Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog Google Adsense

Cara Membuat Privacy Policy di blog-Hai sahabat, jumpa lagi dengan saya, admin blog simpel dan sederhana ini. Kali ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang sesuatu yang bermanfaat lo.. Jadi jangan kemana-mana ya.. Karena ada hubungannya dengan privacy policy di blog.

Privacy policy adalah halaman yang wajib Anda buat jika blog Anda akan didaftarkan di google adsense. Privacy policy itu merupakan halaman yang menginformasikan tentang kebijakan dari sebuah web/blog yang dibuat oleh si admin. Informasi kebijakan tersebut seperti bagaimana Anda mengelola web/blog Anda, termasuk penggunaan cokies, log files, bagaimana pengunjung akan menghubungi Anda dan lain-lain. Mungkin itu hanya sedikit gambaran tentang fungsi privacy policy.

Nah, privacy policy bisa Anda buat secara manual, bisa juga secara instan dengan meminta bantuan privacy policy generator online. Dan yang kedua inilah yang akan saya bahas. Sebab inilah yang telah saya gunakan untuk blog adsense yang saya miliki.

Oke, tak panjang lebar lagi, berikut cara membuat privacy policy secara otomatis.

1. Silahkan Anda masuk kesini http://goo.gl/pXp4Oe

2. Selanjutnya Anda akan menjumpai tampilan seperti gambar berikut. Isi saja data-data seperti yang telah saya isikan. Perhatikan gambar, dan silahkan baca keterangannya di bawah gambar.
NOTE: 
  • Pada bagian kolom YOUR SITE TITLE, isi dengan judul blog Anda
  • Kolom YOUR SITE URL, isi dengan URL/alamat blog Anda
  • CONTACT LINK, isikan dengan  link halaman kontak Anda jika ada
  • Kolom EMAIL ADDRESS, silahkan isi dengan email yang Anda gunakan untuk blog Anda
  • Jangan lupa centang pada google Adsense jika privacy policy ini untuk mendaftar adsense
  • Klik tombol Generate Policy
3. Setelah itu Anda akan disuguhkan beberapa paragraf tentang privacy policy yang telah dibuat secara otomatis seperti gambar berikut. Nah, silahkan copy semua privacy policy tersebut, dan buat laman baru di blog Anda. Beri nama laman tersebut dengan privacy policy. Dan jangan lupa, publikasikan ya..


Sangat mudah kan? Sebab Anda tidak perlu membuatnya secara manual. Hanya butuh waktu beberapa menit, maka privacy policy Anda telah selesai dibuat. Demikian saja tulisan simpel kali ini, semoga berguna untuk Anda.. aamin. Jika ada yang belum jelas, boleh ditanyakan kepada saya.

3 komentar

Mas mau tanya, halaman privacy policy ini harus pakai bahasa inggris atau bahasa indonesia?

Terus penggunaan bahasa pada halaman privacy policy ini apa berpengaruh ketika saya mau daftar adsense?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon