Cara Mudah Menulis Dan Mengirim Email Kepada Orang Lain Lewat Gmail

Cara Mengirim Email

Mari kita belajar komputer dan internet lagi yuk? Kali ini saya ingin berbagi tentang cara mudah menulis dan mengirim email kepada orang lain lewat Gmail. Untuk itu silahkan dibaca sampai tuntas ya sahabat.


Sebenarnya saya telah membuat artikel tentang cara membuat email baru gratis. Hanya saja, belum lengkap rasanya jika saya tidak membuatkan tutorial bagaimana cara mengirim emailnya juga kan? Oleh karena itu saya merasa saat inilah waktu yang tepat untuk berbagi tentang hal itu.

Siapa pun Anda, wajib mengetahui cara mengirim email di internet. Sebab yang namanya email itu merupakan kebutuhan pokok saat ini yang harus Anda kuasai. Apa-apa butuh email. Bekerja butuh yang namanya mengirim email. Lha jika Anda tidak mengetahui caranya, kan repot.

Dari pada saya berpanjang lebar lagi, mari ikuti saja langkah menulis email dan mengirimnya kepada orang lain di bawah ini.

Cara mengirim Email

1. Langkah pertama adalah masuk dulu ke Gmail Anda. Silahkan klik http://www.gmail.com/

2. Setelah Anda masuk, sekarang klik pada tombol TULIS/COMPOSE warna merah di pojok kiri atas layar monitor Anda, seperi gambar berikut.

cara mengirim email

3. Nah, sekarang Anda berada pada tampilan untuk menulis email yang disediakan oleh Gmail. 

mengirim email ke orang lain

  • Pada kolom penerima, silahkan isi dengan alamat email orang lain yang akan Anda kirimi email. Untuk contoh: saya akan mengirim email pada alamat "tesaja1989@gmail.com" berarti ketik saja tesaja1989@gmail.com pada kolom penerima tersebut.


  • Pada kolom subjek, isi dengan judul atau keterangan dari email yang Anda buat. Mungkin Anda bisa memberi keterangan tentang email apa, misalnya tentang pengiriman tugas, atau tentang pertanyaan kepada guru dan sebagainya.



Baca juga: 
- cara mengirim file lewat email
- Cara mengirim email yang baik dan benar
  • Pada kolom yang saya beri kode "untuk mengetik", di situlah tempat mengetik Anda. Mungkin untuk hasilnya bisa dilihat seperti gambar berikut.
cara menulis email

4. Setelah semua Anda isi dengan benar, silahkan klik tombol KIRIM untuk mengirim email Anda. Jika berhasil, maka akan ada pemberitahuan dengan pita warna kuning di atas layar Anda seperti ini: PESAN ANDA TELAH DIKIRIM. LIHAT PESAN


5. Nah, jika demikian, klik saja pada LIHAT PESAN untuk membuktikan bahwa pesan Anda telah terkirim dan disimpan di penyimpanan pesan terkirim. Atau Anda juga bisa membuktikannya dengan cara melihat secara manual pada pesan terkirim email Anda.


Lilatlah pada gambar tersebut. Pada pesan terkirim, telah ada email keluar kepada tesaja1989. Itu artinya bahwa email yang barusan kita kirim, telah berhasil terkirim. Jika diklik, maka email yang tadi kita buat akan tampil seperti gambar di bawah ini.


Dengan demikian, berarti Anda pun telah berhasil mengirim email kepada tujuan Anda. Bagaimana sahabat, tidak sulit kan tutorial kali ini? Semoga saja Anda berhasil mengikutinya dengan baik dan tidak ada kendala apapun. Demikian tulisan saya tentang cara mengirim email kepada orang lain, semoga bermanfaat... 

Salam...

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon