Cara MENGETAHUI JUMLAH KATA DAN KARAKTER SEBUAH ARTIKEL SECARA OFFLINE

Karakter dalam sebuah artikel adalah satu titik huruf, angka, atau tanda baca termasuk spasi yang dapat membangun sebuah kata. Itu menurut saya lo ya.. Jadi yang dimaksud satu karakter itu satu hal apa saja yang Anda ketik. Bisa tanda titik, bisa angka, bisa huruf, bahkan satu spasi juga bisa dihitung satu karakter.

Jika Anda sering mengikuti lomba menulis blog di internet, pasti sering mendengar tentang karakter ini. Memang saya akui, banyak juga panitia lomba yang mensyaratkan para peserta untuk membuat tulisan dengan jumlah kata dan karakter tertentu. Karakter di sini bisa dengan spasi atau karakter tanpa spasi.

Karakter dengan spasi itu apa? yaitu jumlah karakter artikel Anda yang dihitung dengan spasinya juga. Contoh: dua kata di dalam kurung ini (aku suka) memiliki jumlah 8 karakter. itu karena kata aku memiliki 3 karakter, ditambah kata suka 4 karakter, ditambah satu spasi yang artinya satu karakter untuk spasi tersebut. Jadi total ada 8 karakter.

Nah, jika kata (aku suka) tadi dihitung karakternya tanpa spasi, berarti kata tersebut hanya memiliki jumlah 7 karakter saja. Sebab kali inispasi tidak terhitung sebagai karakter. Sampai di sini, saya harap Anda tidak bingung tentang karakter ini.

Oke, jadi bagaimana cara mengetahui jumlah karakter sebuah artikel yang kita tulis? Caranya mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan microsoft office word 2007 untuk mengetahuinya.

Dan jika Anda berkenan, silahkan ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini.

1. Buka dulu microsoft office word 2007nya ya..

2. Copy artikel yang ingin Anda hitung karakternya ke word 2007 yang barusan Anda buka tersebut.

3. Klik pada WORDS yang terdapat di sebelah kiri bawah office word 2007 Anda. Lihat gambar berikut.


4. Perhatikan jendela WORD COUNT yang muncul seperti gambar di bawah ini.



NOTE:

WORDS: Adalah jumlah kata dalam artikel Anda.
 
CHARACTERS (NO SPACES) : Adalah jumlah karakter artikel Anda jika tidak dihitung dengan spasi.

CHARACTERS (WITH SPACES):
Adalah jumlah karakter tulisan Anda jika dihitung dengan jumlah spasinya juga.

Nah, bagaimana sahabat, sudah jelas bukan? Cara ini sangat mudah. Sebab semua komputer atau laptop pasti telah menggunakan microsoft office word di dalamnya. Selain itu cara ini bisa dilakukan secara offline. Untuk mengetahui jumlah kata dan karakter di office word 2003  juga tidak terlalu sulit kok.

Demikian tulisan saya tentang cara mengetahui jumlah kata dan karakter sebuah artikel secara offline, semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam ya.. :)

1 komentar so far

Cape nyari yang online gataunya pake word bisa juga.. Thx infonya..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon