Kenapa Muncul Windows Error Recovery Di Windows 7?

Kali ini, ada materi yang cukup bagus untuk dibahas. Apa itu? Yaitu tentang Kenapa Muncul Windows Error Recovery Di Windows 7. Tapi sebelum lanjut ke pembahasan intinya, silahkan siapkan kopi susu panas dulu untuk menemani Anda.

Windows error recovery, adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak microsoft (khususnya pada windows 7) untuk memulihkan sistem operasi windows yang terjadi kerusakan. Kerusakan di sini baik kerusakan yang kecil atau yang lebih parah.

Mengapa muncul Error recovery di windows 7? Pada umumnya, pernyataan eror tersebut muncul setelah komputer atau laptop Anda mati mendadak. Bisa jadi akibat mati lampu, bisa jadi akibat baterai laptop yang tiba-tiba lowbat, atau Anda memaksa komputer atau laptop Anda mati dengan menekan tombol powernya.

Windows error recovery muncul, sebagai tanda bahwa telah terjadi kerusakan sistem di komputer Anda. Nah, itu akibat komputer mati mendadak tadi lo sobatku. 

Makanya, pakai UPS kalau Anda menggunakan komputer. Kalau menggunakan laptop, usahakan baterai laptop masih bisa bertahan saat mati lampu, sampai Anda bisa mematikan laptop Anda dengan sempurna. Dan pesan saya, hindari kesalahan yang sering terjadi saat mematikan komputer.

Sekarang, kalau komputer atau laptop Anda terlanjur mengalami windows error recovery seperti gambar berikut ini, langsung saja klik start windows normally untuk mengatasinya. Dengan begitu, ini dimaksudkan agar Anda bisa masuk ke windows 7 Anda dengan normal, tanpa melakukan setting ini itu lagi.

windows error recovery

Biasanya setelah Anda masuk dengan start windows normally tadi, loading masuk windows Anda akan sedikit lebih lama dibanding biasanya. Untuk itu, jangan terlalu risau. Memang kebanyakan seperti itu.

Nah, kalau kerusakan yang terjadi pada windows lebih parah lagi, maka akan muncul windows error recovery seperti  ini. 

launch startup repair

Kalau begitu, cara mengatasinya silahkan klik launch start up repair. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, Dan klik saja startup repair.

sistem recovery option

Secara otomatis akan ada proses, windows akan mendeteksi kerusakan yang terjadi. Kalau ketemu, biasanya akan muncul seperti file yang menjadi masalahya. Klik finish jika sudah selesai. Tapi kalau tidak bisa juga, maka silahkan kembali restart laptop Anda, dan pilih saja yang start windows normally seperti langkah pertama.

Sahabatku, kalau cara-cara yang saya bagikan ini masih belum juga membuahkan hasil, lebih baik instal kembali saja sistemnya. Jika memang benar kerusakan yang terjadi akibat sistem (bukan hard disknya), masalah ini pasti akan hilang...

Demikian tulisan saya tentang kenapa muncul windows error recovery di windows 7, semoga tulisan ini bisa membantu menyelesaikan masalah Anda. Silahkan dishare jika tidak keberatan. Silahkan juga dikomentari kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan saja.. atau ada yang mau ditambahkan monggo coret-coret lewat komentar.. Assalamualaikum sobat :)

76 komentar

Gan kok ynh ane gk ada startup repairnya?

Saya sudah coba langkah langkahnya tapi masih belum bisa, dan pada saat di start up repair malah ada notif gabisa secara otomatis, tulisan dont send dan report ke microsoft kalo ga salah hehe lupa. Setelah klik finish dan shut down masih belum bisa malah kembali ke awal lagi, itu gimana ya?

ada kemungkinan windowsnya udah rusak permanen.. silahkan coba diinstal kembali mbak :)

kok gan aku uda intal ulang tapi kadang tiba-tiba masih mati sendiri dan muncul winwows error recovery

coba cek hard disknya gan,, bisa jadi hard disknya sudah masalah.. makanya muncul recovery terus..

Gan,saya sudah mencet yang launch startup repair,trus layar nya hitam terus ,cara ngatasi nya gimana ya gann???

Gan mau nanya nih
Laptop saya sering mati sendiri, trus dihidupkan lagi malah masuk Windows error recovery, nah pas saya pilih launch startup repair tetep aja mati sendiri, pas milih start Windows normally kadang bisa masuk tapi ntar mati sendiri
Mohon pencerahannya dong gan kenapa laptop saya sering mati sendiri

Bakal ke hapus ga gan data di dalem laptopnya?

dengarkan kipas laptopnya, berputar gak gan? kalau gak berputar ada kemungkinan kipasnya bermasalah.. coba baca ini.. http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/10/kipas-yang-rusak-juga-bisa-membuat.html dan ini http://abang-palu.blogspot.co.id/2015/05/berhasil-memperbaiki-laptop-asus-x401u.html

kalau data gak akan terhapus gan..

Gan ane mau nanya nih, langkah di atas udah ane coba ,trus layar nya hitam semua cuma ada cursor mouse nya doang ,cara ngatasi nya gimana ya gann??? Klo harus diinstal gmana cara nginstalnya? Mohon pencerahannya gan

Kak, mau tanya. Kok aku ga bisa klik/enter "launch startup repair" atau "start windows normally" yah? Dua duanya ga bisa di klik.Itu knp 😢 tolong bantu yah kak.

coba diinstal gan, kalau hard disknya gak rusak pasti beres masalahnya.. cuma kalau cara instal windowsnya saya belum bisa buatkan tutorialnya gan.. Insya Allah kapan-kapan ya.. :D

coba pakai keyboard ekternal neng.. siapa tau aja keyboardnya yang masalah.. tapi kalau gak bisa instal ulang saja sistemnya..

Assalamu'alaikum gan . Itu terjadi recovery mulu bisa dikarenakan harddisk yang rusak ya gan? Apa bisa kalau ganti harddisk? Lalu kalo harddisk rusak itu biasanya di sebabkan oleh apa gan ?






waalaikum salam, iya, bisa jadi karena hard disknya yang rusak makanya eror eror terus sitemnya. Tapi itu bukan hal yang pasti ya mbak.. bisa jadi juga karena virus.. kalau hard disk rusak bisa diganti kok.. n kalau hard disk rusak itu banyak penyebabnya.. biasa yang sering terjadi laptop atau komputer sering mati mendadak atau mati dipencet langsung dari tombolnya.. untuk masalah hard disk, silahkan baca di sini mbak http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/09/ciri-ciri-kerusakan-pada-hard-disk.html

Itu sistem error recoveri sya kok lama bgt munculnya ya !! Solusinya gmna?

Kak tolong banget laptopku tiba tuba mati kan karna ha is batrai, trs di cas nyal tuh nah banyak pilihannya dan saya pilih start windows normally trs mau masuk ke windows dan gagal trs kaya layar biru dan balik lagi kepilihan tadi kak . Dan di pilihan tadi gaada pilihan Launch startup repair. Ini gmn dong tolong banget kak :(

lama gimana gan? kalau lama gitu, coba instal ulang.. kalau gak bisa juga cek hard disknya.. siapa tau hard disknya yang bermasalah..

kalau layar biru atau istilahnya bluescreen, lebih baik diinstal ulang aja sistemnya mbak :)

Kak tapi yg layar biru itu gk lama cuman paling sedetik trs balik lagi ke layar yang banyak pilihannya tadi

iya, banyak penyebabnya itu mbak,, bisa jadi memorinya, bisa jadi driver laptopnya gak cocok, bisa jadi hard disknya, bisa jadi juga ada komponen di mainboard yang masalah.. makanya diinstal ulang aja dulu.. kalau setelah instal ulang gak ada masalah kayak gitu lagi, berarti memang sistemnya yang masalah.. :)

gan laptop ane langkah pertama udah ada .. tpi pas nyampe langkah start-up repair kok g keluar ya ? itu biar keluar gimana caranya gan .. mohon penjelasannya gan

startup repair muncul kalau kerusakan windows sudah semakin parah gan... kalau mau muncul, coba pencet aja tombol power laptop agan supaya laptop mati paksa.. hidupin n pencet lagi berulang2 seperti itu.. Insya Allah akan muncul yang agan inginkan.. tapi ya itu tadi, resikonya hard disk agan bisa rusak he he.. saran saya sih mending diinstal ulang aja windowsnya gan..

pas mau diinstal ulang kok malah masuk ke startup sih -_-
,saya install pake fd

mungkin settingan di biosnya gan,, perlu diatur supaya firs bootnya bisa usb..

saya udh pilih yg "launch startup repair" tapi ga muncul pilihan "system recovery option"nya gimana tuh? yg muncul malah kotak x:/windows/system32/cmd.exe, trs katanya couldn't detect 2 HDDs on this system.
mohon solusinya min kudu digimanain

kalau begitu lebih baik langsung diinstal ulang aja gan.. :)

kl sudh di pilih win normality. masuk ke black scren. nunggux brp lama gan normalx.

harusnya gak lama gan, sama seperti saat masuk windows normal.. kalau lama berarti ada masalah gan,, cek satu per satu..

Kak.. Serius itu kalau diklik start windows normally data² di laptopnya gk bakal hilangkan?

Min, kalo dah selesain diperbaikin, filenya masih tersimpan atau hilang?

file apanya gan? file sistem atau file data? kalau data masih ada sih...

oh ya kk kalau sudah masuk di mode system recovery option dan diminta pasword bagaimana cara mengatasinya ya ? sebab saya tidak tahu pasword nya... saya menggunakan pc.. apakah ada psaword standardnya... ?

waduh, berarti harus diinstal ulang sistemnya mbak.. :)

kalo saat eror lalu kita tekan semua tombol tu akan ada dampak buruk ya atau tidak ya gan di pc.masalahnya ni ya saya kalo lagi eror sering tak sabar diri rasanya pengen ambil palu sekali hantam habis sudah ni pc,

heheh.. sabar gan,,kalau erornya gak bisa diperbaiki lebih baik diinstal kembali aja sistemnya..

Gan laptop saya dell...waktu di hidupkan muncul Windows eror recovery lalu mati...kipas hidup...dihidupkan kembali seperti itu juga langsung mati mohon pencerahannya gan..

coba diinstal ulang dulu gan.. :)

Syukron gan infonya .. jazakallah khairan 😊

Gan kalo udah star windows normally tapi waktu udah masuk ke windowsnya beberapa detik langsung hitam layarbya

banyak kemungkinan terjadi gan,, coba instal ulang dulu windowsnya.. kalau bisa ya berarti windowsnya yang masalah..

Gan mau nanya laptop saya sering nekel spasi sendiridan itu terus menerus .. Lalu ada bunyi centung" gitu gan .. Itu kenapa ya gan ?

biasanya tombol spasinya itu gan yang masalah.. dicopot aja kalau bisa, baru dibersihkan..

komputer saya muncuk eror recovery , saya udah pilih normally. tp ko lama bangt banget ?

kalau lama n gak mau masuk lebih baik langsung instal ulang aja gan..

Thanks yaa infonya. Sangat membantu

Kak, mau bertanya kenapa system recovery option nya nggak keluar, hanya tampilan bagroundnya aja

Gan, kenapa system recovery option nya nggak nongol

lebih baik diinstal ulang aja sistemnya gan.. :)

Gan udah ada layar biru trus ada tulisan chexking system problem trus bawahnya attempting repair trus gua tunggu lama banget sampai sejam gak beres beres ini gimana gan

Ngak bisa di klik windoes normallynya?

bisa jadi hard disknya mulai bermasalah... coba baca ini gan.. http://www.palucomputer.com/2014/09/ciri-ciri-kerusakan-pada-hard-disk.html

apa keyboardnya sudah dipastikan gak bermasalah ibu?

Bagi yg di laptop, klo udh diinstal ulang windows tetap gk bisa , dan suka mati sendiri laptopnya,berarti itu masalah nya di cooling fan...

Itu krn keyboard kmu rusak...klo bunyi biasanya terjadi pada saat windows eror recovery

Kak, laptop saya begitu juga masalahnya, tapi ga mau nyala normal lagi. kalo di install ulang, data yang ada di laptop bakal ilang ga?

Gan, bakal bilang ngga data laptop kalo install ulang?

Mau tanya gan, kompi ane gk bisa masuk windows muncul windows error recovery sperti masalah diatas. Tpi mau tekan up down dan enter atw esc pada keyboard koq gk fungsi yah keyboardnya. Saya rencana mau instal ulang aja tpi pada saat ada perintah press any key keyboard jga gk fungsi,klo masuk bios sih bisa. Bisa bantu gan gimana mengatasinya,thx sblumnya.

gan kalo pas lagi ke normaly windows tapi pas di tunggu lama tiba2 mati sendiri laptopnya itu kenapa ya gan??

gan kok pas di normaly windows nya pas di tunggu lama tiba2 ke restart sendiri ya??

Gan, kalo sehabis launch startup repair malah keluar windows boot manager gimana?

Ka kalo mau install ulang langsung ke tpt service aja atau ada cara sendirinya?

Cara bagusin hardisk gmna gan?

Bang punten mau nanya, Aku kan udh klik yg safe mode abis itu di gimanain lagi ya, soalnya kalo klik windows normally nya gabisa :(

ada caranya.. tapi kalau belum pernah lebih baik ke tempat servis komputer aja gan.. :)

kalau windows normally gak bisa, lebih baik windowsnya direpair aja gan, pakai cd installer windowsnya,..,, :)

Kalo direpair pake CD installer ntar data2 yg disimpan di pc ilang gak?

pengalaman sih aman2vaja gan.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon