Yuk, Manfaatkan Folder Di Sistem Operasi Untuk Merapikan Data Di Komputer Dan Laptop Anda


Hai sahabat, jika Anda memiliki banyak sekali jenis data di komputer atau laptop Anda, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan folder di sistem operasi untuk merapikan barbagai data Anda tersebut.

Data atau file di komputer itu ibarat barang-barang yang ada di rumah Anda. Jika tidak dirapikan, maka akan berantakan dan berserakan di mana-mana. Lihatlah contoh file yang berserakan seperti gambar berikut.

File yang belum dibuatkan folder
Gambar tersebut adalah tampilan banyaknya data di  partisi D komputer saya yang cukup memenuhi layar monitor. Dan data-data ini terdiri dari beberapa jenis. Jika tidak dirapikan, maka akan sangat mengganggu pemandangan.

Folder bukan hanya untuk merapikan data saja. Akan tetapi bisa kita fungsikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang sejenis. Itu adalah fungsi dan manfaat folder di komputer yang juga penting.

Dengan menempatkan data-data dan file kita yang sejenis menjadi satu folder khusus, itu akan memudahkan kita jika akan mencari data tersebut di kemudian hari. Sebagai contoh: file-file musik,  ya kita buatkan folder dengan nama MUSIK, kemudian kita menyimpan semua musik-musik di dalamnya.

Contoh lagi, file foto, maka kita bisa membuatkan folder dengan nama FOTO, dan   kita bisa memasukkan semua foto di dalamnya. Malahan, kita bisa membuat sub folder lagi untuk memisahkan mana foto kita sendiri, mana foto keluarga, mana foto rekreasi dan seterusnya.

Untuk file lain seperti dokumen atau software, alangkah baiknya juga dibuatkan folder tersendiri agar memudahkan dalam pencarian. Oleh karena itu, manfaatkanlah folder di sistem komputer Anda. Mungkin jika telah dirapikan, hasilnya menjadi lebih simpel, enak dilihat dan ringkas seperti gambar berikut.

File yang telah dirapikan dalam folder
Nah, jika seperti itu kan sudah rapi jadinya. Jadi, jika Anda ingin mencari data yang Anda perlukan, Anda hanya tinggal mencari saja di folder yang telah Anda beri nama sesuai jenis data Anda. Mencari data foto ya di folder foto, mencari data software ya di folder software, mencari data tutorial ya di folder tutorial dan lain-lain.

Demikian tulisan saya tentang memanfaatkan folder di sistem operasi untuk merapikan data di komputer, semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare ya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon