuh pada laptop adalah alat input yang sangat penting. Dengan touchpad kita bisa mengoperasikan laptop meskipun tanpa menggunakan mouse. Kalau touchpad rusak, ribet lagi dongk kalau sampai memakai mouse lagi.

Nah, periksalah touchpad laptopnya ya sobatku.. Pastikan jagnan sampai touch padnya seret, touchpad yang membuat pointer lari-lari sendiri, atau bahkan tidak berfungsi. Kalau hanya tap to klik yang tidak berfungsi, bisa diatasi dengan cara memperbaiki touch pad laptop yang tidak bisa klik dengan ketukan.

8. Periksa CD/DVD Drive-nya

CD/DVD Drive cukup penting keberadaannya. Tanpa CD/DVD Drive, Anda tidak bisa memutar piringan CD atau DVD Anda. Untuk mencegah laptop yang Anda beli ternyata pemutar CD-nya rusak, silahkan diperiksa baik-baik. 

Cara memeriksanya adalah dengan membuka piringan CD/DVD di komputer atau laptop Anda. Kalau sudah terbuka, berarti pembaca CD/DVD drive Anda bagus. Nah, itu masih kurang. Sekarang gunakan CD/DVD drive komputer atau laptop Anda untuk memburning data ke dalam piringan CD atau DVD. Kalau hasilnya bisa dan bagus, berarti alat penulis DVD drive Anda juga bagus. Kalau pembaca dan penulis CD drive bagus, berarti kualitasnya 80% ke atas..

9. Periksa Speaker dan port sound

Anda tidak dapat memutar musik kalau speaker laptop Anda rusak. Dan meskipun Anda menggunakan headset, Anda tidak bisa juga mendengarkan suara apa-apa kalau port sound juga rusak. Oleh karena itu, cek kondisi speaker laptopnya dengan memutar musik. Kalau berbunyi normal, itu bagus.

Kalau memeriksa port sound, ya tinggal colokkan saja headset atau speaker ke port tersebut. Kalau ada bunyinya, berarti port tersebut bagus. Yuk lanjut ke tips berikutnya..

10. Periksa Hard Disknya

Untuk hard disk, ini juga hal yang sangat penting. Kalau hard disk bermasalah ya sama saja. Anda tidak bisa menggunakan laptop Anda. Nah, agar hal itu tidak terjadi, Anda harus memeriksa hard disk laptop yang akan Anda  beli terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikasi hdd sentinel dan masih banyak lagi lainnya. Tapi untuk tutorialnya sementara ini belum saya buatkan :D

Baca saja ciri-ciri hard disk yang rusak agar paling tidak bisa Anda jadikan panduan memeriksa hard disk laptop yang akan Anda beli.

11. Periksa RAMnya

Ram juga tidak kalah pentingnya dengan hard disk. Kalau memory atau Ramnya bermasalah, bisa jadi tidak lama setelah itu laptop Anda menjadi: Tidak ada tampilan. Yah, kalau begini kan susah nih.. tidak bisa juga Anda memakainya.

Nah, untuk itu, periksalah kesehatan memorinya
menggunakan aplikasi memtest 86+. Tapi maaf lagi nih, tutorialnya belum saya buatkan he he.. Tapi jangan khawatir, saya masih punya artikel yang berhubungan. Baca saja ciri-ciri memori yang mulai bermasalah. Usahakan tidak ada ciri-ciri atau gejala kerusakan memorinya pada laptop Anda ya sobatku..


12. Hidupkan Laptop, gunakan main game

Tips yang kesepulu, silahkan hidupkan laptop yang Anda periksa. Mainkan game atau aplikasi lainnya (game yang sesuai dengan spesifikasi laptop) dengan waktu yang cukup lama. Kalau dalam waktu lebih dari 30 menit laptop masih tetap hidup dan tidak ada masalah, kemungkinan besar laptop bagus.

Periksa juga bagian bawah casingnya. Panas tidak? Kalau panas berlebihan sampai bau-bau hangus mendingan jangan dibeli. Cari saja laptop bekas lainnya, tentunya dengan mempraktekkan juga 10 tips ini.

Sobatku, harus diakui bahwa laptop bekas memang cukup rawan dari kerusakan. Tapi kalau Anda membaca tips ini Insya Allah Anda tidak akan tertipu atau salah pilih lagi. Apa yang saya tulis ini adalah secuil pengalaman saya yang dulunya pernah jual beli laptop bekas. Saya harap ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Saran: Kalau Anda tidak bisa mempraktekkan sendiri tips ini, lebih baik ajak orang yang lebih tahu tentang komputer untuk membantu Anda.

Namun jika setelah membaca ini Anda berfikir untuk membeli laptop baru saja, silahkan. Tapi, baca juga tips membeli laptop/notebook baru yang sebelumnya pernah saya buat.

Demikian tulisan saya tentang 10 tips aman sebelum membeli laptop bekas, semoga benar-benar bisa berguna untuk Anda yang ingin membeli laptop bekas. Assalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon